Implementasi Komunikasi Pemasaran Coffee Shop

  • Nico Amri Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Ani Yuningsih Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Strategi Komunikasi, Direct Marketing, Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu

Abstract

Abstract. Business development in Bandung has experienced a significant increase, especially in the culinary sector, namely coffee shop industry. This triggers coffee shop business people to highlight their respective characteristics and decide their marketing communication strategies. Morgy Coffee competes with other competitors in Bandung using a different approach on marketing communication strategies, which is digital marketing communications and direct marketing. The aim of this research is to analyze the process of implementation digital marketing communications and direct marketing by Morgy Coffee to encourage their customer purchase intentions. Method used in this research is qualitative method with a case study approach and using a constructivism paradigm. Data collection techniques in this research used interview techniques, observation, documentation and literature study. The theory used in this research are communication strategy, direct marketing, and integrated marketing communication.

Abstrak. Perkembangan bisnis di Kota Bandung mengalami kenaikan yang signifikan terutama pada bidang kuliner yaitu industri coffee shop. Hal ini memicu para pelaku usaha coffee shop untuk menonjolkan ciri khas masing-masing dan menentukan strategi komunikasi pemasarannya. Morgy Coffee merupakan coffee shop yang bersaing dengan kompetitor lainnya di Kota Bandung menggunakan dua bentuk utama strategi komunikasi pemasaran yang unik yaitu komunikasi pemasaran digital dan direct marketing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis proses penerapan komunikasi pemasaran digital dan direct marketing oleh Morgy Coffee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teori yang digunakan berupa strategi komunikasi, direct marketing, dan strategi komunikasi pemasaran terpadu.

References

Anbiya, Nida Nur. dan Sofyan, A. 2022. “Hubungan Antara Promosi Penjualan dengan Minat Beli Konsumen”. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi. Universitas Islam Bandung. Volume 1, Nomor 2, Tahun 2022.

Apriyanto, Rona. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Majalah Business Beyond Be Magazine. Skripsi. Universitas Islam Riau. Riau

Ginting, Nembah. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung. CV Yrama Widya

Kotler, dan Gary Armstrong. 2014. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta. Erlangga

Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi Ketiga belas. Jakarta. Erlangga.

Morrisan. 2015. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Kesatu. Jakarta. Kencana.

Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing Communications. Yogyakarta. Pustaka Belajar

Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung. PT. Remaja Rusdakarya

Darajat, N. Z., & Yulianti, N. (2024). Pengelolaan Media Sosial Instagram dalam Gerakan Aksi Kemanusiaan dan Pendidikan. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 65–70. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3898

Ilyas, E. (2024). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Sari Roti pada Bulan Maret-April 2024. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3747

Zuhdi, A. H., & Umar, T. M. (2024). Hubungan antara Citra Merek Universitas Al-Azhar Mesir dengan Minat Santri Melanjutkan Studi. Jurnal Riset Public Relations, 4(1), 31–38. https://doi.org/10.29313/jrpr.v4i1.3764

Published
2024-08-12