Strategi Komunikasi dalam Membangun Branding PT. Oz Radio Bandung

  • Fahmi Irza Bustomi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Riza Hernawati Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Radio, Media Massa, Branding

Abstract

Abstrak. Radio merupakan media massa yang menyampaikan isi pesannya berupa informasi, hiburan, berita, dan pendidikan dengan cara audio. Radio yang baik ialah radio yang keberadaannya dapat diterima oleh masyarakat dan isi siarannya banyak disukai oleh masyarakat luar pada umumnya dan beberapa pendengar tertentu yang menjadi sasarannya khususnya. Dalam bersiaran, seharusnya radio memiliki program acara yang sesuai selera pendengar, memiliki program unggulan, dan penyiar yang memiliki keistimewaan sendiri dalam berkomunikasi dengan pendengarnya. Seperti halnya dengan radio Oz radio ini yang melebarkan sayapnya di Bandung dengan beberapa program acaranya yang menyesuaikan selera pendengarnya, selain itu tidak lupa membuat program acara unggulaya, yaitu sober. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi penyiaran di Oz radio, teknik penyiaran yang dilakukan, dan aktifitas keseluruhan radio Oz radio. Metode yang digunakan oleh penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang tentang Strategi Komunikasi Dalam Membangun Branding PT Oz Radio (Studi Kasus Program Sore Bercanda SOBER). Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi dalam program SOBER di Oz Radio Bandung yang sukses menarik dan mempertahankan pendengar dengan humor, komunikasi tongkrongan, dan nuansa ramah. Humor digunakan berdasarkan minat penyiar terhadap komedi, menciptakan siaran yang unik dan menghibur. Komunikasi tongkrongan membangun kedekatan dengan pendengar muda, memperkuat citra Oz Radio sebagai stasiun anak muda. Tagline "your friendly station" mendukung branding Oz Radio sebagai stasiun yang ramah. Program SOBER dirancang untuk menemani pendengar sore hari dengan segmen interaktif dan bervariasi seperti "Sasimo," "Panik," dan "OZCLUSIVE," yang juga mendukung promosi musisi. Strategi ini membangun Oz Radio sebagai stasiun yang informatif, menghibur, dan ramah. Penelitian juga mencatat sejarah program humoris di Oz Radio dan kebangkitan humor pasca pandemi melalui SOBER, yang bertujuan membuat pendengar tertawa dan membangun ikatan emosional, memperkuat branding sebagai stasiun ramah dan penuh canda.
Kata Kunci: Radio, Media Massa, Branding

References

ASKA, M. F. (2022). STRATEGI PRODUSER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROGRAM KELAS INSPIRASI DI RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) PEKANBARU. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM, 39

Dr. H. Zaenal Mukarom, M. S. (2021). Teori-teori Komunikasi Berdasarkan Konteks. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hery Saputra, S. R. (2023). Strategi Bersaing Stasiun I-Radio Banjarmasin. JTAMPS : Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Sosiologi, 293.

Melvia Meifitri, E. S. (2020). PERUBAHAN DARI MEDIA LAMA KE MEDIA BARU: TELAAH TRANSFORMASI PLATFORM MULTIMEDIA. Jurnal Ilmu Komunikasi , 302

A. H. Zuhdi and T. M. Umar, “Hubungan antara Citra Merek Universitas Al-Azhar Mesir dengan Minat Santri Melanjutkan Studi,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 31–38, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3764.

A. Iskandar, M. Ryanto, and T. Patrianti, “Strategi Digital Public Relations PT MAP Boga dalam Industri FnB,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3302.

R. A. Putra and Doddy Iskandar, “Strategi Komunikasi Pemasaran PT. JX di Media Sosial,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 141–148, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3128.

Published
2024-08-12