Analisis Komunikasi Antarpribadi Mentor dalam Program Pelatihan UMKM
Abstract
Abstract. Mentoring is a group-based activity used in business to update existing concepts. BRIncubator, Rumah BUMN Bandung program, which is designed to support the development of knowledge of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in business management, marketing strategy and product innovation, with a focus on acceleration and incubation classes. In the process the mentor provides material with intent to the mentee with a predetermined activity schedule. This research aims to determine the mentor's interpersonal communication activities in the BRIncubator Training Program, identify obstacles in mentoring activities, and understand the reasons underlying Rumah BUMN Bandung's decision to use mentoring in the program. In this research, the author used qualitative research methods, which provide greater flexibility in interacting with participants. In this study, researchers found that the effectiveness of interpersonal communication that mentors carry out is influenced by timing or time management. The mentor's good time management helps to maintain an effective communication flow during the mentoring process, so that the mentee can receive and understand the information in the form of material presented better.
Abstrak. Mentoring adalah kegiatan berbasis kelompok yang digunakan dalam bisnis di gunakan untuk memperbarui konsep yang sudah ada. BRIncubator, program Rumah BUMN Bandung, yang dirancang untuk menunjang perkembangan pengetahuan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam manajemen bisnis, strategi pemasaran, dan inovasi produk, dengan fokus pada kelas akselerasi dan inkubasi.. Yang dalam prosesnya mentor memberikan materi secara intents kepada mentee dengan jadwal kegiatan yang sudah ditentukan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi interpersonal mentor pada Program Pelatihan BRIncubator, mengidentifikasi kendala dalam kegiatan mentoring, dan memahami alasan yang mendasari keputusan Rumah BUMN Bandung menggunakan mentoring dalam program tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yang memberikan fleksibilitas lebih besar dalam berinteraksi dengan partisipan. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa efektivitas komunikasi antarpribadi yang mentor lakukan dipengaruhi oleh Timing atau manajemen waktu. Manajemen waktu yang mentor lakukan dengan baik membantu untuk menjaga alur komunikasi yang efektif selama proses mentoring berlangsung, sehingga mentee dapat menerima dan memahami informasi berupa materi yang disampaikan dengan lebih baik.
References
Asmani & Mustofa. 2013. Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di. Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Beka, Yunias Lopes,dkk. 2022. “Komunikasi Antarpribadi Antara Mentor danMentee Dalam Membangun Motivasi Belajar”. Volume 2, No 2, Oktober 2022.
Burgoon, M. and Ruffner, M.,. 1978 Human Communication. NewYork: Holt Rinehart and Winston Changara, Hafied. 1986. “Pengantar Ilmu Komunikasi”. Bandung : CV. RemajaRosdakarya.
David, Fread R. 2002. “Manajemen Strategi Dan Konsep”. Jakarta: Prenhalindo.
Devito. Joseph. A. 2011.”Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima”. Tanggerang: Karisma Publishing Group
Effendy, Onong Uchjana. 1986. “Dinamika Komunikasi”, Bandung:CVRemajaRosdakarya.
Effendy, Onong Uchjana. 1997. “Ilmu Komunikasi ; Teori dan Prakterk” Bandung : CV Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchjana. 2004. “Dinamika Komunikasi”, Bandung:CVRemajaRosdakarya.
Effendy, Onong Uchajana.2002, “Teori dan Praktek”. Bandung:CVRemaja Rosdakarya.
Gomulya, Berny. Dkk. 2018. “Coaching For Result”. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Herdiansyah. Haris. 2020. “Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-IlmuSosial : Perspektif Konvensional dan Kontemporer”. Edisi 2. Jakarta : Salemba
Humanika. Hidayat. Dasrun. 2012. “Komunikasi Antarpribadi dan Medianya”. Yogyakarta:Graha Ilmu
Kaswan. 2012. Coaching dan Mentoring, Untuk Pengembangan SDMdan Peningkatan Kinerja Organisasi. Alfabeta. Bandung.
Liliweri, Alo. 2015. Komunikasi Antar-personal. Cetakan ke-1. Jakarta: Kencana.
Oktarina, Yetty. 2017. “Komunikasi Dalam Perspektif Teori dan Praktik”. Sleman: Budi Utama.
Patilima, H.2005. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: Alfabeta.
Rakhmawati.Yuliana.2019.”Komunikasi Antarpribadi”.Surabaya: CV. Putra Media Nusantara.
Rogers, CR. (1961) On Becoming a Person: A Therapist’s View of Psychotherapy. Houghton Mifflin, Boston
Simanjuntak. Togi. 2012.”The Art Of Mentoring”. Jakarta : Metanoia Publishing.
Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B”. Bandung: Alfabeta, CV.
Sweller, John, Ayres, Paul & Kalyuga, Slava. (2011). Cognitive Load Theory. New York: Springer, (Online).
Watzlawick. Paul, Bavelas. Janet Beavin, Jackson.Don.D. 2011. “Pragmatics Of Human Communication”. Newyork : W.W Norton&company
Whitmore, Sir J. (2019) “Coaching For Performance”. Brealey : London
Yin. Robert. K. 2023 “Studi Kasus Dan Metode”. Indramayu : CV. Adanu Abimata.
Agung, Moch Waris Laksana, dkk. 2022. “Pembuatan Aplikasi Pendampingan Dan Mentoring Bisnis UMKM (studi kasus : pult kukm kabupaten subang)”. Volume 7, No. 5, Tahun 2022.
Agung, Moch Waris Laksana, dkk. 2022. “Pembuatan Aplikasi PendampinganDan Mentoring Bisnis UMKM (studi kasus : pult kukm kabupaten subang)”. Volume 7, No. 5, Tahun 2022.
R. R. Dewi and O. Kurniadi, “Komunikasi Keluarga dalam Keluarga dengan Orang Tua Entrepreneur,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 57–64, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3827.
R. Naufal and A. Maryani, “Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dan Anak dalam Mengatasi Kecanduan Game Online,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 71–78, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.4015.
[D. A. Ghifari and Zulfebriges, “Pemanfaatan Konten Kuliner sebagai Promosi UMKM pada Platform Media Informasi,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 133–140, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3127.