Komunikasi Komunitas Kecantikan Online di Aplikasi Female Daily

  • Aneu Nur Annisa Putri Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Anne Maryani Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Komunitas Online, Kecantikan, Media Sosial

Abstract

Abstract. The beauty industry has undergone a significant transformation, emerging as one of the potential sectors in the present time. The shift in media consumption towards online platforms, particularly through social media applications, has played a crucial role in shaping the perspectives of teenage girls on beauty. The Female Daily Network has become the largest women's community in Indonesia, facilitating information about beauty. The Female Daily app, as the main platform, provides a space for FD Talk, a forum where users can interact and give online reviews of beauty products. This research employs a qualitative method with a case study approach. Utilizing the New Media theory and the Technology Acceptance Model, the aim is to identify the motives behind the use and acceptance of the application by its users. Data collection for this research will involve interviews, observations, and documentation of relevant information. The expected outcome of this research is to contribute to a better understanding of effective community communication and a comprehensive insight into the activities of online beauty product reviews among teenagers in Bandung.

Abstrak. Industri kecantikan mengalami transformasi yang signifikan menjadi salah satu industri yang potensial di masa sekarang. Perubahan dalam konsumsi media menjadi ke media online, melalui media sosial aplikasi Female Daily memainkan peran penting dalam membentuk pandangan remaja perempuan terhadap kecantikan. Female Daily Network menjadi komunitas perempuan terbesar di Indonesia yang memfasilitasi informasi mengenai kecantikan. Aplikasi Female Daily, sebagai platform utama, memberikan ruang untuk FD Talk, forum di mana pengguna dapat berinteraksi dan memberikan online review produk kecantikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan etnografi virtual. Dengan menggunakan teori New Media dan teori Technology Acceptance Model, yang diharapkan dapat mengenali motif di balik penggunaan dan penerimaan aplikasi pada penggunanya. Pengumpulan data dalam penelitian ini akan dilakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap data-data yang relevan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman lebih untuk komunikasi komunitas yang efektif dan pemahaman yang baik terhadap aktivitas yaitu online review produk kecantikan di kalangan remaja Bandung.

References

Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra merek dan minat beli pada produk kosmetik wardah. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 908–921.

Dini, K. M. S. (2023). PENGARUH BRAND TRUST, BRAND IMAGE DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAN INDIHOME NETWORKS DI KOTA DENPASAR (Doctoral

dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).

Razali, G., & Kom, M. I. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi, Hakikat dan Unsur-Unsur Komunikasi. ILMU KOMUNIKASI DAN INFORMASI & TRANSAKSI ELEKTRONIK, 1.

Salsabilla, F. A. (2020). Penanganan Komplain (Studi Deskriptif Tentang Penanganan Komplain Oleh Staff Ground Handling Divisi Lost And Found PT Jasa Angkasa Semesta Di Bandar Udara Internasional Juanda-Surabaya). UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Setiawan, E. (2022). Potret resiprositas tradisi nyumbang pada perempuan perdesaan di desa Kalipait Banyuwangi. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 4(1), 1–12.

Dzahabiyyah, T. P., Nur, T., & Noviar, A. (2024). Beauty Standard dalam Komunitas : Sudut Pandang Remaja Berniqab dalam Memandang Body Goals. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3761

Mardianti, S. P., & Suherman, M. (2024). Hubungan Personal Branding pada Instagram @Ganjar_Pranowo dengan Minat Memilih Ganjar sebagai Presiden. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3826

Zuhdi, A. H., & Umar, T. M. (2024). Hubungan antara Citra Merek Universitas Al-Azhar Mesir dengan Minat Santri Melanjutkan Studi. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 31–38. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3764

Published
2024-08-13