Instagram sebagai Sarana Edukasi Masyarakat di Era Digital
Abstract
Abstract. The Minister of Health advised the public to pay more attention and maintain their body's health so that their immune system remains strong and they are not easily infected by disease. In fact, there are still many people who don't care about this. This condition is caused by a lack of public knowledge about health. One of the doctors who likes to educate the public through social media is Dr. Andhika Raspati. This doctor has a unique way of educating his followers about health through Instagram video reels. This research uses a qualitative method with a case study approach. This research uses a constructivist paradigm and data collection techniques by means of interviews, observation and literature study. The subject of this interview research is Dr. Andhika Raspati, social media expert and health communication expert to triangulate sources. The results of this research are based on post characteristics, audience characteristics, and duration on Instagram. Key informants feel that Instagram is the right platform to educate the public about health in this digital era. Especially nowadays, people more often use social media to search for things or issues. The features available on Instagram also help key informants make their educational videos more attractive to the audience. The interaction carried out by key informants through the comments feature with the audience is also very helpful in conveying the educational message. The interaction carried out by key informants with the audience can help the message conveyed well and correctly.
Abstrak. Menteri kesehatan berpesan agar masyarakat lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuh agar imun tubuh tetap kuat dan tidak mudah tertular penyakit. Faktanya, masih banyak masyarakat yang belum peduli dengan hal tersebut. Kondisi ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan. Salah satu dokter yang gemar mengedukasi masyarakat melalui media sosial yaitu dr. Andhika Raspati. Dokter ini, memiliki cara yang unik dalam mengedukasi followersnya mengenai kesehatan melalui video-video reels Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Subjek penelitian wawancara ini yaitu dr. Andhika Raspati, pakar media sosial, dan pakar komunikasi kesehatan guna melakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini berdasarkan dari karakteristik postingan, karakteristik audiens, dan durasi di Instagram, key informan merasa bahwa Instagram merupakan platform yang tepat untuk mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan di era digital ini. Terlebih pada zaman sekarang, masyarakat lebih sering menggunakan media sosial untuk mencari suatu hal atau isu. Fitur yang tersedia di Instagram juga membantu key informan dalam membuat video edukasinya lebih menarik di mata audiens. Interaksi yang dilakukan oleh key informan melalui fitur komentar dengan audiens juga sangat membantu dalam penyampaian pesan edukasi tersebut. Dengan adanya interaksi yang dilakukan oleh key informan dengan audiens dapat membantu pesan yang disampaikan tersampaikan dengan baik dan benar.
References
Noviar TNA, Chatamallah M, Zulfebriges, Iskandar D. Komunikasi Terapeutik Keluarga Muslim di Bandung: Analisis Fungsi Narasi dan Keteladanan. Jurnal Komunikasi Islam. 2021;11(1):63–87.
Emergensi K, Ilmu D, Fk K. Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia. 2021;5(1):641–55.
Sukmono F, Junaedi F. Komunikasi Kesehatan: Sebuah Pengantar Komprehensif. Jakarta: Prenadamedia Group; 2018. 4 p.
Nurhanisah Y. indonesiabaik.id. 2023 [cited 2023 Nov 8]. p. 1 Orang Indonesia Makin Melek Internet. Available from: https://indonesiabaik.id/infografis/orang-indonesia-makin-melek-internet
Naufal R, Maryani A. Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dan Anak dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. Jurnal Riset Public Relations [Internet]. 2024;4(1):71–8. Available from: https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.4015
Ilyas E. Analisis Media Monitoring terhadap Brand Sari Roti pada Bulan Maret-April 2024. Jurnal Riset Public Relations [Internet]. 2024;4(1):15–22. Available from: https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3747
Iskandar A, Ryanto M, Patrianti T. Strategi Digital Public Relations PT MAP Boga dalam Industri FnB. Jurnal Riset Public Relations [Internet]. 2024;4(1):1–6. Available from: https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3302