Komunikasi Keluarga pada Komunitas Orang Tua di Kelas Vokasi Rumah Terapi Aura

  • Raissa Jasmine Haryani Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Tri Nur Aini Noviar Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Teknik Komunikasi, Humanistik, Antarpribadi

Abstract

Abstract. Communication techniques are important for building effective communication between the parent community. Warm, familial communication plays a crucial role in building harmonious, supportive and trusting relationships among parents. Rumah Terapi Aura in Bandung City is one of the institutions that has been providing treatment for children with special needs since 2014, especially for the underprivileged. Rumah Terapi Aura uses a family communication strategy that creates comfort and trust between therapists, children, and parents. The purpose of this research is to find out the family communication in the vocational class parent community at Rumah Terapi Aura Bandung City. This research with DeVito's humanistic approach uses qualitative methods with a case study approach. The collection techniques used in this research are semi-structured interviews, non-participant observation, and documentation. The results of this study show that familial communication has proven successful in creating strong bonds between members. The familial strategies applied in the community of vocational parents of Aura Bandung Therapy House are equality, interacting with each other, telling stories, understanding experiences, not judging, humor, suppressing empathy, and motivating.

Abstrak. Teknik komunikasi penting untuk membangun komunikasi yang efektif antara komunitas orang tua. Komunikasi yang hangat dan bersifat kekeluargaan memainkan peran krusial dalam membangun hubungan yang harmonis, saling mendukung, dan penuh kepercayaan di antara para orang tua. Rumah Terapi Aura di Kota Bandung merupakan salah satu lembaga yang memberikan penanganan bagi anak berkebutuhan khusus sejak tahun 2014, khususnya untuk kalangan pra-sejahtera. Rumah Terapi Aura menggunakan strategi komunikasi kekeluargaan yang menciptakan kenyamanan dan kepercayaan antara terapis, anak, dan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi kekeluargaan di komunitas orang tua kelas vokasi di Rumah Terapi Aura Kota Bandung. Penelitian dengan ancangan humanistik DeVito ini  menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu wawancara semi terstruktur, observasi non participant, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan komunikasi kekeluargaan telah terbukti berhasil menciptakan ikatan yang kuat antara anggota. Strategi kekeluargaan yang diterapkan di komunitas orang tua kela vokasi Rumah Terapi Aura Bandung yaitu kesetaraan, saling berinteraksi, bercerita, memahami pengalaman, tidak menjudge, humoris, menekan rasa empati, dan memotivasi.

References

Erlin Sudarwati. (2016). Artikel Majalah Wira Kebijakan Penanganan Penyandan Disabilitas Personel KEMHAN dan TNI. Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Haslan, M. M., & Dahlan. (2020). Membangun Nilai-Nilai Solidaritas Antara Masyarkat Pendatang Dengan Masyarakat Lokal Dalam Memperkuat Integrasi Nasional. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(1), 13–26.

Nida, F. L. K. (2013). Komunikasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 167–169.

Noviar, T. N. A., Chatamallah, M., Zulfebriges, & Iskandar, D. (2021). Komunikasi Terapeutik Keluarga Muslim di Bandung: Analisis Fungsi Narasi dan Keteladanan. Jurnal Komunikasi Islam, 11(1), 63–87.

R. R. Dewi and O. Kurniadi, “Komunikasi Keluarga dalam Keluarga dengan Orang Tua Entrepreneur,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 57–64, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3827.

R. Naufal and A. Maryani, “Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dan Anak dalam Mengatasi Kecanduan Game Online,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 71–78, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.4015.

Muhammad Givansyah and M. A. O. Palapah, “Tinjauan Kognisi Sosial Mahasiswa Fikom Unisba,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 125–132, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3126.

Published
2024-08-09