Hubungan Kredibilitas yang Ditunjukkan Profil dengan Kebutuhan Informasi Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang

  • Agung Firdaus Ilmu Komunikasi
  • Raditya Pratama Putra Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Media Sosial, Kebutuhan Informasi, Social Information Processing

Abstract

Abstract. Social media in the digitalization era is used as a tool for information transactions, both personal and public. In contrast to conventional media such as newspapers, information conveyed through social media is usually shared in the form of content. Therefore, the strategy in content production must be appropriate so that information can be received effectively by the audience.The Office of Communication and Informatics, Coding and Statistics (Diskominfosanditik) of the Sumedang district carried out its duties to convey information through the social media Instagram (@humassumedang) and succeeded in getting awards in the field of social media and public service. For this reason, this study aims to determine the relationship between Instagram content and the information needs of public services aimed at followers of the Instagram account @humassumedang. This study uses a quantitative method with a correlational approach study. The population of this research is the followers of the Instagram account @humassumedang with a sample of 100 people based on calculations using the Slovin formula and the sampling technique using purposive sampling. Data collection in this study was primary data using a questionnaire which was disseminated online to the sample criteria set by the researcher. The theory used in this research is Social Information Processing Theory. Researchers conducted data analysis by Spearman rank correlation, analysis.

Abstrak. Media sosial di era digitalisasi digunakan sebagai alat transaksi informasi, baik bersifat personal ataupun publik. Berbeda dengan media konvensional seperti surat kabar, informasi yang disampaikan melalui media sosial biasanya dibagikan dalam bentuk konten. Maka dari itu, strategi dalam produksi konten harus tepat agar informasi dapat secara efektif diterima oleh audiens. Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) kabupaten Sumedang menjalankan tugasnya untuk menyampaikan informasi melalui media sosial instagram (@humassumedang) dan berhasil mendapatkan penghargaan dalam bidang media sosial dan juga pelayanan publik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konten instagram dengan kebutuhan informasi pelayanan publik yang ditujukan pada followers akun instagram @humassumedang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah followers akun instagram @humassumedang sebanyak 12.166 dengan sampel yang didapat yaitu 100 orang berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin dan teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan angket yang disebarkan secara online kepada kriteria sampel yang telah ditetapkan peneliti. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Social Information Processing . Peneliti melakukan analisis data dengan pengujian hipotesis korelasi rank spearman.

References

Ibrahim, Mochamad Maulana, and Rahmat Edi Irawan. "Pengaruh Konten Media Sosial terhadap Sumber Informasi Pandemi Covid-19." dalam Jurnal Representamen Vol 7. No. 02, Tahun 2021 (Hlm. 77)

Intani, D. C., & Yuliati, N,. 2015. “Hubungan Antara Program Musik Breakout di NET TV dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Tentang Musik”. Dalam Prosiding Hubungan Masyarakat Seminar Penelitian Sivitas Akademika Unisba, Universitas Islam Bandung, Bandung, 2015 (Hlm. 235)

Karunia, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial: Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92-104.

Kingsnorth, Simon. 2016. Digital Marketing Strategy An Integrated Approach to Online Marketing. USA : Kogan Page Limited

Nasrullah, Rulli. 2020. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Putri, N.A., Prijana dan Rohman, A.S. 2022. “Hubungan Kualitas Informasi Akun Instagram @seputar.aespa Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers” dalam Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Volume 17, No.2, Tahun 2022. (hlm. 126)

Syuhada, M. Pemanfaatan Media Komunikasi Dengan Teori System Infornation Processing Pada Aplikasi “Jogo Malang”. Jurnal Impresi Indonesia.Vol. 1 No. 9 Tahun 2022 (Hlm. 925)

Wijaya, Michael Kurniawan, Agusly Irawan Aritonang, and Lady Joanne Tjahyana. "Sikap Followers Instagram@ kopikenangan. id Terhadap Isi Pesan Postingan Mengenai Produk Sultan Boba." Jurnal e-Komunikasi. Vol. 10, No. 2. Tahun 2022 (Hlm. 5)

D. A. Ghifari and Zulfebriges, “Pemanfaatan Konten Kuliner sebagai Promosi UMKM pada Platform Media Informasi,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 133–140, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3127.

F. D. Musyaffa and D. Ahmadi, “Strategi Komunikasi PT. G dalam Menangani Isu Negatif di Media Sosial,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 109–114, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3116.

S. Syifa and E. Setiawan, “Pengaruh Promosi Produk Halal terhadap Minat Beli Konsumen,” PERSON: PERSPECTIVE IN COMMUNICATION, vol. 1, no. 1, 2023.

Published
2024-02-05