Peran Media Sosial dalam Pemasaran Bisnis Cafe
Abstract
Abstract. Social media for socializing with each other, conducted online, allowing humans to interact without being limited by space and time. Instagram is one of the most popular social media platforms, besides being used for interaction and self-expression, it is also often utilized as a promotional tool for entrepreneurs, such as the owner of Café Teraffee.The aim of this research is to explore aspects related to the utilization of Instagram social media as a promotional tool for Café Teraffee. As mentioned by Kotler & Keller (2012), marketing strategies can be categorized into three commonly known terms: STP (Segmentation, Targeting, Positioning).This research is a qualitative descriptive study using a case study approach by selecting Café teraffeeas the research object. Data collection for this research is obtained through interviews, observations, documentation, along with informants such as owners, employees, customers, and followers of Café Teraffee.The findings of this research conclude that Instagram social media greatly aids entrepreneurs in promoting their businesses, reaching a wider audience for Café teraffeedue to the online promotion efforts.
Abstrak. Social media yang sering digunakan untuk bersosialisasi satu sama lain dengan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Instagram menjadi salah satu social media yang sangat populer, selain digunakan untuk berinteraksi dan mengekspresikan diri, Instagram juga sering dimanfaatkan sebagai media promosi bagi para pengusaha, seperti yang dilakukan pemilik caféteraffee.Tujuan penelitian ini supaya mengungkapkan hal-hal yang bersangkutan pada upaya pemanfaatan social media Instagram menjadi media promosi untuk café teraffee. Sebagaimana menurut (Kotler & Killer, 2012) jika strategi pemasaran bisa diperhatikan oleh tiga strategi yang umum disebut istilah STP ( Segmentation, Targeting, Positioning ).Penelitian ini termasuk penelitian deskriftif kualitatif melalui pendekatan studi kasus melalui memilih obyek penelitian termasuk Café teraffee. Pengmpulan data pada penelitian ini di proleh lewat wawancara, pengamatan, dokumentasi bersama informan-informan seperti pemilik, karyawan, pembeli, serta followersCafe teraffeeHasil penelitian ini menyimpulkan social media Instagram sangt membantu para pengusaha dalam mempromosikan usaha, menjangkau lebih banyak pengunjung pada café teraffeedikarenakan promosi online yang dilakukan.
References
Alo, L. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Boyd, D., & Ellison, N. (2008). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13, 210-230
Lestiana, N. (2016). Aktifitas Promosi Kuliner Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Mengenai Aktifitas Promosi Kuliner pada Akun Instagram@kulinerdisolo di Kota Solo). Surakarta: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA.
E. Ilyas, “Analisis Media Monitoring terhadap Brand Sari Roti pada Bulan Maret-April 2024,” Jurnal Riset Public Relations, vol. 4, no. 1, pp. 15–22, 2024, doi: 10.29313/jrpr.v4i1.3747.
I. P. Amadea and R. Hernawati, “Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 69–76, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.2049.
Adinda Sabilla and Mohamad Subur Drajat, “Hubungan Celebrity Endorser dengan Keputusan Pembelian Halosnap.Id di Media Sosial Instagram,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 61–68, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.2024.