Proses Digital Marketing di Perusahaan Agensi Sosial Media “Pio.Digital Bandung”

  • Dilan Trisakti Gladina Public Relation
  • Maman Chatamallah Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
Keywords: Trilogi Digital Marketing Public Relation, Marketing Public Relation, Cyber Public Relation

Abstract

Abstract. This research is conducted based on the rapid development of the digital world, especially social media. This qualitative research uses a case study approach because the researcher wants to examine the digital marketing consulting and implementation services at PT. Pio Indokreasi Optima in-depth to obtain a comprehensive overview. The purpose of this research is because social media makes it easy for individuals and companies to interact with their public, and vice versa. Therefore, strong PR knowledge is needed to maintain a company's image, add value to its brand, and increase marketing. The researcher adds the theory of Cyber Public Relation, Marketing Public Relation, and the application of the Trilogi Digital Marketing Public Relation strategy created by Thomas L. Harris. This research uses qualitative method, with a case study approach, a constructivism paradigm so that the researcher can group various meanings from each research informant. The data analysis technique in this research refers to the model of Miles and Huberman, which consists of three stages: data reduction, data display, and conclusion drawing. Finally, the data validity test in this research uses triangulation, which consists of three elements: source triangulation, technique triangulation, and time triangulation. Found in this study that, the importance role of social media creative team in digital agency service companies for the smooth provision of services to clients. This research provides an understanding that service offerings, whether in digital marketing PR or other services, provided by digital agency service companies can yield significant benefits.

Abstrak. Peneliti ingin mengkaji jasa pengkonsultasian dan pengerjaan pemasaran digital pada PT. Pio Indokreasi Optima secara mendalam untuk memperoleh gambaran yang utuh juga merekonstruksi realitas yang ada di lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah, karena sosial media sangat membuat seseorang bahkan perusahaan dengan sangat mudah berinteraksi dengan publik nya begitupun sebaliknya, maka diperlukan pula kreatif media sosial dan pengetahuan PR yang kuat agar bisa menjaga citra, menambah nilai pada brand perusahaan yang mana sekaligus bisa meningkatkan pemasaran oleh karena itu peneliti menambahkan Teori Cyber Public Relation, Marketing Public Relation dan dengan penerapan strategi Trilogi Digital Marketing Public Relation yang di ciptakan oleh salah satunya Thomas L. Harris, penelitian dengan metode kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus paradigma konstruktivisme, dengan metode penelitian studi kasus, peneliti dapat mengelompokan berbagai macam makna yang ada berdasarkan setiap narasumber penelitian ini, teknik analisis data pada penelitian ini mengacu pada model dari Miles dan Huberman terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan, dan terakhir uji keabsahan data pada penelitian ini memakai triangulasi yang terdiri dari tiga hal yakni, triangulasi sumber, teknik dan waktu, Ditemukan pada penelitian ini bahwa penting nya peran tim kreatif media sosial pada perusahaan jasa agensi digital untuk kelancaran jasa yang diberikan kepada klien, Penelitian ini memberikan pemahaman bahwa pelayanan jasa baik digital marketing PR maupun jasa lainnya diberikan oleh perusahaan jasa agensi digital dapat memberikan kebermanfaatan yang signifikan.

References

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Daft, Richard L., & Robert H. Lengel. (1986). Organizational Information Requirements, Media Richness and Structural Design. Informs PubsOnline: Management science. Vol. 32. No. 5. Hlm. 554-571

Purwanto. (2012). Marketing Strategic. Jakarta. Platinum

Philip Kotler, Gary Armstrong, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1

Erlangga, Jakarta

Sugiama, A. (2011). Ecotourism: Pengembangan Pariwisata Berbasis Konservasi Alam.Bandung: Guardaya Intimarta.

Wahyu, B., & Maryani, A. (2019). Opini Tentang Komunikasi Pemasaran Direct Marketing Pedagang Mobil Bekas. Prosiding Manajemen Komunikasi, 244-249

Watie, Errika Dwi Setya. 2016. “Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media).

Wibowo, R. A. (2019). Manajemen Pemasaran. Radna Andi Wibowo.

Terry, Flew. 2008. Media: an introduction 3rd Edition. South Melbourne: Oxford

University Press

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

I. P. Amadea and R. Hernawati, “Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 69–76, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.2049.

Adinda Sabilla and Mohamad Subur Drajat, “Hubungan Celebrity Endorser dengan Keputusan Pembelian Halosnap.Id di Media Sosial Instagram,” Jurnal Riset Public Relations, pp. 61–68, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrpr.v3i1.2024.

S. Andhiya, K. Shaleh, and M. A. Natsir, “Penerapan Nilai-Nilai Dakwah dalam Pemasaran Produk Busana Muslimah Guna Meraih Keberkahan pada Brand Jamise Syar’i,” PERSON: PERSPECTIVES IN COMMUNICATION, vol. 1, no. 1, 2023.

Published
2024-02-05