Konten TikTok Generasi Z di Dunia Pekerjaan dengan Persepsi Pengikut

  • Salma Nur Azizah Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Indri Rachmawati Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: TikTok, Persepsi, Konten

Abstract

Abstract. The use of social media TikTok is a normal thing today. Many people take advantage of this platform, such as producing content for various purposes, freedom of creativity, freedom of opinion, and so on. One of the TikTok content creator is the account called @jubir_kehidupan, this account discusses various issues that occur. Such as a discussion about his experience working with workers from Generation Z, which contains the complaints he felt. In this way, this research wants to find out the relation between the TikTok account @jubir_kehidupan and  followers perseption about Gen Z at the working life. The method and approach used in this research is quantitative correlational, because researcher want to find the relation between 2 variables, TikTok Content (X) and followers perseption (Y). Using the transportation theory. Research data was obtained from 100 followers of the TikTok account @jubir_kehidupan, using data collection techniques in the form of questionnaires. The results of this research are that there is a relationship between mental imagination and followers' perceptions.

Abstrak. Penggunaan media sosial TikTok sudah tak asing saat ini. Banyak masyarakat yang memanfaatkan platform ini, seperti memproduksi konten dengan berbagai macam tujuan, bebas berkreasi, bebas berpendapat, dan lainnya. Salah satunya ialah akun TikTok @jubir_kehidupan, akun ini membahas berbagai macam isu yang terjadi. Seperti pembahasan mengenai pengalamannya yang berkerja dengan pekerja dari Generasi Z, yang dimana berisi mengenai keluhan yang ia rasakan. Dengan begitu, penelitian ini ingin mencari hubungan antara konten akun TikTok @jubir_kehidupan dengan persepsi followers mengenai Generasi Z di dunia pekerjaan. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif korelasional, karena ingin mencari hubungan antara 2 variabel, yaitu Konten TikTok (X) dengan Persepsu Generasi Z (Y). Menggunakan teori transportasi narasi. Data penelitian didapatkan dari followers akun TikTok @jubir_kehidupan sebanyak 100 orang, dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuisioner.  Hasil dari penelitian ini ialah terdapat hubungan antara imajinasi mental dengan persepsi followers.

References

Dewi & rachmawati. (2021). Pengaruh Tayangan Youtube Podcast Deddy Corbuzier terhadap Kepercayaan Penonton pada Vaksin Covid 19

Green, M. C., & Brock, T. C. (2000). The role of transportation in the persuasiveness of public narratives. Journal of Personality and Social Psychology, 79(5), 701–721.

Neuman, W. Lawrence. 2003. Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Boston: Allyn and Bacon.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.

Dewi, R. R., & Kurniadi, O. (2024). Komunikasi Keluarga dalam Keluarga dengan Orang Tua Entrepreneur. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3827

Naufal, R., & Maryani, A. (2024). Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dan Anak dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.4015

Rayhanatuqolbi, A., Iskandar, D., & Ahmadi, D. (2024). Ekofeminisme dalam Film Dokumenter “Our Mother’s Land.” Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3824

Published
2024-08-14