Pengelolaan Platform Digital Penyiaran pada Urban Radio 106.3 FM

  • Astri Dwi Utari ilmu komunikasi
  • Nova Yuliati Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: platform, digital, penyiaran

Abstract

Abstract. Urban Radio 106.3 FM is one of the modern radio stations broadcasting on the frequency 106.3 FM in the city of Bandung. This research is focused on the "Management of Digital Broadcasting Platforms at Urban Radio 106.3 FM," with the main object being Urban Radio 106.3 FM. Among the aspects investigated are understanding the reasons why Urban Radio 106.3 FM decided to incorporate digital formats as a medium for digital radio broadcasting, comprehending how the management of programs and broadcast content is implemented by Urban Radio to maintain its existence in both conventional and digital media, sustaining broadcast quality in the digital broadcasting format, and understanding how Urban Radio 106.3 FM interprets the characteristics of digital broadcasting. The theory utilized is the convergence theory. This research employs a qualitative research method with a case study approach. Data collection techniques involve observation, interviews, and documentation. The results of this research show that Urban Radio 106.3 FM utilizes digital radio broadcasting platforms such as Joox and Noice. To maintain its existence, Urban Radio 106.3 FM manages its broadcast programs and content diligently. The station also enhances its human resources by conducting periodic competency tests and participating in external training to refine both hard and soft skills of its personnel. Lastly, the communication media currently used by Urban Radio 106.3 FM include Instagram, TikTok, YouTube, and Facebook.

Abstrak. Urban Radio 106.3 FM merupakan salah satu stasiun radio modern yang mengudara pada frekuensi 106.3 FM yang berada di kota Bandung.  Penelitian ini difokuskan pada Bagaimana “Pengelolaan Platfom Digital Penyiaran Pada Urban Radio 106.3 FM” yang objek utamanya adalah Urban Radio 106.3 FM. Hal yang diteliti diantaranya ialah untuk memahami alasan Urban Radio 106.3 FM memutuskan untuk menambah penggunakan format digital sebagai media penyiaran radio digital, untuk memahami bagaimana pengelolaan program dan konten siaran yang diterapkan oleh Urban Radio guna menjaga eksistensinya baik itu dalam media konvensional maupun media digital, untuk mempertahankan kualitas siaran di format penyiaran digital, dan untuk memahami bagaimana cara Urban Radio 106.3 FM memahami karakteristik penyiaran digital. Teori yang digunakan ialah teori konvergensi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini Urban Radio 106.3 FM menggunakan media penyiaran radio digital yang yaitu joox dan noice, Untuk mempertahankan eksistensinya Urban Radio 106.3 FM mengelola program siaran dan kontennya dengan sebaik mungkin, Urban Radio 106.3 FM pun mengolah sumber daya manusianya dengan cara melakukan uji kompetensi secara berkala dan mengikuti pelatihan eksternal untuk mengasah hard skill dan soft skill SDMnya, dan yang terakhir media komunikasi yang Urban Radio 106.3 FM gunakan saat ini diantaranya ialah Instagram, Tiktok, Youtube, dan juga Facebook.

 

References

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Morissan. 2015. Manajenen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi, Jakarta: Kencana Preneda Media Group.

Nielsen, N.V (2016). Radio Masih Memiliki Tempat di Hati Pendengarnya. Retrieved from https://www.nielsen.com/id/en/pressreleases/2016/radio-masihmemiliki-tempat-di-hatipendengarnya

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo

Rafii Muhammad Ris Zikrullah and Oji Kurniadi, “Telegram sebagai Media Pemasaran di Era Pandemi,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 25–32, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.1954.

Irsyad Nugraha Ritonga and Muhammad.E.Fuady, “Strategi Pengelolaan Konten Morgy Coffee,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 15–24, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.1829.

N. M. Cahyani and W. A. Wiksana, “Makna Tanda Kerja Keras pada Iklan Layanan Masyarakat,” PERSON: PERSPECTIVES IN COMMUNICATION, vol. 1, no. 1, 2023.

Published
2024-02-07