Pengembangan Komik Digital sebagai Media Edukasi Sediaan Obat Oral pada Kelas 4 dan 5 SDN 075 Jatayu Bandung

  • Iis Rosita Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Bandung
  • Fetri lestari Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Bandung
  • umi Yuniarni Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Bandung
Keywords: edukasi, komik digital, media pembelajaran

Abstract

Abstract. Children are a vulnerable group when it comes to health issues, including the use of oral medications, which requires accurate understanding. Additionally, children’s lack of knowledge about the types of drugs they are given can also be a factor affecting compliance. Proper education about oral medications in children is essential to ensure safe and effective drug use. This study aims to develop a digital comic as an educational medium for oral medications. The research follows an experimental method, focusing on the development of a digital comic as an educational tool for oral medications. Research instruments include survey analysis, expert reviews covering various aspects, post-test evaluations, and questionnaires related to the digital comic. The study subjects consist of 189 students from grades 4 and 5 at SDN 075 Jatayu Bandung. The research results show that the post-test scores in the experimental group were higher, with an average score of 90.63 compared to the control group’s score of 74.84. The Mann-Whitney test also indicates significance <0.05, meaning that education through digital comics has an impact on students’ knowledge and attitudes. The evaluation of the digital comic obtained a percentage score of 89.2%, which means that the comic falls into the category of “Very Good” according to respondent assessments. This high rating confirms that the developed digital comic successfully delivers engaging and beneficial content to students.

Abstrak. Anak-anak adalah kelompok yang rentan terhadap masalah kesehatan, termasuk penggunaan obat-obatan oral yang memerlukan pemahaman yang tepat. Selain itu, kurangnya pengetahuan anak tentang jenis obat yang diberikan juga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan. Pendidikan yang baik tentang obat oral pada anak-anak sangat penting untuk memastikan penggunaan obat yang aman dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan berupa komik digital sebagai media edukasi mengenai obat oral. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan fokus pada pengembangan komik digital sebagai alat edukasi mengenai obat oral. Instrumen penelitian terdiri dari analisis survei, expert review dari berbagai aspek post-test dan kuesioner mengenai eveluasi komik digital. Subjek penelitian ini adalah populasi peserta didik di SDN 075 Jatayu Bandung kelas 4 dan 5 berjumlah 189 siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai post-test pada kelompok uji lebih besar dengan rata – rata nilai 90,63 dibandingkan nilai kelompok kontrol yaitu 74,84. Dan pada uji man – whithney menunjukkan nilai signifikasi <0,05 dimana, pemberian edukasi melalui komik digital ada pengaruh terhadap pengetahuan dan sikap pada siswa dan siswi. Dan pada Evaluasi komik digital memperoleh nilai persentase sebesar 89,2% yang artinya komik tersebut termasuk dalam kategori “Sangat Baik” menurut penilaian responden. Penilaian yang tinggi ini mengonfirmasi bahwa komik digital yang dikembangkan berhasil dalam menghadirkan konten yang menarik dan bermanfaat bagi siswa.

References

[1] Pindobilowo, Disson Muhammad Fauzi, Adiella Yangkie Lubis, And Henny Wahyuningsih, “Social Media As Promotion Of Dental And Oral Health In Adolescents,” Formosa Journal Of Applied Sciences, Vol. 2, No. 3, Pp. 313–326, Mar. 2023, Doi: 10.55927/Fjas.V2i3.3229.
[2] N. M. Efendi, “Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif,” Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi Dan Antropologi, Vol. 2, No. 2, Pp. 173–182, 2018.
[3] I. Fedai Kayin, H. D. Çiftçi, B. Tan, And M. N. Akoglu, “Pharmacist And Child Communication: A Phenomenological Multidisciplinary Study From The Perspectives Of Undergraduate Students In Pharmacy And Child Development,” Exploratory Research In Clinical And Social Pharmacy, Vol. 10, Jun. 2023, Doi: 10.1016/J.Rcsop.2023.100272.
[4] N. L. Ningrum, M. Abdul Basir, And H. R. Maharani, “Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Materi Statistika,” Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 9, No. 2, Pp. 164–171, 2023.
[5] I. Ernawati And T. Sukardiyono, “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server,” Elinvo ((Electronics, Informatics, And Vocational Education)), Vol. 2, No. 2, Pp. 205–210, 2017.
[6] F. Ardhianti, “Efektifitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol. 1, No. 1, Pp. 5–8, 2022.
[7] F. Khaulani, Neviyarni, And Irda Murni, “Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” , Vol. 7, No. 1, 2020.
[8] D. Setya Prayoga, I. Teknologi Dan Bisnis Asia Malang, And P. Korespondensi, “Teknik Membuat Komik Strip Digital,” Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA), Vol. 04, No. 02, Pp. 2597–4300, 2020.
Published
2024-08-12