Implementasi Cyber Public Relations Klub Sepak Bola Riverside Forest pada Sosial Media Instagram

  • Rizky Noviansyah Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Neni Yulianita Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Implementasi, Cyber Public Relations, Riverside Forest

Abstract

Abstract. Cyber public relations is a form of operating the public relations function in cyberspace. The advantages of Cyber public relations include avoiding distance and time constraints, facilitating two-way communication so that interactions between the two become more personal. Therefore, with technological developments, more and more public relations practitioners are taking advantage of the internet as a medium for delivering and disseminating information. The development of public relations is not only found in certain institutions, but also in all industries, one of which is the sports entertainment industry, especially in this case, namely football. One of the football clubs that uses it is the Riverside Forest club. It is hoped that the results of this research will be able to build positive relationships between clubs and fans through social media. The implications of this research can provide guidance for other football clubs in increasing awareness of the implementation of information, their transparency in cyberspace, as well as strengthening the bond between the club and its fans. Therefore, the researcher believes that these problems and phenomena are considered important and interesting to research. The researcher is interested in writing this research, about how the club implements it and how the club faces challenges in implementing Cyber public relations and also why this club is open about its financial management on Instagram social media. This research uses a constructivist paradigm with qualitative research methods and a case study approach. Researchers used boundary spanning theory and Philips and Young theory to examine the findings. The results of the research show that the Riverside Forest football club initially did not have any strategy in implementing Cyber Public Relations on Instagram social media but as time went by the Riverside Forest football club opened volunteers for local designers who had the talent to create attractive visual images. The attention of the public, including the supporters, means that the posts become rich in interesting content and posts are made related to information about the club, starting from match schedules, social issues, miscommunication problems between supporters, to club financial problems. Riverside Forest football on social media Instagram.

Abstrak. Cyber public relations adalah sebuah bentuk pengoperasian fungsi public relations di dunia maya. Kelebihan dari Cyber public relations, antara lain terhindar dari kendala jarak dan waktu, mempermudah komunikasi dua arah sehingga interaksi diantara keduanya menjadi lebih personal. Maka dari itu dengan adanya perkembangan teknologi membuat praktisi public relations semakin banyak yang memanfaatkan keberadaan internet sebagai media penyampaian dan penyebaran informasi. Perkembangan public relations bukan hanya terdapat di suatu lembaga tertentu saja, namun juga pada seluruh industri, salah satunya pada industri hiburan olahraga khususnya dalam hal ini yaitu sepak bola salah satu klub sepak bola yang menggunakannya adalah klub Riverside Forest. Diharapkan  hasil dari penelitian ini yaitu mampu membangun hubungan positif antara klub dan penggemar melalui media sosial. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan panduan bagi klub sepak bola lainnya dalam meningkatkan kesadaran akan implementasi perihal informasi, transparansi mereka di dunia maya, sekaligus memperkuat ikatan antara klub dan penggemarnya. Maka dari itu peneliti berpendapat bahwa masalah dan fenomena tersebut dirasa penting dan menarik untuk diteliti. Peneliti tertarik untuk menulis penelitian ini, tentang bagaimana implementasi yang di lakukan oleh klub serta bagaimana klub menghadapi tantangan dalam mengimplementasikan Cyber public relations dan juga kenapa klub ini open manajemen dalam keuangannya di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teori boundary spanning dan teori Philips and young untuk mengkaji hasil temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klub sepak bola Riverside Forest pada awalnya tidak memiliki strategi apapun dalam menerapkan Cyber Public Relations pada sosial media Instagram tetapi dengan seiring berjalannya waktu klub sepak bola Riverside Forest membuka volunteer para desainer lokal yang memiliki bakat membuat gambar-gambar visual yang dapat menarik perhatian publik termasuk para supporternya denga hal itu menjadikan postingan-postingannya menjadi kaya akan konten-konten yang menarik serta dibuatkannya postingan-postingan terkait informasi-informasi tentang klub, mulai dari jadwal pertandingan, masalah isu sosial, permasalahan misscommunication antara supporter, sampai masalah keuangan klub sepak bola Riverside Forest pada sosial media Instagram.

References

Widodo. (2011). Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayu Media.Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya; 2003.

Irawan, E. P. (2017). Pemanfaatan Website Pada Aktivitas Cyber Public Relations dalam Mendukung E-Government di Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi. Jurnal IPTEK-KOM, 163-177.

Subiakto, Henry dan Rachmad Ida. (2014) Komunikasi Politik, Media dan Demokrasi. Jakarta Kencana Prenadamedia Group.

Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitaif : Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Arifin, M., & Djuwita, A. (2021). Peran Public Relations Klub Sepak Bola Persib Bandung Dalam Mempertahankan Citra Melalui Media Sosial Instagram @persib_official. e-Proceeding of Management, 1936.

Darmastuti, R. (2007). Etika PR dan E-PR. Yogyakarta: Gava Media.

Hidayat, D. (2014). Media Public Relations : Pendekatan Studi Kasus Cyber Public Relations Sebagai Metode Kerja PR Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Iman, R. K. (2022, April 26). PROFIL RIVERSIDE FOREST: Membangun Sepak Bola Rakyat di Tangga Batu Tamansari. Retrieved from bandungbergerak.id: https://bandungbergerak.id/article/detail/2505/profil-riverside-forest-membangun-sepak-bola-rakyat-di-tangga-batu-tamansari

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Windi, A. (2023). Pengelolaan Cyber Public Relations Diskominfo dalam Upaya Keterbukaan Informasi Publik (Studi Deskriptif pada Instagram @kominfopadangpanjang). Skripsi Tesis. Padang: Universitas Andalas.

Yulianita Neni. (2007). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: p24-LPPM Unisba.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, M. A., & Anshari, F. (2016). Cyber Public Relations Dalam Klub Sepakbola Di Indonesia: Studi Pada Persija Jakarta. Journal of Strategic Communication, 43-54.

Onggo, & Bob, J. (2004). Cyber Public Relations. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ilyas, m. (2023). Aktivitas Cyber Public Relations melalui pengelolaan Website Dinas Kehutanan Jawa Barat. Skripsi Tesis. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

N. Z. Darajat and N. Yulianti, “Pengelolaan Media Sosial Instagram dalam Gerakan Aksi Kemanusiaan dan Pendidikan,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 65–70, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3898.

T. K. Tanditha, A. Sani, and H. Hafiar, “Destination Branding Desa Wisata Alamendah Melalui Media Sosial Instagram A R T I C L E I N F O,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 7–14, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3679.

A. Iskandar, M. Ryanto, and T. Patrianti, “Strategi Digital Public Relations PT MAP Boga dalam Industri FnB,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3302.

Published
2024-08-09