Studi Etnografi Virtual mengenai Fanatisme Fandom NCTzen di Sosial Media Twitter

  • Salma Zahra Zakiyah Ilmu Komunikasi
  • Mochammad Rochim Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Etnografi Virtual, Penggemar K-pop, Fanatisme

Abstract

Abstract. This study examines the social use of Twitter media as an interaction medium between K-Pop fans that triggers fanatic behavior in certain objects. Aggressive fan behavior backfired by fanaticism, his often leads to quarrels and fights, and fanaticism is also seen as an amplification of group behavior leading to aggressive behavior. The purpose of this study was to find out how the relationship of fanaticism among K-Pop fans, especially NCTzen (NCT fandom). This study used the qualitative research method of Virtual Ethnography. The subject of the study was K-Pop fans who used Twitter social media in their daily lives and interacted actively with other NCT fans. The theories used are fanaticism, social media and virtual ethnography. The research aims to find out if there is a connection to Twitter's social media influences with fanaticism occurring in K-Pop fans. The results of this study suggest that at the level of media cyber analysis, there is an interaction in NCT fans that leads to fanaticism. Also, twitter became a medium to express its fanfare to NCT.

Abstrak. Penelitian ini membahas penggunaan sosial media Twitter sebagai media interaksi antar penggemar K-Pop yang memicu adanya perilaku fanatisme pada objek tertentu. perilaku penggemar yang agresif dilatarbelakangi oleh fanatisme. Hal ini sering menimbulkan pertengkaran dan perkelahian, dan fanatisme juga dipandang sebagai penguat perilaku kelompok yang mengarah pada perilaku agresif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan perilaku fanatisme di antara penggemar K-Pop, khususnya NCTzen (fandom NCT). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif Etnografi Virtual. Subjek pada penelitian ini adalah penggemar K-Pop yang menggunakan sosial media Twitter dalam kesehariannya dan berinteraksi aktif dengan sesama penggemar NCT lainnya. Teori yang digunakan adalah teori fanatisme, sosial media dan etnografi virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh hubungan pada sosial media Twitter dengan fanatisme yang terjadi di lingkungan penggemar K-Pop. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada level analisis siber media, adanya interaksi pada penggemar NCT yang mengarah pada fanatisme. Juga twitter menjadi media untuk mengekspresikan kegemarannya pada NCT.

 

References

Agoestin, M. A. (2019). “Motif followers dalam mengakses @collegemenfess di media sosial Twitter.” Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Andreas M. & Michael Haenlein (2010) "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons.

Ancok, D., & Suroso, F. N. (2011). Psikologi Islam: Solusi Islam atas problem-problem psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI.

Nasrullah, Rulli. (2017). Etnografi Virtual Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosio Teknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Supelli, K. (2011). Dari kosmologi ke dialog: Mengenal batas pengetahuan, menentang fanatisme. Bandung: Mizan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Yulianto, R. T. (2020). “Dakwah Digital: Studi Etnografi Virtual Akun Instagram @Edhnx.” Skripsi. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri.

Zahid, Kharisma. Rochim, Mochammad. (2019). “Hubungan Fanatisme Fanbase K-POP dengan Ujaran Kebencian di Media Sosial.” Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Bilqis, G. T., & Fuady, M. E. (2023). Hubungan antara Aktivitas Instagram Alfamart Gema Budaya Balaraja dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan. Jurnal Riset Public Relations, 117–124. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3125

Pedro Bautista, & Ririh Dwiantari. (2023). Marketing Public Relations dalam Program CSR Kiyopi Kopi melalui Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations, 77–84. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.2332

Putra, R. A., & Doddy Iskandar. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. JX di Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations, 141–148. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3128

Published
2024-02-07