Analisis Program Z-Talks sebagai Program Unggulan Jabar Bergerak Zillenial
Abstract
Abstract. Non-governmental organizations are located in a competitive session due to the rapid growth and development, both in terms of number and diversity of roles. Jabar Bergerak Zillenial is one of the NGOs that accommodates young people in West Java to collaborate in various actions in the fields of humanity and education. MPR strategies can contribute to organizational goals and image building. Based on this, the researcher intends to find out the implementation of marketing public relations strategies carried out by Jabar Bergerak Zillenial through the Z-talks program. This research uses a qualitative method with a case study approach, and data collection techniques are carried out by observation, interviews and documentation. The results of this study are MPR Strategy Planning carried out is to identify problems and opportunities, determine targets, limits and forms of strategy. The implementation process includes communication management, determining publication strategies, and ends with evaluation every three months.
Abstrak. Non-govermental Organization terletak pada sesi kompetitif yang disebabkan adanya pertumbuhan dan perkembangan yang kian semakin pesat, baik dari sisi jumlah maupun keberagaman peran. Jabar Bergerak Zillenial merupakan salah satu NGO yang mewadahi anak muda Jawa Barat untuk berkolaborasi dalam berbagai aksi di bidang kemanusiaan dan Pendidikan. Strategi MPR dapat berkontribusi terhadap tujuan dan pembentukan citra organisasi. Berdasarkan hal tersebut peneliti bermaksud untuk mengetahui implementasi strategi marketing public relations yang dilakukan Jabar Bergerak Zillenial melalui program Z-talks. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Perencanaan Strategi MPR yang dilakukan adalah mengidentifikasi masalah dan peluang, menentukan target, batasan serta bentuk strategi. Proses Pelaksanaan meliputi pengelolaan komunikasi, menentukan strategi publikasi, serta diakhiri dengan Pengevaluasian setiap tiga bulan sekali.
References
Kotler P. Manajemen Pemasaran [Internet]. Jakarta: Indeks; 2005. Available from: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=618936
Andreasen, Kotler, 1995, Strategi Pemasaran Untuk Organisasi Nirlaba Edisi Ketiga, Cetakan ke-1. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Aslamiah, S. B. A., Koto, I., & Winarni, E. W. (2022). Analisis Butir Soal Ditinjau Dari Unsur Dimensi Pengetahuan Dan Jenjang Kognitif Soal Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020 dan 2020/2021 Mata Pelajaran IPA SDN 04 Kecamatan Pendopo. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 1(2), 121-129.
Jawiyah, I. N., Fahmi, M. H. (2017). Manajemen Public Relations PT. Lativi Media Karya (tvOne) Melalui Program Acara One Pride MMA. Seminar Penelitian Sivitas Akademia Unisba (SPESIA).
Nastiti, N. A., & Supranata, I. K. G. (2020). Strategy Marketing Public Relations Glad Coffee Dalam Meningkatkan Brand Awareness. PANTAREI, 4(02).
Ruslan, R. (2006). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Yulianita, N. (2022). Strategi Marketing Public Relations Financial Planner dalam Menghadapi Krisis di Masa Pandemi. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(1), 105–113.
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Barat. 2022. “Data lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tahun 2017 s.d 2022 : https://opendata.jabarprov.go.id
A. H. Zuhdi and T. M. Umar, “Hubungan antara Citra Merek Universitas Al-Azhar Mesir dengan Minat Santri Melanjutkan Studi,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 31–38, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3764.
E. Ilyas, “Analisis Media Monitoring terhadap Brand Sari Roti pada Bulan Maret-April 2024,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3747.
Pedro Bautista and Ririh Dwiantari, “Marketing Public Relations dalam Program CSR Kiyopi Kopi melalui Media Sosial,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 77–84, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.2332.