Analisis Komunikasi Sosial Program “Eco Forestry Green Tourism” dalam Membangun Citra

  • Meissya Kharisma Sukma Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Neni Yulianita Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Citra Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Stakeholder

Abstract

Abstract. Corporate Social Responsibility (CSR) is a social and environmental responsibility for companies in the form of their commitment to help advance the community's economy. With two-way communication, namely the messenger and the recipient of the message with good language and easy to understand, which is used by the company as a bridge to establish relationships with the public. The development of Corporate Social Responsibility (CSR) is not only in one particular company, but has been done by all companies in building an image. One of them is the Bio Farma company which implements Corporate Social Responsibility in a program, namely Eco Forestry Green Tourism. It is hoped that the result of this research is that Bio Farma is able to run a program to build the company's image while making the community empowered and independent. Therefore, the researcher believes that these problems and phenomena are important and interesting to study. The researcher is interested in writing this research, about how the implementation of social communication towards the program and how the company can manage the program and provide solutions to the challenges faced when running the program and why this program is a social and environmental responsibility program. This research uses a constructivism paradigm using qualitative research methods and a case study approach. Researchers used Corporate Social Responsibility theory and Stakeholder theory to examine the findings. The results of this study show that the Bio Farma company can carry out CSR activities by monitoring, fgd, and even evaluation. The Eco Forestry Green Tourism program can realize Bio Farma's commitment to empowering the community for the potential of the community. In the concept of edu-tourism, education is carried out related to animal husbandry, agriculture, and plantations. By managing this tourism, it helps build community awareness, helps increase new jobs, creates good relationships between stakeholders, helps minimize the occurrence of miss communication between the community and stakeholders.

Abstrak. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggung jawab sosial dan lingkungan bagi perusahaan dalam wujud komitmennya untuk membantu memajukan ekonomi masyarakat. Dengan komunikasi dua arah yaitu pemberi pesan dan penerima pesan dengan bahasa yang baik dan mudah dipahami, yang dijadikan perusahaan sebagai jembatan untuk menjalin hubungan dengan publik. Perkembangan Corporate Social Responsibility (CSR) bukan hanya disuatu perusahaan tertentu saja, namun sudah dilakukan oleh seluruh perusahaan dalam membangun citra. Salah satunya perusahaan Bio Farma yang menerapkan Corporate Social Responsibility pada sebuah program yaitu Eco Forestry Green Tourism. Diharapkan hasil dari penelitian ini yaitu Bio Farma mampu menjalankan program untuk membangun citra perusahaan  sekaligus membuat masyarakat menjadi berdaya dan mandiri. Maka dari itu peneliti berpendapat bahwa masalah dan fenomena tersebut dirasa penting dan menarik untuk diteliti. Peneliti tertarik untuk menulis penelitian ini, tentang bagaimana implementasi komunikasi sosial terhadap program serta bagaimana perusahaan dapat mengelola program dan memberikan solusi terhadap tantangan yang dihadapi saat menjankan program serta mengapa program ini menjadi program tanggung jawab sosial dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan menggunakan metode penelitian kualitatif  dan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teori Corporate Social Responsibility dan teori Stakeholder untuk mengkaji hasil temuan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa perusahaan Bio Farma dapat menjalankan kegiatan CSR dengan melakukan monitoring, fgd, bahkan evaluasi. Program Eco Forestry Green Tourism ini dapat mewujudkan komitmen perusahaan Bio Farma yang memberdayakan masyarakat atas potensi yang dimiliki masyarakat. Dalam konsep edu wisata yang dilakukan yaitu edukasi terkait budidaya pertenakan, pertanian, dan perkebunan. Dengan mengelola wisata ini membantu dalam membangun kesadaran masyarakat, membantu meningkatkan lapangan pekerjaan baru, menciptakan hubungan yang baik antar stakeholder, membantu meminimalisir terjadinya miss communication antara masyarakat dan stakeholder.

References

Sudarsana. Madyamulyono, Masyarakat, And J. S. Vol, “Tinjauan Teoritis Tentang Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Theoritical Review Of Implementation On Corporate Social Responsibility Sudarsana Program Studi Sosiologi Fisip Uns Pendahuluan Kegiatan Bisnis Perusahaan , Utamanya Perusahaan Yang B,” Vol. 2, No. 1, Pp. 83–104, 2018.

N. Yulianita, “"Corporate Social Responsibility” (CSR) Sebagai Aktivitas “Social Marketing Public Relations",” Mediat. J. Komun., Vol. 9, No. 1, Pp. 123–134, 2008, Doi: 10.29313/Mediator.V9i1.1145.

Thomas S. Kaihatu, “Good Corporate Governance Dan Penerapannya Di Indonesia ,” J. Manaj. Dan Kewirausahaan, Vol. 8, No. 1, P. Pp.1-9, 2006, [Online]. Available: Http://Puslit2.Petra.Ac.Id/Ejournal/Index.Php/Man/Article/View/16505

T. R. Marnelly, “Tinjauan Teori Dan Praktek Di Indonesia,” J. Apl. Bisnis, Vol. 3, No. 1, Pp. 49–59, 2012.

A. R. Pranoto And D. Yusuf, “Program CSR Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Ekonomi Pasca Tambang Di Desa Sarij Aya,” J. Ilmu Sos. Dan Ilmu Polit., Vol. 18, No. 1, P. 39, 2016, Doi: 10.22146/Jsp.13094.

Rokhamah Et Al., Metode Penelitian Kualitatif Teori, Metode, Dan Praktik, Vol. 7, No. 2. 2024.

G. R. Somantri, “Memahami Metode Kualitatif,” Makara Hum. Behav. Stud. Asia, Vol. 9, No. 2, P. 57, 2005, Doi: 10.7454/Mssh.V9i2.122.

I. P. Amadea and R. Hernawati, “Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 69–76, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.2049.

A. Iskandar, M. Ryanto, and T. Patrianti, “Strategi Digital Public Relations PT MAP Boga dalam Industri FnB,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3302.

T. P. Dzahabiyyah, T. Nur, and A. Noviar, “Beauty Standard dalam Komunitas : Sudut Pandang Remaja Berniqab dalam Memandang Body Goals,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 23–30, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3761.

Published
2024-08-03