Hubungan antara Gaya Kepemimpinan dengan Motivasi Kerja Karyawan
Abstract
Abstract. It cannot be denied that communication is important for humans and organizations. Without communication within an organization, it is very likely that any activities carried out will not be carried out according to the plans that have been determined. There are many components needed in managing an organization, one of which is leadership which can unite all elements to work together to achieve organizational goals. In carrying out work, a leader applies various leadership styles. The existence of a leadership style is often considered an important factor in determining the success or failure of an organization. A leadership style that focuses on tasks rather than employees can cause subordinates' work motivation to decrease. On the other hand, a leadership style that focuses more on subordinates can increase subordinates' work motivation. This is the background for researchers to conduct research on "The Relationship Between Leadership Style and Employee Work Motivation:". This research aims to find out how big the relationship is between leadership style and employee work motivation. This research uses leadership style theory according to Kartono. In this study, researchers used a positivism paradigm with a correlational approach. This method is used to explain the relationship between variable x and variable y. This research was conducted at PT Santosa Kurnia Jaya Textille Jl. Anyar No 68, Rancakasumba, Solokanjeruk District, Bandung Regency, West Java, 40376. Data collection techniques in this research used questionnaires and interviews. The results of this research show that there is a relationship between Leadership Style (X) and Employee Work Motivation (Y) with a correlation value of 0.784. This shows that there is a strong relationship between Leadership Style (X) and Employee Work Motivation (Y).
Abstrak. Tidak dapat dipungkiri bahwa komunikasi penting bagi manusia dan organisasi. Tanpa adanya komunikasi dalam suatu organisasi, besar kemungkinan kegiatan apapun yang dilakukan tidak akan terlaksanakan sesuai dengan rancangan yang sudah ditetapkan. Banyak komponen yang diperlukan dalam mengelola sebuah organisasi, salah satunya adalah kepemimpinan yang dapat menyatukan semua elemen untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan organisasi. Dalam melakukan pekerjaan, seorang pemimpin menerapkan berbagai gaya kepemimpinan. Adanya gaya kepemimpinan sering dianggap sebagai faktor penting untuk menjadi penentu sukses atau tidaknya suatu organisasi. Gaya kepemimpinan yang berfokus pada tugas daripada karyawan dapat menyebabkan motivasi kerja terhadap bawahan menurun. Sebaliknya, gaya kepemimpinan yang lebih berfokus pada bawahan dapat meningkatkan motivasi kerja bawahan. Hal ini lah yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitian mengenai “Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Dengan Motivasi Kerja Karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan dengan Motivasi kerja Karyawan. Penelitian ini menggunakan teori gaya kepemimpinan menurut Kartono. Pada penelitian ini peneliti menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan korelasional. Metode ini digunakan untuk menjelaskan keterkaitan antara variabel x dan variabel y. Penelitian ini dilakukan di PT Santosa Kurnia Jaya Textille Jl. Anyar No 68, Rancakasumba, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 40376. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuisioner dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Gaya Kepemimpinan (X) dengan Motivasi Kerja (Y) Karyawan dengan nilai korelasi sebesar 0,784. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara Gaya Kepimpinan (X) dengan Motivasi Kerja (Y) Karyawan.
References
Irfan Ardiansyah, & Anatasya Maharani. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Pemasaran Online Pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta, CV.
Timori Kansaki, Ngajudin Nugroho, Fauzi Akbar Maulana Hutabarat, Elserra Siemin Ciamas, & Arwin. (2021). Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Gen-Z (Studi Kasus pada Mahasiswa Politeknik Cendana Medan). ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(2), 46–50.
Tristina, D. N., & Widagdo, S. (2019). KEPEMIMPINAN DAN KINERJA Seri Praktis Peningkatan Kinerja Guru. In Repo.Stie-Mandala.Ac.Id. http://repo.stie- mandala.ac.id/191/2/daftar isi.pdf.
Kartono, K. (2016). Pemimpin dan Kepemimpinan. Rajawali Press.
S. P. Mardianti and M. Suherman, “Hubungan Personal Branding pada Instagram @Ganjar_Pranowo dengan Minat Memilih Ganjar sebagai Presiden,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 49–56, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3826.
A. Iskandar, M. Ryanto, and T. Patrianti, “Strategi Digital Public Relations PT MAP Boga dalam Industri FnB,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3302.
S. S. Nurzaman and S. Novita, “Program Corporate Social Responsibility pada Perusahaan BUMN,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 101–108, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3112.