Proses Konsultasi Kesehatan dengan Aplikasi Halodoc
Abstract
Abstract. Consultation can be defined as the process of providing assistance to someone by experts and meeting qualification standards in a particular area to find out about themselves, solve problems, make decisions, and provide advice on the diagnosis that has been made. consultation is something that is educational, inclusive, and consultation is an interactive and ongoing process so that action and diagnosis results, consultation also results in action and results. Therefore, the researcher will describe the process of online health consultation through the Halodoc application with dermatologists and patients who have done the consultation process before, and what obstacles occur during the consultation. Halodoc was founded in Jakarta in 2016 by Jonathan Sudharta and is a company engaged in the health technology sector. With the aim of Halodoc itself is to facilitate access to health for all users, or commonly referred to as simplifying healthcare in accordance with the company's vision, and become a health application that is ranked first in use by the Indonesian people. The theory used in this research is Interpretivism Theory. The research methodology used is using qualitative methodology with a case study research approach, data collection through in-depth interviews with dermatologists and Halodoc user patients. From the results of this study, it is found that the steps of consultation, communication interaction, barriers, and using an interpersonal approach in it produce a solution to the diagnosis given by the doctor and then agreed upon by the patient.
Abstrak. Konsultasi dapat diartikan sebagai proses memberikan bantuan kepada seseorang oleh yang ahli dan memenuhi standar kualifikasi pada area tertentu untuk mengetahui diri mereka, menyelesaikan masalah, membuat keputusan, dan memberikan saran atas diagnosis yang sudah dilakukan. konsultasi ialah sesuatu yang edukatif, inklusif, dan konsultasi ialah sebuah proses yang interaktif dan berjalan agar terjadinya aksi dan hasil diagnosis, konsultasi pun menghasilkan tentang aksi dan hasil. Maka dari itu peneliti akan menjabarkan proses konsultasi kesehatan online melalui aplikasi halodoc dengan Dokter Spesialis kulit dan Pasien yang sudah melakukan proses konsultasi sebelumnya, dan hambatan apa saja yang terjadi saat melakukan konsultasi. Halodoc didirikan di Jakarta pada tahun 2016 oleh Jonathan Sudharta dan merupakan perusahaan yang berkecimpung di sektor teknologi kesehatan. Dengan tujuan dari Halodoc sendiri ialah untuk memudahkan akses kesehatan bagi seluruh penggunanya, atau biasa disebut sebagai simplifying healthcare yang sesuai dengan visi perusahaannya, dan menjadi Aplikasi kesehatan yang menduduki peringkat pertma digunakan oleh masyarakat Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teori Interpretivisme. Metodologi penelitian yang digunakan ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus, pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan dokter spesialis kulit dan pasien pengguna Halodoc. Dari hasil penelitian ini terdapat bahwa langkah-langkah konsultasi, interaksi komunikasi, hambatan, dan menggunakan pendekatan antarpersonal didalamnya menghasilkan solusi hasil diagnosis yang diberi dokter lalu disepakati oleh pasien.
References
Ahmadi, Dadi. “Intelraksi Simbolik: Sulatul Pelngantar.” Meldiator: Julrnal Komulnikasi, Bandulng Islamic Ulnivelrsity, 1 Jan. 1970, www.nelliti.com/pulblications/154703/intelraksi-simbolik-sulatul-pelngantar.
Bab II Landasan Teori Dan Kerangka Pemikiran - Binus University, library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-1-00468- mn%20bab%202.pdf. Accessed 4 Dec. 2023.
Ifad Fadli Roudhi, Kiki Zakiah. “Pola Komunikasi Dokter Dan Pasien Dalam Proses Penyembuhan Melalui ...” Pola Komunikasi Dokter Dan Pasien Dalam Proses Penyembuhan Melalui Aplikasi “HaloDoc” , 28 Feb. 2020, karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/Jurnalistik/article/download/20772/pdf.
MALIKI, UIN. “Interaksionisme Simbolik Dalam Penelitian Kualitatif - Uin Malang.” Interaksionisme Simbolik Dalam Penelitian Kualitatif, 29 Mar. 2018, repository.uin-malang.ac.id/2436/1/2436.pdf.
Muhammad Rio Fariza, 170401059. “Pola Komunikasi Dokter Pada Pasien Melalui Aplikasi Halodoc.” Go to Start Page!, 20 Jan. 2021, repository.ar- raniry.ac.id/id/eprint/17268/.
Permatasari, Feby. Persepsi Pengguna Aplikasi halodoc Terhadap Kemudahan Berkomunikasi Antara Pasien dan Dokter, digilib.unila.ac.id/71727/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHAS AN.pdf.
Putri, Intan Sartika. “Perencanaan Komunikasi UPT Puskesmas Ibrahim Adjie Bandung Melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Dalam Upaya Penanganan Dan Pencegahan Penyakit Hipertensi Dan Diabetes Pada Pasien Bpjs.” Elibrary Unikom, 29 Aug. 2019, elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1592/.
