Peran Public Relations DKM Mesjid Al-Barokah dalam Meningkatkan Minat Ibadah Masyarakat Politeknik TEDC

Studi Deskriptif Pada Humas DKM Mesjid Al-Barokah

  • Raden Rendy Afilan Public Relations
  • Erik Setiawan Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Public Relations
Keywords: Peran PR, DKM Mesjid Al-Barokah, Minat Ibadah

Abstract

Abstract. The role of Public Relations (PR) of the Al-Barokah Mosque DKM TEDC Polytechnic in increasing interest in worship in the TEDC Polytechnic community is crucial because the PR DKM Al-Barokah Mosque has the task of disseminating information about mosque activities to the TEDC Polytechnic community. This research aims to determine the role of PR as an expert advisor, information bridge, problem solving facilitator, and communication technician in increasing interest in worship in the TEDC Polytechnic community. The research method used is qualitative with a descriptive study approach. By using this method, researchers want to know the role of PR as an expert advisor, information bridge, problem solving facilitator, and communication technician in increasing the interest in worship of the TEDC Polytechnic community. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The informants taken in this research were DKM Mesjid Al-Barokah, and TEDC Polytechnic Students. The research results show that PR DKM Mesjid Al-Barokah plays an active role in providing advice, direction, support and relevant information related to Islamic values to the TEDC Polytechnic community. They use a variety of communication strategies, including communication facilitation, problem solving, and the use of a variety of communication techniques such as lectures, social media, and academic collaboration. Their approach aims to facilitate increased interest in worship, overcome existing obstacles, and strengthen the importance of Islamic values in the campus environment. This strategy involves adapting to trends, constant evaluation, and focusing on understanding the audience so that the message delivered is always relevant and effective.

Abstrak. Peran Public Relations (PR) DKM Masjid Al-Barokah Politeknik TEDC dalam meningkatkan minat beribadah masyarakat Politeknik TEDC sangat penting dikarenakan PR DKM Masjid Al-Barokah memiliki tugas untuk mensosialisasikan informasi mengenai kegiatan masjid kepada masyarakat Politeknik TEDC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran PR sebagai penasihat ahli, jembatan informasi, fasilitator pemecah masalah, dan teknisi komunikasi dalam meningkatkan minat beribadah masyarakat Politeknik TEDC. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Dengan menggunakan metode tersebut, peneliti ingin mengetahui peran PR sebagai penasihat ahli, jembatan informasi, fasilitator pemecah masalah, dan teknisi komunikasi dalam meningkatkan minat beribadah masyarakat Politeknik TEDC. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah DKM Mesjid Al-Barokah, dan Mahasiswa Politeknik TEDC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PR DKM Mesjid Al-Barokah berperan aktif dalam memberikan nasihat, arahan, dukungan, dan informasi yang relevan terkait nilai-nilai Islam kepada masyarakat Politeknik TEDC. Mereka menggunakan berbagai strategi komunikasi, termasuk fasilitasi komunikasi, pemecahan masalah, dan penggunaan beragam teknik komunikasi seperti ceramah, media sosial, dan kolaborasi akademisi. Pendekatan mereka bertujuan untuk memfasilitasi peningkatan minat beribadah, mengatasi hambatan yang ada, dan memperkuat pentingnya nilai-nilai Islam di lingkungan kampus. Strategi ini melibatkan adaptasi terhadap tren, evaluasi konstan, dan fokus pada pemahaman audiens agar pesan yang disampaikan selalu relevan dan efektif

References

Dozier dan Broom. Ruslan Rusady. 2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Creswell, John W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakartta : Pustaka Pelajar

Hovland, Janis dan Kelly. 2011. Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Mulyana Deddy, Muchlis. 2001, Ilmu Kolmunikasi Suatu Pelngantar. Bandung: Relmaja Rolsdakarya

Dozier dan Broom. Ruslan Rusady. 2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Moore Frazier. 2004, Public Relations, Cetakan ke-2. Penerjemah: Lilawati Trimo, Deddy Djamaludin Malik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Dozier dan Broom. Ruslan Rusady. 2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Dozier dan Broom. Ruslan Rusady. 2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

A., Morissan M. dkk.2017. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Almira, Septika Khairunnisa dan Suharyanti. (2014). Journal Communication Spectrum, Vol. 4: Implementasi Strategi Marketing Public Relations Dalam Pengelolaan Citra Merek. Vol. 7 hlm 46-55.

Anwar Rofiq. 2015. “Peran Praktisisi Public Relations Dalam Organisasi-Organisasi Di Yogyakarta”.

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: PT Simbiosa Rekatama

Ardianto, El. 2011. Handbololk olf Public Rellatiolns. Bandung: Simbiolsa Relkatama Meldia.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Artis. 2017. “Stratelgi Kolmunikasi Public Rellatiolns. Solsial Budaya” 8(02), 184– 197.

Broom, G. M., & Dozier, D. M. (1990). Using research in public relations: applications to program management. Upper Saddle River, NJ: PrenticeHall, Inc.

Bogdan, Robert dan Steven Taylor. 1992. Pengantar Metode Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.Ardiantol,E dan Anees B.Q. 2007. Filsafat Ilmu Kolmunikasi. Bandung: Simbiolsa.

