Pola Komunikasi Interpersonal Bidan dalam Mengedukasi ASI Eksklusif pada Pasien
Abstract
Abstract. The lack of knowledge about maternal and child health, as well as information being mixed between myths and facts, especially regarding exclusive breastfeeding, is still a challenge. The role of midwives is crucial in educating a community with misconceptions. Through effective communication, midwives can assist patients in achieving optimal health. Midwives must be proficient in understanding communication techniques, as mastering communication skills helps in building a relationship of trust between midwives and patients. Health Department data related to exclusive breastfeeding remains stagnant at 52%, and there is a hope for an increase to above 70%. This research employs a qualitative method, focusing on quality rather quantity. Data are obtained through interviews, direct, obsevation, and official documents, rather than questionnaires. The research adopts a Case Study approach. The novelty to be discovered in this study is the creation of a communication pattern for health education by midwives to patients about exclusive breastfeeding through interpersonal communication. The results of this research will serve as a reference for health education conducted by midwives and other healthcare professionals.
Abstrak. Masih kurangnya pengetahuan kesehatan ibu dan anak serta informasi masih tercampur antara mitos dan fakta khusunya mengenai ASI eksklusif. Tentunya peran bidan sangat penting untuk mengedukasi pola pikir masyarakat yang masih salah, dengan komunikasi bidan bisa membantu pasien mendapatkan kesehatan yang optimal, keharusan seorang bidan pun harus mumpuni memahami teknik komunikasi karena dengan menguasai keterampilan komunikasi bidan dan pasien dapat dengan mudah membina hubungan saling percaya. Data dari Dinas Kesehatan terkait ASI eksklusif masih stagnan di angka 52% diharapkan dapat mencapai 70%.Pada penelitian ini peneliti menggunakan kualitatif, penelitian kualitatif memberikan fokus pada aspek kualitas daripada kuantitas, dan data yang terkumpul tidak berasal dari kuisioner, tetapi diperoleh melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumen resmi yang sesuai. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan Studi Kasus. Kebaruan yang akan ditemukan di dalam penelitian ini adalah menghasilkan pola komunikasi edukasi kesehatan bidan terhadap pasien tentang ASI eksklusif secara komunikasi interpersonal. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai rujukan dalam edukasi kesehatan yang akan dilakukan oleh para bidan atau kesehatan lainnya.
References
M. Z. Nabila and H. Arifin, “STRATEGI KOMUNIKASI KAMPANYE PUSKESMAS KALIWUNGU DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM POSKESTREN (POS KESEHATAN PESANTREN),” Jurnal Komunikasi Massa, 2023.
S. R. Handajani, M. Mid, S. R. Handajani, and M. Mid, “Komunikasi dalam praktik kebidanan.” Jakarta Selatan, 2016.
M. Haro et al., Komunikasi Kesehatan. Media Sains Indonesia, 2022.
A. Rajak, N. Nurlaila, and C. Mumulati, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Maluku Utara,” Jurnal Manajemen Sinergi, vol. 7, no. 2, pp. 21–35, 2019.
R. J. Putra and J. Jaenab, “EFFECT OF EMPLOYEES’INTERPERSONAL COMMUNICATION ABILITY ON ACHIEVEMENT MOTIVATION IN MAIN MANDIRI KSP RABA BRANCH BIMA CITY,” Jurnal Ilmu Manajemen Profitability, vol. 5, no. 2, pp. 380–389, 2021.
O. U. Effendi and T. Surjaman, Dinamika komunikasi. Remadja Karya, 1986.
A. Iskandar, M. Ryanto, and T. Patrianti, “Strategi Digital Public Relations PT MAP Boga dalam Industri FnB,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3302.
R. A. Putra and Doddy Iskandar, “Strategi Komunikasi Pemasaran PT. JX di Media Sosial,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 141–148, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3128.
F. D. Musyaffa and D. Ahmadi, “Strategi Komunikasi PT. G dalam Menangani Isu Negatif di Media Sosial,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 109–114, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3116.