Makna Perempuan Gila pada Lagu “Rayuan Perempuan Gila” Karya Nadin Amizah

  • Alin Fauziah Ilmu Komunikasi
  • Andalusia Neneng Permatasari Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Analisis Semiotika, Ferdinand de Saussure, Perempuan Dalam Lirik Lagu

Abstract

Abstract. Song lyrics have undergrone many develovements influenced by culture, technology, and social trends. Not surprisingly, with this revolution, many newcomer musicians have sprung up with various genres of song that characterize them. The song Rayuan Perempuan Gila by Nadin Amizah released in 2023, attract a lot of attention from anyone who hears it. The purpose of this research is to examine the meaning of Perempuan Gila in the song “Rayuan Perempuan Gila”. This research uses a qualitative research method with Ferdinand de Saussure’s semiotic approach. Data collection techniques used through text analysis, interviews, and literature riview. The result of this study reveal that Perempuan Gila is interpreted as a woman who is able to have freedom in expressing herself, her bravery, her fight, and a picture of woman who has succesessfully accepted herself.

Abstrak. Lirik lagu mengalami banyak perkembangan yang dipengaruhi oleh budaya, teknologi, dan tren sosial. Tak heran, dengan adanya revolusi ini banyak sekali musisi pendatang baru bermunculan dengan berbagai aliran lagu yang menjadi ciri khasnya. Lagu Rayuan Perempuan Gila Karya Nadin Amizah yang dirilis pada tahun 2023 tersebut menarik banyak perhatian dari setiap pendengarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji makna perempuan gila pada lagu “Rayuan Perempuan Gila”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Ferdinand de Saussure. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui analisis teks, wawancara, dan kajian pustaka. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa makna “Perempuan Gila” pada lagu “Rayuan Perempuan Gila” diartikan sebagai perempuan yang mampu memiliki kebebasan dalam mengekspresikan diri, keberanian, perjuangan, serta gambaran perempuan yang berhasil menerima dirinya sendiri.

References

Kevlana, Cakra Mahardika. 2022. “Perjalanan Genre Musik Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Eventori.id. https://eventori.id/perjalanan-genre-musik-di-indonesia-dari-masa-ke-masa.

Harnia, Neng Tika. 2021. “Analisis Semiotika Makna Cinta Pada Lirik Lagu ‘Tak Sekedar Cinta’ Karya Dynanda.” Jurnal Metamorfosa 9 No.2: 225. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/1405/1244.

Yuniarti, Monika Sri. 2015. “Komunikasi Musik : Pesan Nilai-Nilai Cinta Dalam Lagu Indonesia.” Jurnal Ilmu Komunikasi 12 No.2: 190.

Asriningsari, Ambarini. 2010. Semiotika Teori Dan Aplikasinya Pada Karya Sastra. Upgtis Press. http://eprints.upgris.ac.id/311/1/buku semiotika.pdf.

Creswell. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. ed. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Rahmadini, F. E., & Musdolifah A. 2014. “Kajian Semiotika Pada Kumpulan Puisi Karya Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Angkatan Tahun 2014.” Journal Basataka: 41–46.

Robeet Thadi. 2018. “Citra Perempuan Dalam Media.” Jurnal Ilmiah Syi’ar.

Rozana, Sagala. 2007. Pergaulan Feminisme Dan HAM. Bandung: Institut Perempuan.

Seomartoyo, S.R. 2002. “Pemberdayaan Perempuan Di Indonesia Dan Peluang Untuk Pemberdayaan Ekonomi Perempuan.”

Sugihastuti. 2003. Feminisme Dan Sastra, Menguak Citra Perempuan Dalam Layar Terkembang. Bandung: Katarsis.

Ilham Akbar Zam Zamy and Dadi Ahmadi, “Strategi Creative Branding Hijack Sandals untuk Meningkatkan Brand Image,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 47–54, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.1995.

M. R. A. Siregar, A. S. Salsabila, S. H. Mutmainah, and K. W. Inzaghi, “Memahami Perilaku Generasi Z di Kedai Kopi Bogor Timur,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 1–6, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.1720.

M. F. Yusuf and A. Sobur, “Representasi Perjuangan Ras Kulit Hitam untuk Melawan Rasialisme dalam Film ‘Summer Of Soul,’” PERSON: PERSPECTIVES IN COMMUNICATION, vol. 1, no. 1, 2023.

Published
2024-02-05