Pemanfaatan Konten Instagram sebagai Media Informasi Masyarakat

  • Muhammad Dhirgham Gama Sudjatnika Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Raditya Pratama Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Media Sosial, Komunikasi Digital, Pelayanan

Abstract

Abstract. The developments in this era certainly also influence the growth of the media. One of them is social media. Social media functions as a need to obtain information for the community. One of the most widely used social media is Instagram. The uses and features available on Instagram make Instagram one of the platforms that is widely used by the public, to the point where government agencies utilize the capabilities of social media, especially Instagram, as a medium for disseminating information to the public, and one example is the Bandung City Agriculture and Food Security Service. Instagram was chosen as one of the social media that is actively used by the Bandung City Food Security and Agriculture Service with the account name @bdg.pangan. Instagram is used to utilize media to disseminate information to the public which is focused on animal health services. This research aims to determine the management of information content, content packaging and the style of messages conveyed regarding animal health services on social media and to find out how the Bandung City Food Security and Agriculture Service utilizes Instagram social media to disseminate information packaged through content and then managed with the aim of get high community engagement. The method used in this research is qualitative with a case study approach. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The theory used in this research is The Circular Model Of Some according to Regina Luttrell. Based on the results of this research, the conclusions of this research show that social media, especially Instagram, is an effective tool for conveying information in the digital era. Good content management is very important to achieve the goal of effective information dissemination. In the context of this research, the Bandung City DKPP has used Instagram to disseminate information about animal health services.

Abstrak. Perkembangan zaman pada era ini tentu juga mempengaruhi pertumbuhan media. Salah satunya adalah media sosial. Media sosial berfungsi sebagai kebutuhan untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan adalah Instagram. Kegunaan dan fitur yang tersedia pada Instagrammenjadikan Instagram salah satu platform yang banyak digunakan oleh masyarakat, hingga instansi pemerintahan memanfaatkan kemampuan media sosial khususnya Instagram sebagai media penyebaran informasi kepada publik, dan salah satu contohnya pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung. Instagram dipilih menjadi salah satu media sosial yang aktif digunakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung dengan nama akun @bdg.pangan, Instagram tersebut digunakan dalam pemanfaatan media untuk penyebaran informasi kepada masyarakat yang difokuskan mengenai pelayanan kesehatan hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan konten informasi, pengemasan konten dan gaya pesan yang disampaikan mengenai pelayanan kesehatan hewan di media sosial serta mencari tahu bagaimana Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung memanfaatkan media sosial Instagram sebagai penyebaran informasi yang dikemas melalui konten lalu dikelola dengan tujuan untuk mendapatkan engagement masyarakat yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun penggunaan teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu The Circular Model Of Some menurut Regina Luttrell. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial, terutama Instagram, adalah alat yang efektif untuk menyampaikan informasi di era digital. Pengelolaan konten yang baik sangat penting untuk mencapai tujuan penyebaran informasi yang efektif. Dalam konteks penelitian ini, DKPP Kota Bandung telah menggunakan Instagram untuk menyebarkan informasi tentang pelayanan kesehatan hewan.

References

Dharmalau, A., Nurlaela, L., & Hartono, M. (2020). Perancangan Sistem Informasi Paguyuban Alumni STMIK Swadharma Berbasis Web. Syntax Idea, 33.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial (perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

T. K. Tanditha, A. Sani, and H. Hafiar, “Destination Branding Desa Wisata Alamendah Melalui Media Sosial Instagram A R T I C L E I N F O,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 7–14, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3679.

D. A. Ghifari and Zulfebriges, “Pemanfaatan Konten Kuliner sebagai Promosi UMKM pada Platform Media Informasi,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 133–140, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3127.

F. E. Nur and N. Yulianti, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Konstruksi Kesan Positif tentang Protokoler Unisba,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 95–100, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3015.

Published
2024-08-02