Penerapan Komuniksi Internal Antara Pemimpin dan Karyawan dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Karyawan Café & Resto 9 Pakis

Studi Kasus dalam Meningkatkan Loyalitas Karyawan Café & Resto 9 Pakis

  • Devi Nurmala Ilmu Komunikasi
  • Maman Suherman
Keywords: Komunikasi Internal, Organisasi, Loyalitas

Abstract

Abstract. The importance of communication is not only limited to personal communication, but also to organizational communication. Effective communication within the organization plays a vital role in ensuring the smooth and successful operation of the organization. With proper communication, information can be conveyed clearly and in a timely manner, facilitating teamwork, building trust, and reducing conflicts and misunderstandings. In this study, the authors focus on the Implementation of Internal Communication Between Leaders and Café & Resto 9 Pakis Employees, but there are still cases that occur with Café & Resto 9 Pakis employees related to employee loyalty caused by several factors, therefore Internal communication between Leaders and Employees should be well done. This study aims to explore and analyze aspects of organizational communication that contribute to organizational performance and effectiveness. To answer the research objectives, the researcher uses a qualitative approach with case studies, and conducts interviews with informants, namely the Leaders of Café & Resto 9 Pakis, by understanding the dynamics of communication in an organizational context, the authors hope to provide useful insights and recommendations for the development of better organizational communication. especially good Café & Resto 9 Pakis.

Abstrak. Pentingnya komunikasi tidak hanya terbatas pada komunikasi personal, tetapi juga pada komunikasi organisasi. Komunikasi yang efektif dalam organisasi memainkan peran penting dalam memastikan kelancaran dan kesuksesan operasional organisasi. Dengan komunikasi yang tepat, informasi dapat disampaikan dengan jelas dan tepat waktu, memfasilitasi kerja sama tim, membangun kepercayaan, serta mengurangi konflik dan kesalahpahaman. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada Penerapan Komunikasi Internal Antara Pemimpin dan Karyawan Café & Resto 9 Pakis, namun masih ada kasus yang terjadi pada karyawan Café & Resto 9 Pakis terkait loyalitas karyawannya yang disebabkan oleh beberapa faktor, maka dari itu komunikasi Internal antara Pemimpin dan Karyawan harus dilakukan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis aspek-aspek komunikasi organisasi yang berkontribusi pada kinerja dan efektivitas organisasi. Untuk menjawab tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, dan melakukan wawancara terhadap informan yaitu Pemimpin dari Café & Resto 9 Pakis, dengan memahami dinamika komunikasi dalam konteks organisasi, penulis berharap dapat memberikan wawasan dan rekomendasi yang berguna bagi pengembangan komunikasi organisasi yang lebih baik khususnya Café & Resto 9 Pakis.

References

Pace, R. Wayne & Don F. Faules. 2001. Komunikasi Organisasi: strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Terjemahan: Deddy Mulyana, MA., Ph.D. Remaja Rosda Karya, Bandung

Locke, Edwin A, Shelley Kirkpatrick, Jill K. Wheeler, Jodi Schneider, KathrynNiles, Harold Goldstein, Kurt Welsh, Dong-Ok Chah (1991), The Essence of Leadership, The Reichheld, F. (2003). The one number you need to grow. Havard Business Review, 12(1), 46 –54. Retrieved from https:// hbr.org/2003/12/the-one-num ber-you-need-to-grow.

Siswanto, S. (2003). Manajemen tenaga kerja indonesia (2nd ed). Jakarta: Bumi Aksara.

G. T. Bilqis and M. E. Fuady, “Hubungan antara Aktivitas Instagram Alfamart Gema Budaya Balaraja dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 117–124, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3125.

S. S. Nurzaman and S. Novita, “Program Corporate Social Responsibility pada Perusahaan BUMN,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 101–108, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i2.3112.

T. Mufidah, “Hubungan antara Iklim Komunikasi Organisasi dengan Motivasi Kerja Karyawan,” PERSON: PERSPECTIVES IN COMMUNICATION, vol. 1, no. 1, 2023.

Published
2024-02-05