Analisis Logo Hari Jadi Kota Bandung ke-212

Representasi “Bangkit Bersama Untuk Bandung Juara” pada Logo Ulang Tahun Kota Bandung Ke 212

  • Faisal Miftah Fadhillah Public Relations
  • Ferry Darmawan Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Bandung, Logo, Semiotika

Abstract

Abstract. In celebration of the 212th Anniversary of the City of Bandung in 2022, the Bandung City Culture and Tourism Office is holding a logo competition to celebrate the 212th Anniversary of the City of Bandung. In the design itself, the logo must have a background regarding the process of creating the logo. This use of the logo for the 212th Anniversary of the City of Bandung provides a representation of the theme raised, namely Rising Together for Bandung to be Champion. The research objectives of this study are as follows: To find out the meaning of "Rising Together for Bandung Champion" which is represented in the Object, Interpretant, Representament of the 212th Bandung City Anniversary logo. This research uses a semiotic method by analyzing the 212th Bandung City Anniversary logo which analyzes , and explains the results based on Charles Sanders Pierce's semiotic signs in the logo for the 212th Anniversary of the City of Bandung. The results in the logo for the 212th Anniversary of the City of Bandung have these elements consisting of a logogram showing the silhouette of a bird that forms the writing 212, then in Bandung City logotype, and finally the logotype tagline in the form of Rise Together for Bandung Champion. The use of the colors of this logo refers directly to the use of the colors of the Bandung City symbol. In conclusion, in object terms, the meaning of rising together for Bandung to become champions is depicted through a bird symbol that gives hope, on Bandung's 212th anniversary. Interpretantly, in this case, the designation of the fowl animal that is identified with the city of Bandung is the kutilang bird or manuk cangkurileung. In this case, representation can provide a spirit of trust in the city of Bandung, which will resolve the problem of the Covid-19 pandemic that has befallen Bandung since 2020, and give the impression of a success that can be achieved and realized. 

Abstrak. Dalam perayaan Hari Jadi Kota Bandung yang ke-212 pada tahun 2022 ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung melakukan sebuah sayembara logo untuk perayaan Hari Jadi Kota Bandung ke 212. Dalam desain sendiri logo harus memiliki latar belakang tentang proses terciptanya logo. Hal ini penggunaan logo Hari Jadi Kota Bandung yang ke 212 memberikan sebuah representasi atas tema yang diangkat yaitu Bangkit Bersama untuk Bandung Juara. Tujuan penelitian pada penelitian ini sebagai berikut : Untuk mengetahui makna “Bangkit Bersama Untuk Bandung Juara” yang direpresentasikan dalam Object, Interpretant, Representament logo Hari Jadi Kota Bandung ke 212. Penelitian ini menggunakan metode semiotika dengan menganalisis logo Hari Jadi Kota Bandung ke 212 yang menganalisis, dan memaparkan hasilnya berdasarkan dari tanda secara semiotika Charles Sanders Pierce dalam logo Hari Jadi Kota Bandung ke 212. Hasilnya dalam logo Hari Jadi Kota Bandung ke 212 memiliki unsur-unsur tersebut terdiri atas Logogram yang menujukan siluet dari burung yang membentuk tulisan 212, lalu pada Logotype Kota Bandung, dan yang terakhir Logotype tagline yang berupa Bangkit Bersama Untuk Bandung Juara. Penggunaan warna logo ini merujuk langsung kepada penggunaan warna lambang Kota Bandung. Kesimpulannya secara Object makna bangkit Bersama untuk Bandung juara tersebut digambarkan melalui sebuah simbol burung yang memberikan sebuah harapan, pada ulang tahun Bandung yang ke 212. Secara interpretant dalam hal ini penunjukan hewan unggas yang di identik dengan Kota Bandung adalah burung kutilang atau manuk cangkurileung. Secara Representament dalam hal ini bisa memberikan sebuah semangat kepercayaan kepada Kota Bandung, yang akan menuntaskan masalah tentang masalah pamdemi covid 19 yang sudah menimpa Bandung sejak tahun 2020, dan memberikan kesan sebuah kejayaan yang bisa tercapai dan terwujud.

References

Bilqis, G. T., & Fuady, M. E. (2023). Hubungan antara Aktivitas Instagram Alfamart Gema Budaya Balaraja dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan. Jurnal Riset Public Relations, 117–124. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3125

Fitria, Y., & Darmanto, R. V. (2023). Analisis Visual Perubahan Tipografi pada Logotype Telkomsel. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 806–816.

Idrus, M. S., & Priyono. (2014). Penelitian Kualitatif Di Manajemen & Bisnis.

Jayanegara, I. N. (2017). Semiotika Visual Logo RSU.Surya Husadha Denpasar. Jurnal Bahasa Rupa, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v1i1.138

Listya, A., & Dawami, A. K. (2018). Perancangan Logo Organisasi Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Difabel (FKMPD) Klaten. Jurnal Desain, 5(02), 61. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i02.2195

Oei, Y. W., Wibowo, & Aryanto, H. (2015). Pengaruh Perubahan Logo PT. Dua Kelinci Terhadap Persepsi Target Audience Di Surabaya. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1(2), 1–17.

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429

Pedro Bautista, & Ririh Dwiantari. (2023). Marketing Public Relations dalam Program CSR Kiyopi Kopi melalui Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations, 77–84. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.2332

Prasetyo, F. A. (2019). Bandung dan Pemaknaan Dago dalam Sejarah: Masa Lalu, Masa Kini. Lembaran Sejarah, 15(1), 64–90. https://doi.org/10.22146/lembaran-sejarah.59525

Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. Rosda.

Susanti, D. (2019). IMPLEMANTASI KEBIJAKAN PELESTARIAN SENI TRADISIONAL (Studi Kasus di Dinas Kebudyaan dan Pariwisata Kota Bandung). SOSPOL: JURNAL SOSIAL DAN POLITIK, XXIV.

Syifa, S., & Setiawan, E. (2023). Pengaruh Promosi Produk Halal terhadap Minat Beli Konsumen. In Journal Perspectives in Communication (Vol. 1, Issue 1). https://journal.sbpublisher.com/index.php/person

Sylvia, N., & Mandra Pradipta, D. B. (2019). IDENTITAS KOTA BANDUNG PADA BATIK KOMAR BERDASARKAN TEORI KEVIN LYNCH. JURNAL NARADA ISSN, 6(2), 285–294.

Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta ISKI, 3(01), 67–74. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i01.57

Wibowo, I. S. W. (2013). SEMIOTIKA KOMUNIKASI Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi (Vol. 2).

Zharandont, P. (2015). PENGARUH WARNA BAGI SUATU PRODUK DAN PSIKOLOGIS MANUSIA. 0(1).

Published
2024-02-12