Peristiwa Komunikasi Budaya Alone Together di Kalangan Remaja Kota Bandung

  • Monica Putri Damayanti Public Relations
  • Indri Rachmawati
Keywords: Budaya Alone Together, Phubbing, peristiwa komunikasi

Abstract

Abstract. The Alone Together culture depicts the phenomenon where individuals constantly feel digitally connected, but at the same time, feel isolated and lonely in the real world. This research aims to identify the communication events that contribute to the formation of this culture. Some identified communication events include the phenomenon of "phubbing" where individuals pay more attention to their phones than engaging in direct interpersonal interactions, and the social comparison and FOMO triggered by social media. The convenience of digital communication also leads to a lack of face-to-face interactions, while the design and addictive nature of digital platforms reinforce the intentional disregard for offline interactions. Understanding these communication events is important in creating a healthier and more sustainable environment for individuals in society.

Abstrak. Budaya Alone Together merupakan fenomena di mana individu merasa terhubung secara digital, namun merasa terisolasi dan kesepian di dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peristiwa komunikasi yang mempengaruhi terbentuknya budaya ini. Beberapa peristiwa komunikasi yang diidentifikasi meliputi fenomena "phubbing" di mana individu lebih memperhatikan ponselnya daripada interaksi dengan orang lain secara langsung, serta perbandingan sosial dan FOMO yang terpicu oleh media sosial. Kemudahan komunikasi digital juga menyebabkan kurangnya interaksi tatap muka, sementara desain dan sifat adiktif platform digital memperkuat perasaan disengaja dari interaksi dunia nyata. Memahami peristiwa komunikasi tersebut penting untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan bagi individu dalam masyarakat.



References

Turkle, S. (2011). Alone Together: Why We Expect More from Technology and Less from Each Other. Basic Books.

Karunia, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial: Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92-104.

Putri, N. A., Mulyati, M., & Hamiyati, H. (2020). HUBUNGAN FENOMENA ALONE TOGETHER DENGAN INTERAKSI KELUARGA. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 7(02), 144-156.

Rahmawati, A. D. (2023). FENOMENA ALOE TOGETHER DENGAN PERUBAHAN PERILAKU REMAJA DALAM KELUARGA. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 102-112.

Arifin, M. (2021). Penggunaan internet saat ini pun tidak terbatasi oleh waktu, tidak terkecuali. REMAJA SEJAHTERA REMAJA NASIONALIS, 191.

Nurfadhilah, S. N., & Rachmawati, I. (2023, August). Sentimen Fans K-Pop terhadap Kohesivitas Kelompok. In Bandung Conference Series: Communication Management (Vol. 3, No. 2, pp. 820-824).

Bilqis, G. T., & Fuady, M. E. (2023). Hubungan antara Aktivitas Instagram Alfamart Gema Budaya Balaraja dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan. Jurnal Riset Public Relations, 117–124. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3125

Farley Rafa Aurellia, Hanny Hafiar, & Priyatna, C. C. (2023). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023. Jurnal Riset Public Relations, 149–160. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3210

Putra, R. A., & Doddy Iskandar. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. JX di Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations, 141–148. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3128

Published
2024-02-12