Penggunaan Instagram sebagai Media Informasi Pengelolaan Sampah Organik Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung
Abstract
Abstract. The Bandung City Food and Agriculture Security Service is an institution that specifically implements all programs related to food and agricultural defense in the City of Bandung. This Instagram provides a forum for information and education related to organik waste management as a change for the community environment and especially information on the Organik Tower Garden. The aim of this research is to find out the reasons for using Instagram as an information medium related to organik waste management, the strategies used, the planning process and content creation produced by the Instagram account of the Bandung City Food Security and Agriculture Service. This research also uses Chris Heuer's 4C theory, namely, Contect, Communication, Collaboration and Connection. This research uses a qualitative method with a case study approach. The research subjects were determined based on purposive sampling, namely, the Head of the Bandung City Food Security and Agriculture Service, the Social Media Team, and the audience from the @bdg.pangan account. The results of this research reveal that Instagram social media plays an important role in providing information to the public, the Bandung City Food Security and Agriculture Service uses Instagram to carry out innovations such as turning organik waste into compost for use, the Bandung City Food Security and Agriculture Service has succeeded in using effective strategies in disseminate information on organik waste management via Instagram with a consistent and creative approach. By planning creative content, DKPP takes several steps in the content creation process, so that the creation process is maximized and of course varied.
Abstrak. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung merupakan suatu Lembaga yang khususnya melaksanakan seluruh program terkait pertahanan pangan dan pertanian di Kota Bandung. Instagram ini memberikan wadah untuk informasi dan edukasi terkait Pengelolaan sampah organik sebagai salah satu perubahan bagi lingkungan Masyarakat dan terutama pada informasi Organik Tower Garden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan penggunaan Instagram sebagai media informasi terkait pengelolaan sampah organik, strategi yang digunakan, proses perencanaan dan pembuatan konten yang dihasilkan oleh akun Instagram Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung. Penelinian ini juga menggunakan teori Teori Chris Heuer 4C yaitu, Contect, Commmunication, Collaboration dan Connection . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan purposif sampling yakni, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Tim Media Sosial, dan Audiens dari akun @bdg.pangan. Hasil penelitian ini yaitu mengungkapkan bahwa media sosial Instagram berperan penting dalam memberikan informasi kepada Masyarakat, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung memanfaatkan Instagram untuk melakukan inovasi seperti mengubah sampah organik menjadi kompos untuk dimanfaatkan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung berhasil menggunakan strategi efektif dalam menyebarkan informasi pengelolaan sampah organik melalui Instagram dengan pendekatan yang konsisten dan kreatif. Dengan merencanakan konten yang kreatif DKPP membuat beberapa langkah dalam proses pembuatan konten, sehingga saat proses pembuatan menjadi lebih maksimal dan tentunya bervariasi.
References
Chaerowati, D. L. dan Ibrahim, I. S. (2019). Utilization of information technology for sustainable rural development. Journal of Physics: Conference Series, 1375 (2019) 012058: 1-6.
Fajar, S. N. dan Chaerowati, D. L. (2022). Kesadaran Lingkungan dalam Perubahan Iklim. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi (JRMK). Volume 1, No. 2, Desember 2021.
Mahyudin, R. P. (n.d.). STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH BERKELANJUTAN. Neliti, 33.
Setiadi, A. (2016). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI. Universitas Bina Sarana Informatika, 1.
Wahyudin, U. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM MEMBANGUN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP LINGKUNGAN . Common, 132.
T. K. Tanditha, A. Sani, and H. Hafiar, “Destination Branding Desa Wisata Alamendah Melalui Media Sosial Instagram A R T I C L E I N F O,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 7–14, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3679.
Agung Setiawan and Maman Suherman, “Implementasi CSR PT X dalam Membangun Ketahanan Pakan Ternak,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 33–40, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.1955.
F. E. Nur and N. Yulianti, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Konstruksi Kesan Positif tentang Protokoler Unisba,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 95–100, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3015.