Scoping Review: Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Mahasiswa dan Tenaga Kesehatan tentang Hepatitis B dengan Tindakan Pencegahannya

  • Bayu Darmayudha Pendidikan Dokter, Universitas Islam Bandung
  • Siti Annisa Devi Trusda
  • Endang Noor Farchiyah
Keywords: Hepatitis B, Mahasiswa Kesehatan, PSP, Tenaga Kesehatan

Abstract

Abstract. Hepatitis B is still a global problem. This high incidence causes health workers and students to have the potential to be infected with the Hepatitis B virus, therefore they must have good knowledge, positive attitudes, so as to produce good practice in preventing Hepatitis B. The purpose of this study is to analyze the relationship between knowledge, attitudes, and practice of students and health workers about Hepatitis B with its preventive measures. This study uses a Scoping Review which is carried out by analyzing articles in three databases, namely SpringerLink, ProQuest, and ScienceDirect with the type of cross-sectional study published in the last 10 years. The articles obtained were 2209 articles and those that matched the inclusion criteria were 325 articles. After making adjustments to the exclusion criteria and based on PICOS, 11 articles were obtained. This study shows that respondents from 11 articles have poor knowledge, positive attitudes, and bad behavior. The results of this study indicate that there is no relationship between knowledge, attitudes, and behavior of students and health workers about Hepatitis B and its prevention measures. This study shows that there is no relationship between knowledge, attitudes, and behavior of students and health workers about Hepatitis B and its prevention measures.

Abstrak. Hepatitis B masih menjadi masalah dunia. Tingginya angka kejadian ini menyebabkan tenaga dan mahasiswa kesehatan sangat berpotensi terkena infeksi virus Hepatitis B, oleh karena itu mereka harus memiliki pengetahuan yang baik, sikap positif, sehingga menghasilkan perilaku baik dalam pencegahan Hepatitis B. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis hubungan pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa dan tenaga kesehatan tentang Hepatitis B dengan tindakan pencegahannya. Penelitian ini menggunakan Scoping Review yang dilakukan dengan cara menganalisis artikel pada tiga database yaitu SpringerLink, ProQuest, dan ScienceDirect dengan jenis penelitian cross-sectional study yang terbit 10 tahun terakhir. Artikel yang didapatkan sebanyak 2209 artikel dan yang sesuai dengan kriteria inklusi berjumlah 325 artikel. Setelah dilakukan penyesuaian dengan kriteria eksklusi dan berdasarkan PICOS didapatkan 11 artikel. Penelitian ini menunjukan bahwa responden dari 11 artikel memiliki pengetahuan yang buruk, sikap positif, dan perilaku yang buruk. Hasil penelitian ini mengatakan tidak ada hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku pada mahasiswa dan tenaga kesehatan tentang Hepatitis B dengan tindakan pencegahannya. Penelitian ini menunjukan tidak ada hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku pada mahasiswa dan tenaga kesehatan tentang Hepatitis B dengan tindakan pencegahannya.

Published
2022-01-28