Carr, N. (July, 2009). Five reasons you should hire a PR professional. America School Board Journal

Christian. F, Christoph. L, Miriam M. 2015. "An inquiry into the transformation of the PR roles’ concept". Corporate Communications: An International Journal, Vol. 20 No. 1, pp. 76-89. https://doi.org/10.1108/CCIJ-02-2014-0013

[Elffelndy O.U. 1990. Human Rellatiolns dan Public Rellatiolns dalam Managelmelnt. Jakarta: Pelnelbar Swadaya.

Dozier, D. M. & Broom, G. M. (1986). Advancement for Public Relations Role Models. Public Relations Review. Evolution of the manager role in public relations practice. Journal of Public Relations Research 7(1), 3-26.

Dozier, D. M., Grunig, L. A., & Grunig, J. E. (1995). Manager's guide to excellence in public relations and communication management. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Dozier, D., & Broom, G. (1995). Evolution of the manager role in public relations practice. Journal of Public Relations Research, 7(1), 3-26.

Grunig, L. A., Grunig, J. E. & Dozier, D. M. 2002. Excellence in public relations and communication management: A study of communication management in three countries. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

[Jelfkins Frank. 2003. Public Rellatiolns (Eldisi Kellima). Jakarta: Pelnelrbit Elrlangga.

Mulyana Deddy, Muchlis. 2001, Ilmu Kolmunikasi Suatu Pelngantar. Bandung: Relmaja Rolsdakarya.

Mololre Frazierl Fr Fr. 2004, Public Rellatiolns, Celtakan kel-2. Pelnelrjelmah: Lilawati Trimol, Delddy Djamaludin Malik. Bandung: Relmaja Rolsdakarya

Neni Yulianita. 2003. Dasar-dasar Public Rellatiolns. Bandung: P2U

Rafiqa Maulidia. 2020. “ Peran Humas Pemertintah Sebagai Sarana Komunikasi Publik (Studi Pada Bagian Humas Dan Protokol Pemerintah Kota Bogor). Vol.14 hlm 11-16.

Ruslan Rusady. 2006. Manajelmeln Public Rellatiolns dan Meldia Kolmunikasi. Jakarta: Rajagrafindol Pelrsada.

R. Hidayat, "Interaksi: Peran Public Relations Dalam Mempengaruhi Konten Media Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 5, no. 1, pp. 90-100, Mar. 2017. https://doi.org/10.14710/interaksi.5.1.90-100

Schneider, L. A. (1985). The role of public relations in four organizational types. Journalis & Mass Communication Quarterly, 62(3), 567-594.

Sastrolpoleltro R.A.Sl. 1986. Partisipasi, Kolmunikasi, Pelrsuasi dan Displin Dalam Pelmbangunan Nasiolnal. Bandung: Alumni.

Withelringtoln H.C. 1978. Psychollolgy Elducatioln. Celtakan kel-2. Pelnelrjelmah: M. Bucholri. Jakarta: Aksara Baru.

Jamal, M., Somantri, M., & Al-Fauzi, C. (2019). Transformasi dan Optimalisasi Potensi Masjid Daerah Ujung Utara Kabupaten Tasikmalaya. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 19(2), 205-220. doi:https://doi.org/10.21580/dms.2019.192.5134

Kummerfeldt, I. J. (1975). University public relations. Journal of Advertising, 4(1), 6-10. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1080/00913367.1975.10672563

Kuswara, A.D. 2016. “Pelranan Public Rellatiolns DKM Masjid Belsar Asy Syuhada Dalam Melningkatkan Minat Ibadah Masyarakat Cikampelk”. Skripsi. Bandung: Univelrsitas Pasundan Bandung.

Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S., Toth, E., & Leuven, V. (2007). Public relations: The profession and the practice. New York: McGraw-Hill.

Nubatonis, S. I. (2015). Peran Public Relation Dalam Program Larasita Badan Pertanahan Kabupaten Timor Tengah Utara Di Kelurahan Kefa Tengah. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 62-72. https://doi.org/10.14710/interaksi.4.1.62-72

Turk, E. C. (2000). Public Relations Practitioners in Higher Education: Dominant Coalition, public relations models, and public relations roles. Doctoral dissertation).http://search.proquest.com/docview/304623866?accountid=11243. (304623866).

Warner, G. A. 1996. “The development of public relations offices at American colleges and universities [Electronic version]. Public Relations Quarterly”, 41(2), 36-40.

Whitaker. H.R. 2014. “An Examination of the Roles and Work Activities of the Public Relations Officer in Higher Education Using the Five-Factor Dimension Model”. Vol. 8 hlm 3-5.

M. A. Mahbub, R. Jayawinangun, and D. Amaliasari, “Pengaruh Citra Sekolah terhadap Keputusan Orangtua Memilih Sekolah di SDIT Zaid bin Tsabit,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 85–94, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.2482.

Pedro Bautista and Ririh Dwiantari, “Marketing Public Relations dalam Program CSR Kiyopi Kopi melalui Media Sosial,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 77–84, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.2332.

N. M. Cahyani and W. A. Wiksana, “Makna Tanda Kerja Keras pada Iklan Layanan Masyarakat,” PERSON: PERSPECTIVES IN COMMUNICATION, vol. 1, no. 1, 2023.

Published
2024-02-06