Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Pemasaran Barang Bekas

  • Mochamad Raihan Assidiq Public Relations
  • M.E. Fuady Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Instagram, Barang Bekas, Pemasaran

Abstract

Abstract. The use of Instagram social media is currently very influential for several online sellers. @Tonkills is one of the users who utilize Instagram social media in their sales. Used goods are now a trend that is in great demand by young people today because at low prices you can get high-quality goods and well-known brands. Used goods that are suitable for use are currently highly sought after by many people because they have a more limited design, not many people use them. In this study, researchers used a qualitative research method with a case study approach to Instagram @Tonkills. This study aims to determine the use of social media by @Tonkills who chooses Instagram social media as the main medium for marketing used goods. This research is based on the uniqueness of Tonkills himself, in which an entrepreneur never determines what his goods must be sold, but @Tonkills himself really appreciates what he has fought for to obtain these vintage items. Then the underlying reason is that the use of social media Instagram as the main marketing medium, technological advances do not frighten @Tonkills to always be able to follow application trends that develop every year, in order to get a broad market segmentation.

Abstrak. Pemanfaatan media sosial Instagram saat ini sangat berpengaruh besar untuk beberapa penjual online. @Tonkills menjadi salah satau pengguna yang memanfaatkan media sosial Instagram dalam penjualannya. Barang bekas sekarang menjadi trend yang banyak diminati anak muda saat ini karena dengan harga yang murah namun bisa mendapatkan barang dengan kualitas tinggi dan brand ternama. Barang bekas layak pakai saat ini sangat dicari oleh banyaknya orang karena mempunyai desain yang lebih limited tidak banyak yang menggunakan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi kasus terhadap Instagram @Tonkills. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial yang dilakukan oleh @Tonkills yang memilih media sosial instagram sebagai media utama untuk memasarkan barang bekas. Penelitian ini didasari dengan keunikan dari Tonkills sendiri yang mana seorang pengusaha tidak pernah mematok barangnya harus kejual namun @Tonkills ini sendiri sangat menghargai apa yang telah ia perjuangkan demi mendapatkan barang-barang vintage tersebut. Lalu alasan yang mendasari bahwasannya penggunaan media sosial Instagram sebagai media pemasaran utama, kemajuan teknologi tidak menggentarkan @Tonkills untuk selalu dapat mengikuti trend aplikasi yang setiap tahunnya berkembang, agar mendapatkan segmentasi pasar yang luas.

References

Angela, Natasha & Yoetadi, M Gafar. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Oleh Komunitas Historia Indonesia”, dalam Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanagara, Volume 3 (2)

Arifin, Rudi Dian. 2020. Pengertian Instagram, sejarah fungsi, dan manfaat.

Bari, Ikmal Fathul. "Analisis Strategi Marketing Menurut Philip Kotler Dan Muhammad Syakir Sula Terhadap Diferensiasi Produk Pada Superqurban Di Rumah Zakat (Rz) Cabang Turangga Bandung." (2016).

Effendy FD. 2021. Public Relation Mix Starbucks Coffee Pasaraya Jakarta Selatan Dalam Menarik Minat dan Mempertahankan Konsumen [Skripsi]. Jakarta: Universitas Syarif Hidayatullah.

Karim, Ridwan. 2022. Teknik Pengumpulan Data, Pengertian, dan Jenis.

Kotler, P, & Keller, K.L. 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi Kelima Belas. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. and Amstrong, G. (2006) Principles of Marketing. 11th Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

____. and Keller, K.L. (2009). Principles of Marketing. 13th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kulsum, N. M. (2017). Komunikasi Pemasaran.

Kurnianto, Y. T. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pemasaran Minuman Di Banjarbaru (Studi Pada Akun Instagram@ tempatbiasa. kopi) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2018). Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18-33.

Luttrell, Regina. 2015. How To Engage, Share And Connect. London: Rowman& Littlefield.

Mahardika, R. (2020). Strategi Pemasaran Wisata Halal. Mutawasith: Jurnal Hukum Islam, 3(1), 65-86.

Marâ, Herlinda, Wawan Priyanto, and Aries Tika Damayani. "Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan." Mimbar PGSD Undiksha 7.3 (2019).

Mardhatilla J. 2021. Pengaruh Konten Instagram @senemu.coffee Terhadap Minat Beli Followers-nya di Kafe Senemu 2.1.

Mubarok, Nurul. "Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista." I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics 3.1 (2017): 73-92.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51-65.

Roflin,Eddy, Iche Adriyani Liberty, dan Pariyana. Populasi,Sampel dan Variabel dalam Penelitian Kedokteran. 2021. Bojong Pekalongan : PT.Nasya Expanding Management.

Silviani, I. (2020). Komunikasi Organisasi. Scopindo Media Pustaka.

Sugiyono (2017: 125) “Uji Validasi dan Reliabilitas”

Wahab MF, Triwardhani IJ. 2022. Instagram Sebagai Media Promosi Coffee Shop. Jurnal riset Manajemen Komunikasi. 1(2).

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74.

Wiguna, Rian. 2019. Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli.

M. R. Rachmansyah and M. A. O. Palapah, “Promosi Concept Store melalui Media Sosial,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 7–14, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.1798.

Farley Rafa Aurellia, Hanny Hafiar, and C. C. Priyatna, “Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 149–160, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3210.

S. Syifa and E. Setiawan, “Pengaruh Promosi Produk Halal terhadap Minat Beli Konsumen,” PERSON: PERSPECTIVE IN COMMUNICATION, vol. 1, no. 1, 2023.

Published
2024-02-05