Implementasi Event Marketing dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran

  • Irwan Aisy Syamsuddin Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Raditya Pratama Putra Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Event Marketing, Bauran Promosi, Komunikasi Pemasaran

Abstract

Abstract. Music concert activities are favored by many people and it can be an event marketing for anyone who organizes it because it can be profitable, but behind it all there needs to be a marketing communication strategy so that it can run successfully what is intended.Cafe Temu Kunci in Garut Regency, utilizing music concerts as a marketing strategy to attract customers, The purpose of this study is to find out the concept, innovation and reasons for event marketing music concerts carried out by cafe temu kunci as marketing communication activities. This research uses a qualitative method using a case study approach. Data collection techniques in this study using observation, interviews and documentation. The subjects in this study were the event management department, marketing cafe temu kunci, supporting informants of event marketing experts and also consumers of cafe temu kunci. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, conclusion drawing or verification. The data validity test used is triangulation of sources and techniques. by using music concerts and strategic event marketing. Innovative themes and effective promotions succeeded in attracting the attention of young people. Unique venues, focus on experience, and affordable prices strengthen their brand as a youth destination.

Abstrak. Kegiatan konser musik banyak disukai oleh banyak kalangan dan itu bisa menjadi event marketing bagi siapapun yang menyelenggarakan karena dapat menguntungkan, tetapi dibalik itu semua perlu adanya strategi komunikasi pemasaran agar dapat berjalan sukses apa yang dituju.Cafe Temu Kunci di Kabupaten Garut, memanfaatkan konser musik sebagai strategi pemasaran untuk menarik pelanggan, Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meengetahui konsep, inovasi dan alasan event marketing konser musik yang dilakukan cafe temu kunci sebagai kegiatan komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah bagian pengelola event, marketing cafe temu kunci, informan pendukung ahli event marketing dan juga konsumen cafe temu kunci. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. dengan menggunakan konser musik dan pemasaran acara yang strategis. Tema-tema inovatif dan promosi yang efektif berhasil menarik perhatian anak muda. Tempat yang unik, fokus pada pengalaman, dan harga yang terjangkau memperkuat merek mereka sebagai tujuan anak muda.

References

R. Hidayatullah, “Komunikasi Musikal dalam Konser ‘Musik Untuk Republik,’” Tonika J. Penelit. dan Pengkaj. Seni, vol. 4, no. 2, pp. 145–160, 2021, doi: 10.37368/tonika.v4i2.254.

J. Hiller, “Music therapists’ preparation for song discussion: Meaning-making with the music,” Music Ther. Perspect., vol. 37, no. 2, pp. 205–212, 2019.

C. S. Bastian, “Kickfest Sebagai Pergerakan dan Budaya Populer,” Komun. BUDAYA DAN DOKUMENTASI KONTEMPORER, p. 65, 2019.

A. P. Tjilen et al., “Optimalisasi potensi desa wisata melalui manajemen pengelolaan yang berkelanjutan: Kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat lokal,” Nanggroe J. Pengabdi. Cendikia, vol. 2, no. 6, pp. 38–49, 2023.

B. F. Fauziah and R. Setiawan, “Dampak Konsumerisme Menonton Konser Musik Indonesia di Kalangan Anak Muda,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 11, pp. 735–747, 2023.

F. Habaora, J. R. Riwukore, and T. Yustini, “Kondisi Eksisting Destinasi Pariwisata Pantai Lasiana Kota Kupang Berdasarkan Atraksi, Aksesibilitas, Fasilitas, Kelembagaan, dan Ekosistem Pariwisata,” J. Kepariwisataan Indones. J. Penelit. Dan Pengemb. Kepariwisataan Indones., vol. 15, no. 2, pp. 103–115, 2021.

A. P. Utomo, M. Toharuddin, A. Triyono, and S. Sos, “Strategi Komunikasi Pemasaran Band Indie Fast Rock (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Band Indie FAST ROCK Kota Surakarta).” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

E. Mahardika and Gilang Gusti Aji, “Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Promosi Pariwisata (Studi Kasus Pada Kota Wisata Batu),” Commun. Soc. Media, vol. 2, no. 2, pp. 5–8, 2018, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26051

S. Mardiana, “Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Membentuk Perilaku Konsumen,” J. Komun., vol. 2, no. 2, pp. 40–46, 2013.

[A. N. Perwitasari, “KOMUNIKASI PEMASARAN ACARA KHUSUS (Studi Kasus Deskriptif Pengembangan Komunikasi Pemasaran Acara Khusus Dixie Easy Dining Yogyakarta).” Universitas Gadjah Mada, 2010.

D. Mulyana, “Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya),” 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2015.

Dzahabiyyah, T. P., Nur, T., & Noviar, A. (2024). Beauty Standard dalam Komunitas : Sudut Pandang Remaja Berniqab dalam Memandang Body Goals. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3761

Mardianti, S. P., & Suherman, M. (2024). Hubungan Personal Branding pada Instagram @Ganjar_Pranowo dengan Minat Memilih Ganjar sebagai Presiden. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3826

Zuhdi, A. H., & Umar, T. M. (2024). Hubungan antara Citra Merek Universitas Al-Azhar Mesir dengan Minat Santri Melanjutkan Studi. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 31–38. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3764

Published
2024-08-14