Membedah Anime sebagai Media Edukasi Kesehatan

  • Irsalina Nabilah Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Santi Indra Astuti Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Anime, Semiotika, Media Edukasi

Abstract

Abstrak. Anime adalah media hiburan berbentuk animasi dari Jepang yang populer dikalangan anak muda. Selain hiburan, anime merupakan media edukasi berdasarkan pesan yang disampaikan dari alur ceritanya. Anime Hataraku Saibou! Black merupakan anime bertema edukasi kesehatan mengenai penyakit dalam yang divisualisaikan menjadi karakter animasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui makna edukasi kesehatan terkait penyakit dalam pada anime Hataraku Saibou! Black dilihat dari denotasi, konotasi, dan mitos berdarkan analisis visual dari Mise en Scene. Metode pendekatan yang digunakan yaitu Semiotika Roland Barthes melalui analisis video visual dan studi literatur. Objek penelitian yang diteliti adalah anime Hataraku Saibou! Black pada episode 01, episode 06 dan episode 12. Pemilihan episode ini berdasarkan kesamaan dari segi representasi penyakit tubuh yang dapat terpicu akibat kebiasaan buruk yang terus berulang. Hasil dari penelitian ini, yaitu : pertama, makna denotasi dalam anime Hataraku Saibou! Black adalah terdapat tanda dari visual dan teks yang mengandung makna nilai edukasi kesehatan berdasarkan representasi pada tayangan anime. Kedua, konotasi dalam anime Hataraku Saibou! Black adalah memberikan peringatan atas bahaya dari kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa disadari secara terus menerus. Ketiga, makna mitos dalam anime Hataraku Saibou! Black adalah fungsi anime tidak sebatas media hiburan namun dapat menjadi media edukasi berdasarkan fakta sains, menghindari kebiasaan buruk yang memicu penyakit serta meniru kebiasaan makanan orang Jepang berdasarkan anime.

References

Bastin, Nahason. (2022). Apakah Itu Anime?: Panduan Praktis.Sidoarjo: Nahason Bastin Publishing.

Cahya, Dwi Puput dan Akhanu Ilham Ridho. (2021). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Masyarakat Di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes, 8(1).

Finy F. Basarah dan Gustina. (2020). Perancangan Konten Edukatif Di Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat, 5(2), 24.

Notoadmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 43-60.

Piliang,Yasraf Amir. (2003). Hipersemiotika Tafsir Cultural Studie Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Prihandari, Parastuti dan Ismi. (2021). Pengertian Anime Pengantar Manga (Komik Jepang). Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Setiyorini, Asri. (2021). “Sinopsis Anime Hataraku Saibou Black, Intip Perjuangan Sel di Tubuh Orang Malas”. https://utaratimes.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-1192317815/sinopsis-anime-hataraku-saibou-black-intip-perjuangan-sel-di-tubuh-orang-malas.

Sobur, Alex. (2006). Analisis Teks Media : Suatu Pengantar untuk analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. Bandung: Rosda Karya.

Suhartono, Suparlan. (2008). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

MS, Muhammad Haikal dan Firmansyah. (2024). Representasi Peran Ayah pada Film Avatar: The Way Of Water, 4(1), 146-149. https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSCM/article/view/11317

A. Rayhanatuqolbi, D. Iskandar, and D. Ahmadi, “Ekofeminisme dalam Film Dokumenter ‘Our Mother’s Land,’” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 39–48, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3824.

R. Naufal and A. Maryani, “Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dan Anak dalam Mengatasi Kecanduan Game Online,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 71–78, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.4015.

T. P. Dzahabiyyah, T. Nur, and A. Noviar, “Beauty Standard dalam Komunitas : Sudut Pandang Remaja Berniqab dalam Memandang Body Goals,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 23–30, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3761.

Published
2024-08-09