Hubungan antara Kecanduan Mengakses Internet dengan Prestasi Belajar pada Siswa di SMAN 1 Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat

  • Tia Siti Roila Fakultas Kedokteran
  • M. Nurhalim Shahib
  • Tety H Rahim
Keywords: Kecanduan Internet, Pandemi, Prestasi Belajar

Abstract

Abstract. Introduction: The Covid-19 pandemic has caused many activities to be carried out online, making the intensity of internet use increase. Uncontrolled use of the internet triggers internet addiction which can have an impact depending on its use in a positive or negative direction. This study aims to determine the relationship between addiction to internet access and student achievement at SMAN 1 Sumberjaya, West Lampung. Methods: This research is quantitative, analytic observational with astudy design cross sectional with research samples of students of SMAN 1 Sumberjaya, West Lampung in class XI and XII of the 2020-2021 school year. The results of this study have been statistically analyzed with the Chi-Square Test. Results: The results showed that the level of internet addiction was mostly in the moderate category 57.7% with the student achievement level mostly included in the good category 92.5%. Chi-Square Test showed a significant relationship between addiction to internet access and learning achievement, with a P value (P = 0.000). The same results also showed that there was a relationship between the incidence of internet addiction and learning achievement, with a P value (P = 0.0001). Conclusion: The conclusion of this study is that the level of internet addiction in the moderate category has a positive impact on student achievement at SMAN 1 Sumberjaya, West Lampung.

Abstrak. Pendahuluan: Kondisi pandemi covid-19 menyebabkan banyak kegiatan dilakukan secara daring membuat intensitas penggunaan internet meningkat. Penggunaan internet yang tidak terkontrol memicu terjadinya kecanduan internet yang mampu memberikan suatu dampak tergantung dari penggunaanya kearah positif atau negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan mengakses internet dengan prestasi belajar pada siswa di SMAN 1 Sumberjaya, Lampung Barat. Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif, observasional analitik dengan rancangan studi cross sectional dengan sampel penelitian siswa SMAN 1 Sumberjaya, Lampung Barat kelas XI dan XII tahun ajaran 2020-2021. Hasil dari penelitian ini telah dianalisis secara statistik dengan Chi-Square Test. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecanduan internet sebagian besar termasuk kedalam kategori sedang 57,7% dengan tingkat prestasi belajar siswa sebagian besar termasuk kedalam kategori baik 92,5%. Chi-Square Test menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecanduan mengakses internet dengan prestasi belajar, dengan nilai P (P=0,000). Hasil yang sama didapatkan juga bahwa terdapat hubungan antara kejadian kecanduan internet dengan prestasi belajar, dengan nilai P (P=0,0001). Kesimpulan: Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kecanduan internet dengan kategori sedang memberikan dampak kearah yang bersifat positif terhadap prestasi belajar siswa SMAN 1 Sumberjaya, Lampung Barat

Published
2022-01-28