Aktivitas Bagian Social Media Specialist dalam Mengelola Konten di Media Sosial @halobandung

  • Nadya Putri Arini Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Raditya Pratama Putra
Keywords: Konten, Aktivitas, Manajemen Konten

Abstract

Abstract. Social media is one of the media that is widely used by people to exchange messages or information, interact, and is even embedded in the things that people do today. Moreover, the many easy-to-use features make social media very effective and efficient in spreading messages or information quickly. Many companies need social media specialists for their social media, one of which is the Bandung City Prokopim Section. Therefore, the problem in this research is: What are the activities of social media specialists in managing content on Instagram @halobandung. Researchers use a constructivist paradigm with qualitative research methods and a case study approach. The data collection techniques used in this research are interviews, observation and documentation. The results of this research are that the activities carried out by social media specialists help facilitate the management of the content produced, this will have an impact on the image of the Bandung City government.

Abstrak. Media sosial merupakan salah satu media yang banyak digunakan masyarakat dalam bertukar pesan atau informasi, berinteraksi, bahkan sudah melekat pada hal-hal yang dikerjakan oleh masyarakat saat ini. Terlebih lagi dengan banyaknya fitur-fitur yang mudah digunakan membuat media sosial menjadi sangat efektif dan efisian dalam penyebaran pesan atau informasi secara cepat. Banyak perusahaan yang membutuhan social media specialist untuk media sosialnya, salah satunya ialah Bagian Prokopim Kota Bandung. Oleh karena itu, permasalahan dalam penelitian ini yakni : Bagaimana aktivitas social media specialist dalam mengelola konten di Instagram @halobandung. Peneliti menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas yang dilakukan oleh social media specialist membantu mempermudah pengelolaan konten yang diproduksi, hal ini nantinya berdampak pada citra pemerintahan Kota Bandung.

References

Clampitt, P.G. (2017). Communication for Managerial Effectiveness: Challenges, Strategies, Solutions, Sixth Edition. SAGE: USA.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Onggo BJ. 2004. Cyber Public Relations. Jakarta: Elex Media Komputindo.

M. R. Rachmansyah and M. A. O. Palapah, “Promosi Concept Store melalui Media Sosial,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 7–14, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.1798.

R. A. Putra and Doddy Iskandar, “Strategi Komunikasi Pemasaran PT. JX di Media Sosial,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 141–148, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3128.

T. Mufidah, “Hubungan antara Iklim Komunikasi Organisasi dengan Motivasi Kerja Karyawan,” PERSON: PERSPECTIVES IN COMMUNICATION, vol. 1, no. 1, 2023.

Published
2024-02-06