Andriani, Putri Widji. Manajemen Identitas Dalam Pengembangan Hubungan Antarbudaya Antarapenyandang Tuna Netra Dengan Non Tuna Netra, Sarjana thesis, Universitas Brawijaya., 2018, repository.ub.ac.id/id/eprint/10657/2/BAB%20III.pdf.
Genny Gustina Sari, Welly Wirman. “Komunikasi Telemedicine Sebagai Media Konsultasi ...” Telemedicine Sebagai Media Konsultasi Kesehatan Di Masa Pandemic COVID 19 Di Indonesia, 1 Mar. 2021, journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/viewFile/10181/5697.
American College of Obstetricians and Gynecologists. “Seeking and Giving Consultation.” ACOG, 2019, www.acog.org/clinical/clinical- guidance/committee-opinion/articles/2007/05/seeking-and-giving- consultation#:~:text=Consultation%20is%20the%20act%20of,that%20may% 20benefit%20the%20patient.
Prodia, Jeliana Seilatuw dr. Tjhin Willy, MKK. “Konsultasi Dokter: Definisi, Manfaat & Cara Melakukannya Di Prodia.” PRODIA, 28 Jan. 2024, prodiadigital.com/id/artikel/perlukah-konsultasi-dokter-sebelum-berolahraga.
Universitas Negri Padang, Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling. “Layanan Konsultasi.” Unit Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Padang, 1 May 2024, upbk.unp.ac.id/page/layanan-konsultasi.
Nasri. “Pengertian Konsultasi - Arti Dan Definisinya.” Pengertianesia, 3 July 2022, www.pengertianesia.my.id/pengertian-konsultasi/.
Chynthia , Jessica. Kajian Yuridis Terhadap Praktik Konsultasi Dokter Secara Online Dalam Perspektif Perlindungan Hak Pasien, 2021, repository.unika.ac.id/24484/4/18.C2.0010-Jessica%20Chynthia- BAB%20III_a.pdf.
Munandar, Aris. “Implementasi Layanan Konsultasi Dalam Bimbingan Konseling ...” Implementasi Layanan Konsultasi Dalam Bimbingan Konseling Di Smk Negeri Se Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015, 2015, lib.unnes.ac.id/24126/1/1301411063.pdf.
Balai penelitian dan pengembangan kesehatan RI. “Aplikasi Telemedicine Berpotensi Merevolusi Pelayanan Kesehatan Di Indonesia.” Aplikasi Telemedicine Berpotensi Merevolusi Pelayanan Kesehatan Di Indonesia, Balai penelitian dan pengembangan kesehatan RI, www.balaibaturaja.litbang.kemkes.go.id.Accessed 20 June 2024.
Primaya Hospital, dr. Alienda Dwi Arani. “Bedanya Konsultasi Kesehatan Online Dan Telemedicine.” Primaya Hospital, 23 July 2020, primayahospital.com/konsultasi-online/beda-konsultasi-kesehatan-online-dan- telemedicine/#:~:text=Apa%20Itu%20Konsultasi%20Online%20atau,pertimb angan%20atau%20saran%20tata%20laksana.
Fai, UMSU. “Komunikasi Interpersonal Pengertian Dan Contoh.” UMSU Kampus Terbaik Di Medan, 26 Aug. 2023, umsu.ac.id/komunikasi- interpersonal-pengertian- contoh/#:~:text=Agus%20M.%20Hardjana%20berpendapat%20Komunikasi,d apat%20menanggapi%20secara%20langsung%20pula.
Ramdan, Rizky Mochamad, and Cahya Cahya. "Simbol dan Makna Tradisi Ngaruwat Jagat Situraja." Jurnal Budaya Etnika 6, no. 2 (2022): 113-128.
Yessy, Sulistyani Prabu Aji, Hadawiah, Ramli Bidullah, Resmi Pangaribuan, Agustiawan, Abdul Gani, Yusriani, Hukmiyah Aspar, Nurul Hidayah, Zahratul Hayati, Ramli. “Komunikasi Kesehatan - Umi Repository.” Komunikasi Kesehatan, Sept. 2022, repository.umi.ac.id/1988/1/KOMUNIKASI%20KESEHATAN.pdf.
Punto Hendro, Eko. Simbol: Arti, Fungsi, Dan Implikasi Metodologisnya, 2 June 2020
E. Ilyas, “Analisis Media Monitoring terhadap Brand Sari Roti pada Bulan Maret-April 2024,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3747.
A. Iskandar, M. Ryanto, and T. Patrianti, “Strategi Digital Public Relations PT MAP Boga dalam Industri FnB,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3302.
N. Z. Darajat and N. Yulianti, “Pengelolaan Media Sosial Instagram dalam Gerakan Aksi Kemanusiaan dan Pendidikan,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 65–70, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3898.