Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Produk Wardah Beauty

  • Alisya Sakinah Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Rini Rinawati Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: EWOM, Minat Beli, Duta Merek

Abstract

Abstract. This research aims to determine the influence of Electronic Word of Mouth (EWOM) on purchasing interest for Wardah Beauty products. This research was conducted using quantitative methods and a descriptive approach in a positive paradigm. Research participants were those who commented on the last three uploads on Amanda Rawles's Instagram (@amandarawles) in 2023 which were obtained through the use of questionnaires as a data collection technique. Data analysis uses descriptive analysis techniques and Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). The methodology used is a quantitative research approach, with a sample size of 89 people. This research examines the influence of Electronic Word of Mouth (EWOM) on consumer buying interest. The results of this research show that the role of brand ambassador can strengthen the influence of EWOM in increasing interest in purchasing cosmetic products, with a special focus on Wardah Beauty products. The implications of these findings indicate that cosmetics companies can utilize EWOM more effectively in increasing purchasing interest, especially through social media platforms.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap minat beli produk Wardah Beauty. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan deskriptif dalam paradigma positivistik. Partisipan penelitian adalah yang berkomentar pada tiga unggahan terakhir di Instagram Amanda Rawles (@amandarawles) pada tahun 2023 yang diperoleh melalui penggunaan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif serta Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Metodologi yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 89 orang. Penelitian ini mengkaji pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap minat beli konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran brand ambassador dapat memperkuat pengaruh EWOM dalam meningkatkan minat beli produk kosmetik, dengan fokus khusus pada produk Wardah Beauty. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa perusahaan kosmetik dapat memanfaatkan EWOM secara lebih efektif dalam meningkatkan minat beli, khususnya melalui platform media sosial.

References

Alimbudiono, Dr. R. S., & Jie, M. (2024). THE EFFECT OF TAXPAYERS’ ATTITUDES, SUBJECTIVE NORMS AND PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL ON INDIVIDUAL TAX COMPLIANCE MODERATED BY RELIGIOSITY IN SURABAYA. Journal of Entrepreneurship, 40–54.https://doi.org/10.56943/joe.v3i1.472

Amalia Probosini, D., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi dan brand ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. 2(2), 446Djaslim S. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya; 2003.

Annisa Shafira Nurvadila, Rinawati. R., Prodi Manajemen Komunikasi, R., Ilmu Komunikasi, F., & Islam Bandung, U. (2022). Bandung Conference Series: Communication Management DOI Corresponding Author Hubungan Antara Motivasi Penggunaan Aplikasi Media Sosial TikTok dengan Motif Mencari Identitas Diri di Kota Bandung. 2, 55–60.

Della Trisnawati, & Supriadi, Y. (2022). RESEPSI KHALAYAK MENGENAI BERITA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TEMPO.CO. Bandung Conference Series: Journalism, 2(2), 159. https://doi.org/10.29313/bcsj.v2i2.4579

Florina, S. (2019). EFIKASIDIRIDALAMPROSES PEMBELAJARAN. 2, 387.

Gusridina Arief, A., Prodi Hubungan Masyarakat, N., & Ilmu Komunikasi, F. I. K. (2021). Hubungan Personal Grooming di Media Social Instagram dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa. 7, 729. https://doi.org/10.29313/.v0i0.30707

Helen Minarto, A., Felita, E., Thio, S., Manajemen Perhotelan, P., Studi Manajemen, P., & Bisnis dan Ekonomi, F. (2021). PEMESANAN HOTEL DI TRAVELOKA. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.9744/jmhot.7.1.1-9

Irmayanti, S., & Annisa, I. T. (n.d.). Peran Mediasi Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Lokal pada Wanita Urban The Role of Brand Image Mediation on Purchase Decisions for Local Brand Cosmetics in Urban Women. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 4(1), 106–116. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i1.1774

Kurniawan, R. F. F. (2020). Analysis of competition structures and monopolystic market system. 10.

Kurniawati, N. I., Pemasaran, M., & Vokasi, S. (2020). Analisis pengaruh word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik makeover kota semarang. FORUM EKONOMI, 22(2), 286–295. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Mochamad Zein, R., & M Subur Drajat. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Memasarkan Produk Perhiasan. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(1), 85. https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i1.326

Nandra, R. A. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Ms Glow (Studi pada Followers Instagram @msglow_dee). 3.

Putri Nugraha, J., Al, D., Gairah Sinulingga, S., Rojiati, U., Gazi Saloom, Mk., Rosmawati, Ms., Fathihani, Ms., Mail Hilian Batin, M., Widya Jati Lestari, M., Khatimah, H., & Maria Fatima Beribe, C. B. (2021). PERILAKU PERILAKU KONSUMEN T E O R I.

Province, J., Triani, F. K., & Yuningsih, A. (2017). Grooming Protokoler dalam Pencitraan Sekretariat Daerah ProvinsiJawa Barat Groomin Protocol Officers in The Image of The Secretariat of West. 2, 484. http://elib.unikom.ac.id

Rezeky, R., & Toruan, M. L. (2018). PROSES IMPLEMENTASI WORD OF MOUTH DALAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LA PERLA PLAZA SENAYAN. 1, 156.

Rizky Dian Insani. (2024). PENGARUH REVIEW PELANGGAN DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOPEE DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Shopee Di Kota Semarang). 14.

Salsabilla, N., & Handayani, T. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DI SOSIAL MEDIA TIKTOK. 7(2), 1761.

Salsabila Noviani, & Maman Suherman. (2023). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi PT Suplai Pangan Indonesia. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(2), 984–991. https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.9434

Saputra, H. (2019). ANALISA KEPATUHAN PAJAK DENGAN PENDEKATAN TEORI PERILAKU TERENCANA (THEORY OF PLANNED BEHAVIOR) (TERHADAP WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI PROVINSI DKI JAKARTA). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 47. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.2320

Sari, E. (2022). PENGARUH PROMOSI GRATIS ONGKOS KIRIM, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN). 1–30.

Shyfa Mourizka, Bisnis, A., Komunikasi, F., & Bisnis. (2020). THE INFLUENCE OF BTS KPOP AS BRAND AMBASSADOR ONPURCHASE DECISION IN TOKOPEDIA. 7, 3616.

Vena Yolandita Putri, & Maman Chatamallah. (2023). Pengaruh BLACKPINK sebagai brand ambassador Tokopedia terhadap Keputusan Pembelian pada Pengikut Twitter @blinkmf. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 3, 133–138. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2759

E. Ilyas, “Analisis Media Monitoring terhadap Brand Sari Roti pada Bulan Maret-April 2024,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3747.

R. R. Dewi and O. Kurniadi, “Komunikasi Keluarga dalam Keluarga dengan Orang Tua Entrepreneur,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 57–64, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3827.

Farley Rafa Aurellia, Hanny Hafiar, and C. C. Priyatna, “Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 149–160, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3210.

Published
2024-08-05