Sosialisasi Kepala Desa terkait Program Pengembangan Desa kepada Masyarakat Desa Batulayang
Abstract
Abstract. Implementing development in a village is a form of success for a village head. One of the efforts to make the development of religious programs in villages a success is to establish effective communication between the village head and the community. Community participation in maintaining and supporting programs taking place in Batulayang village. This is something that needs to be improved by the village head so that he can understand his community through various approaches. One of the most important approaches is to communicate and interact with them personally so that people feel cared for and recognized. Harmony in communication must always be maintained because it can affect people's mental attitudes. The aim of this research is to find out how the Village Head and the community communicate in Batulayang Village, Cililin subdistrict, the driving factors for communication between the Village Head and the community in Batulayang Village, Cililin subdistrict, as well as the community in the Batulayang Village religious program. This research uses qualitative methods and researchers use a case study approach. The results of the researchers were that the socialization carried out by the Batulayang Village Head was very effective in building community participation. The socialization process is carried out through various communication channels, both formal and informal, involving village staff, hamlet heads, RT/RW, as well as going directly to the community. The "Saba Warga" program is one of the key strategies that allows direct interaction between the village head and the community, resulting in a reciprocal relationship that strengthens communication and understanding regarding the conditions and needs of the community.
Abstrak. Terlaksananya pembangunan di desa adalah bentuk keberhasilan dari seorang kepala desa. Salah satu upaya dalam mensukseskan pembangunan program keagamaan didesa ialah terjalinnya komunikasi yang efektif antara kepala desa dan masyarakat. Partisipasi masyarakat dalam menjaga dan mendukung program yang terjadi di desa Batulayang. Menjadi hal yang perlu untuk di tingkatkan oleh kepala desa agar dapat memahami masyarakatnya melalui berbagai pendekatan. Salah satu pendekatan yang paling penting adalah dengan berkomunikasi berinteraksi dengan mereka secara persona sehingga masyarakat merasa diperhatikan dan merasa diakui. Keharmonisan dalam berkomunikasi ini harus selalu dijaga karena dapat mempengaruhi sikap mental masyarakat. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana komunikasi Kepala Desa dan masyarakat di Desa Batulayang kecamatan Cililin, factor pendorong komunikasi Kepala Desa dan masyarakat di Desa Batulayang kecamatan Cililin, serta masyarakat dalam program keagamaan Desa Batulayang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan peneliti menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil dari peneliti yaitu sosialisasi yang dilakukan oleh Kepala Desa Batulayang sangat efektif dalam membangun partisipasi masyarakat. Proses sosialisasi dilakukan melalui berbagai saluran komunikasi, baik formal maupun informal, yang melibatkan staf desa, kepala Dusun, RT/RW, serta terjun langsung ke masyarakat yaitu "Saba Warga" menjadi salah satu kunci yang memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara kepala desa dan masyarakat, sehingga terjadi hubungan timbal balik yang memperkuat komunikasi dan pemahaman terkait kondisi dan kebutuhan masyarakat.
References
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Nuur Huda Pitriyana1, E. P. (2022). Peran Kepala Desa Dalam Pembangunan Desa di Desa Cikalong Kecamatan Cilamaya Wetan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Nainggolan, I. P. M., & Pratiwi, M. W. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perusahaan. Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(1).
Usman, D. S., Tahir, A., & Sulila, I. (2021). The Effects of Leadership and Communication of the Village Head among the Community Participation in the Development of Walea Islands Sub-District, Tojo Una …. Jurnal Ilmu Manajemen Dan
S. P. Mardianti and M. Suherman, “Hubungan Personal Branding pada Instagram @Ganjar_Pranowo dengan Minat Memilih Ganjar sebagai Presiden,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 49–56, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3826.
T. K. Tanditha, A. Sani, and H. Hafiar, “Destination Branding Desa Wisata Alamendah Melalui Media Sosial Instagram A R T I C L E I N F O,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 7–14, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3679.
G. T. Bilqis and M. E. Fuady, “Hubungan antara Aktivitas Instagram Alfamart Gema Budaya Balaraja dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 117–124, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3125.