Pengaruh Media Sosial Instagram @PinterPolitik terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa
Abstract
Abstract. This research aims to investigate the influence of Instagram social media, especially the @Pinterpolitik account, on student political participation using quantitative methods. Social media, as a digital communication platform, has become an integral part of everyday life, including in political contexts. This research focuses on the influence of the @Pinterpolitik Instagram account as a source of political information for students and the extent to which this account influences their level of political participation using 5 dimensions, namely content, information, interaction, sharing and connection. This research is classified with a quantitative approach with a positivism paradigm. Data collection uses questionnaires and supporting data from literature studies. These results show that there is a significance value of 0.395 <0.05 and an R Square of 39.5% so that the influence of these two variables is included in the low category.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media sosial Instagram, khususnya akun @Pinterpolitik, terhadap partisipasi politik mahasiswa dengan menggunakan metode kuantitatif. Media sosial, sebagai platform komunikasi digital, telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, termasuk dalam konteks politik. Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh akun Instagram @Pinterpolitik sebagai sumber informasi politik bagi mahasiswa dan sejauh mana akun tersebut mempengaruhi tingkat partisipasi politik mereka dengan menggunakan 5 dimensi yaitu konten, informasi, interaksi, berbagi, dan koneksi. Penelitian ini diklasifikasikan dengan pendekan koantitatif dengan paradigma positivism. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data pendukung dari studi kepustakaan. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat nilai sigifikansi 0,395 < 0,05 dan perolehan R Square 39,5% sehingga pengaruh kedua variabel tersebut termasuk dalam kategori rendah.
References
APJII. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Retrieved November 26, 2023, from APJII website: https://apjii.or.id /berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
Napoleon Cat. (2023). Instagram Users in Indonesia September 2023. Retrieved November 26, 2023, from Napoleon Cat website: https://napoleoncat.com/stats /instagram-users-in-indonesia/2023/09/
Andriyendi, D. O., Nurman, S., & Dewi, S. F. (2023). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pilkada. Journal of Education, Cultural and Politics, 3(1), 101–111.
Ani Mulyati, Dkk, Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementrian Perdagangan RI, (Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakat, 2014, h. 27.
Arifin Rahman, Sistem Politik Indonesia dalam Presfektif Struktural Fungsional, (Surabaya: SIC, 2002), h.132.
Ball-Rokeach, S., & Defleur, M. (2009). In S. W. Littlejohn, & K. Foss, Theories of Human Communication (p. 428). Jakarta: Salemba Humanika.
Instagram. (n.d.). https://www.instagram.com/pinterpolitik?utm_source=ig_web_button_share_sheet&igsh=ZDNlZDc0MzIxNw==
Rebika Velia Santosa, 2021 Efektivitas Peran Media Aplikasi Digital Weverse Boyband
Budiardjo, M. (2010). Menggapai Kedaulatan Untuk Rakyat. Bandung: Mizan Pustaka.
Borg, W. R., & Gall, J. P. (2007). Educational Research: An Introduction (8th ed.).New York: Pearson Education.
Budiarjo, M. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fahresi, D. (2022). Pengaruh Media Sosial Akun Instagram@ ermansafar Terhadap Partisipasi Politik Generasi Milenial Bukittinggi pada Pemilihan Walikota Bukittinggi 2020. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2), 13–23.
Mulyati, A. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementrian Perdagangan RI. Jakarta: Kementerian Perdagangan RI.
Ni’amah, L. U. (2018). Pemilih Muda, Sosial Media dan Partisipasi Pemilih Pada Pemilihan Kepala Daerah Tulungagung 2018. Al-I’lam.
Rorianti, A. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Pada Pilgub DKI Jakata 2017. Jakarta: Skripsi, UIN Jakarta.
View of MEDIA SOSIAL DAN PARTISIPASI POLITIK MILENIAL RIAU. (n.d.). https://jurnal.univrab.ac.id/index.php/jdp/article/view/1158/739
Yulianti, R., Lilik, Sri H., & Yudiono, U. (2023). Media Learning Telegram Bot. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8(1), 77–85.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika, 5(1), 69-87
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Darajat, N. Z., & Yulianti, N. (2024). Pengelolaan Media Sosial Instagram dalam Gerakan Aksi Kemanusiaan dan Pendidikan. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 65–70. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3898
Mardianti, S. P., & Suherman, M. (2024). Hubungan Personal Branding pada Instagram @Ganjar_Pranowo dengan Minat Memilih Ganjar sebagai Presiden. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3826