Implementasi Digital Marketing Public Relations pada UMKM Beatless Burger
Abstract
Abstract. In this increasingly advanced era, business actors who want to start their business do a lot of it using social media with digital marketing adding the concept of public relations in it, where for Beatless Burger it is a Micro, Small and Medium Enterprise, which operates in the culinary sector which is established Since 2020, actors have begun to enter the digital world to expand their business markets. By implementing content marketing and social media marketing in marketing their products on Instagram social media by providing important information for their Pop Up activities. The aim of this research is also to examine analyzing the marketing content production process and social media marketing by analyzing the obstacles andreasons for choosing Instagram. The theory used in preparing this thesis uses social construction theory explained by Peter L Berger and Thomas Luckman. This research uses qualitative methodology with a case study research approach, data collection through participant observation, in- depth interviews.The results of this research are that Beatless Burger successfully implemented Digital Marketing Public Relations onInstagram despite the obstacles and efforts as well as the reasons for choosing the Instagram platform to easily disseminate information.
Abstrak. Pada perkembangan zaman yang sudah semakin maju ini pelaku usaha yang akan memulai bisnis nya ini banyak melakukandengan media sosial dengan digital marketing menambahkan konsep public relations di dalamnya yang dimana untuk Beatless Burger merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah , yang bergerak di bidang kuliner yang berdiri sejak 2020, pelaku mulai memasuki dunia digital untuk memperluas pasar usahanya Dengan melakukan implementasi konten marketing dan sosial media marketing dalam marketing produknya di media sosial instagram dengan memberikan informasi penting untuk kegiatan Pop Upnya.Tujuan Penelitian ini juga untuk mengkaji menganalisis proses produksi konten marketing dan sosial media marketing dengan menganalisis hambatan dan alasan memilih instagram Teori yang digunakan ini menggunakan teori kontruksi sosial yang dipaparkan oleh Peter L Berger dan Thomas Luckman.Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus, pengumpulan data melalui observasi partisipan , wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini Beatless Burger berhasil implementasi Digital Marketing Public Relations di instagram dengan adanya hambatan dan upaya serta alasan pemilihan platform instagram mudah menyebarkan informasi.
References
Abdurrahman, D., Yuliawati, T., Rohandi, M. M. A., & Taja, N. (2018). Pembenahan Sentra Industri Peuyeum di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung dalam rangka Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis,15(1), 10–19. https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.3601
Arnott, D. C., & Bridgewater, S. (2002). Internet, Interaction and Implications for Marketing. Marketing Intelligence & Planning, 20(2), 86–95. https://doi.org/10.1108/02634500210418509
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing sebagai Strategi dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS: National Conference of Islamic Natural Science, 1(1), 77–88.
Berger, P. L., & Luckman, T. (1996). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociological of Knowledge. New York: Open Road Media.
Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1993). Kualitatif Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional.
Brogan, C. (2010). Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business. New Jersey: John Wiley & Sons.
Butterick, K. (2014). Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Interner Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Jakarta: Prentice Hall.
Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, 15(4), 18– 33. https://doi.org/10.1002/dir.1020
Harris, L. C., & Goode, M. M. H. (2010). Online Servicescapes, Trust, and Purchase Intentions. Journal of Services Marketing, 24(3), 230–243. https://doi.org/10.1108/08876041011040631
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Marketing Management (12 ed.). New York: Pearson Learning.
Kriyantono, R. (2008). Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kencana.
Macarthy, A. (2013). 500 Social Media Marketing Tips: Essential Advice, Hints and Strategy for Business: Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, YouTube, Instagram, LinkedIn, and More! London: CreateSpace Independent Publishing Platform.
Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Selaras.
Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode dan Aplikasi. Malang: UB Press.
Meodia, A. (2020). 5 Media sosial paling populer di dunia pada Q2 2020. Diambil 20 April 2024, dari https://www.antaranews.com/berita/1678882/5-media- sosial-paling-populer-di-dunia-pada-q2-2020
Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D., & Solatun. (2007). Metode Penelitian Komunikasi (Contoh- Contoh Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Praktis). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Deepublish.
[Priscelia, A., Suharso, P., & Ani, H. M. (2022). Penerapan Digital Marketing Melalui Social Media pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) UD.Vira Jember. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen), 7(1).
[Purba, M. A. (2019). Analisis Penerapan SAK EMKM pada Penyusunan Laporan Keuangan UMKM di Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(2), 55– 63. https://doi.org/10.33884/jab.v3i2.1219
[Rahmadi, B. (2003). Makalah Keamanan Sistem Lanjut Computer Forensic Apa dan Bagaimana? Thesis. Institut Teknologi Bandung.
Robinson, H., Wysocka, A., & Hand, C. (2007). Internet Advertising Effectiveness. International Journal of Advertising, 26(4), 527–541. https://doi.org/10.1080/02650487.2007.11073031
Ruslan, R. (2013). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build Cultivate and Measure Success on The Web. New Jersey: John Wiley & Sons.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
UU Nomor 20. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Pemerintah Pusat.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Keuangan dan Bisnis IV.
Yin, R. K. (2014). Case Study Research Design and Methods (5 ed.). California, CA: Sage.
Indriyani, N. W., Nurdiarti, R. P., & M. Nastain. (2022). Aksesibilitas dan Pemanfaatan Aplikasi “ Jogja Smart Service” untuk Mewujudkan Good Governance. Jurnal Riset Public Relations, 75–84. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1352