Pemanfaatan Key Opinion Leader dalam Promosi Cupola.id
Abstract
Abstract. In the modern era like today, it is very important to do marketing, to do marketing there are many ways that can be done. One of the things that is currently busy is through a key opinion leader or commonly called KOL. Through KOL, it can also increase the closeness between companies and consumers in order to establish long-term relationships. In this case, the function and role of a PR or Public Relations is needed, because PR will be a bridge for companies and external parties, both consumers and KOLs. The role of PR and the use of KOL as a means of promotion has been widely carried out by various coffee shops, one of which is Cupola.id which is one of the coffe shops that has been established for a long time, namely since 2018 and can be called a pioneeer coffee shop in the city of Bandung. This study aims to determine Utilization of Social Media Key Opinion Leaders in Cupola.id Promotion. In this study, researchers used the theory of communication between persons. This type of research uses qualitative methods with case studies as a research approach, because researchers want to dig deeply, especially about the use of Key Opinion Leaders by Public Relations by utilizing Instagram social media. Data collection techniques are carried out in three ways, namely observation, interviews and written sources. Data reduction, data presentation, and data verification are used to perform data analysis techniques. To test the validity of the data in this study, a triangulation test was carried out. The object of research in this study is Public Relations and Head of Marketing from last Cupola.id for supporting speakers, namely three people who are Key Opinion Leaders. The results of this study show the use of social media as the main means of disseminating information and managing communication.
Abstrak. Di era modern seperti sekarang ini penting sekali melakukan pemasaran, untuk melakukannpemasaran banyak sekali cara yang dapat dilakukan. Salah satu yang sedang ramai adalah melalui key opinion leader atau biasa disebut KOL. Melalui KOL juga dapat meningkatkan kedekatan antara perusahaan dan konsumen agar dapat menjalin relasi jangka panjang. Dalam hal ini dibutuhkanlah fungsi serta peran seorang PR atau Public Relations, karena PR lah yang akan menjadi jembatan bagi perusahaan dan pihak eksternal baik itu konsumen maupun KOL. Peran PR dan pemanfaatan KOL sebagai sarana promosi telah banyak dilakukan oleh berbagai coffee shop, salah satunya adalah Cupola.id yang merupakan salah satu coffe shop yang telah berdiri lama yaitu sejak 2018 dan bisa disebut sebagai pioneeer coffee shop di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Key Opinion Leader Dalam Promosi Cupola.id. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori komunikasi antarpersona. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus sebagai pendekatan penelitian, karena peneliti ingin menggali secara mendalam khususnya mengenai pemanfaatan Key Opinion Leader oleh Public Relations dengan memanfaatan media sosial Instagram. Teknik pengumpulan data diakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan sumber tertulis. Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data digunakan untuk melakukan teknik analisis data. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan uji triangulasi. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu Public Relations dan Head Marketing dari Cupola.id lalu untuk narasumber pendukung yaitu tiga orang yang merupakan Key Opinion Leader. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pemanfaatan media sosial sebagai sarana utama penyebaran informasi dan pengelolaan komunikasi.
References
Firmansyah, Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media
Morissan. 2010. Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia
Uchjana effendi, Onong. 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Aditya, Wahyu Rizky. 2017. “Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Pada Event Tupperware Home Party Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen PT. Riau Cahaya Utami di Kota Pekanbaru)”, dalam Jurnal JOM Fisip, Volume 4 (1)
Artis. 2011. “Strategi Komunikasi Public Relations”, dalam Jurnal Sosial Budaya, Volume 8 (2)
Fauzia, Khalida Zein, dan Hadi Purnama. 2021. “Pengaruh Terpaan Pesan Digital Key Opinion Leaders Terhadap Citra Merek Perusahaan Fotografi Pernikahan Muslim Aspherica”, dalam Jurnal e-Proceeding of Management, Volume 8 (4)
Jacksen, Eko Harry Susanto, dan Nigar Pandrianto. 2021. “Analisis Key Opinion Leaders di Media Sosial dalam Membentuk Opini Khalayak”, dalam Jurnal Koneksi, Volume 5 (1)
Kuen, Fyan Andinasari. 2019. “Peranan Komunikasi Antarpribadi Terhadap Hubungan Masyarakat Di Kecamatan Tamalate Kelurahan Mangasa Kota Makassar”, dalam Jurnal Ilmiah Paranata Edu, Volume 1 (1)
Rasmikayati, Elly, Sintia Afriyanti, dan Bobby Rachmat Saefudin. 2020. “Keragaan, Potensi Dan Kendala Pada Usaha Kedai Kopi di Jatinangor (Kasus pada Belike Coffee Shop dan Balad Coffee Works)”, dalam Jurnal Agribisnis dan Teknologi Pangan, Volume 1 (1)
Safitri, Yulianne, dan Sari Ramadanty. 2019. “Strategi Kampanye Public Relations melalui Peran Key Opinion Leader di Indonesia”, dalam Jurnal Warta ISKI, Volume 2 (2)
Yona, Sri. 2006. “Penyusunan Studi Kasus”, dalam Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 10 (2)
Azizah, Nur. 2020. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Ulang Pada Vivi Jilbab Kota Jambi”, Skripsi, Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
Hanif, Fauzan. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kuantitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kopi Pulang Kota Palembang, Skripsi, Palembang: Unversitas Sriwijaya
Ibrahim, Maulana Malik. 2017. “Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya”, skripis, Malang: Universitas Islam Negeri Malang
Agung Setiawan and Maman Suherman, “Implementasi CSR PT X dalam Membangun Ketahanan Pakan Ternak,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 33–40, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.1955.
M. R. Rachmansyah and M. A. O. Palapah, “Promosi Concept Store melalui Media Sosial,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 7–14, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.1798.
N. M. Cahyani and W. A. Wiksana, “Makna Tanda Kerja Keras pada Iklan Layanan Masyarakat,” PERSON: PERSPECTIVES IN COMMUNICATION, vol. 1, no. 1, 2023.