Studi literatur: Hubungan Status Gizi dengan Kecerdasan Intelektual pada Siswa SDN Cigarung Kecamatan Leuwisadeng Bogor

  • Farrel Zhafran prodi fakultas
  • Nugraha Sutadipura Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung
  • Mirasari Putri Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung
Keywords: Gangguan perkembangan otak, Kecerdasan intelektual, Status gizi

Abstract

Abstract. Nutritional status is a condition obtained from the balance between the intake of nutrients from food and the nutritional needs of the body for metabolic processes. Poor nutritional status can trigger an adrenal cortex response so that it will increase plasma cortisol in the body and will inhibit hormone responses which result in impaired brain development resulting in a decrease in the value of intellectual intelligence in children. Intelligence or intelligence is the ability required in solving problems that require understanding and the use of symbols. This study aims to determine the effect of nutritional status on intellectual intelligence in grades 4 and 5 of SDN Cigarung Leuwisadeng District Bogor. The type of research used is observational analytic by using cross sectional study method on 80 respondents by measuring nutritional status (weight/age) and measuring intelligence level by using Coloured Progressive Matrices. The results of bivariate analysis using the chi-square test proved that there was no relationship between nutritional status and intellectual intelligence (p-value=0.091). The conclusion of this study is that nutritional status is not related to intellectual intelligence in grades 4 and 5 of SDN Cigarung, Leuwisadeng District, Bogor.

Abstrak. Status gizi merupakan keadaan yang didapatkan dari keseimbangan antara asupan zat gizi yang berasal dari makanan dengan kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme. Status gizi yang buruk dapat memicu respon korteks adrenal sehingga akan meningkatkan plasma kortisol dalam tubuh dan akan menginhibisi respon hormon yang berakibat pada gangguan perkembangan otak sehingga terjadi penurunan nilai kecerdasan intelektual pada anak. Inteligensi atau kecerdasan merupakan, kemampuan yang dituntut dalam pemecahan masalah yang membutuhkan pemahaman dan penggunaan simbol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status gizi terhadap kecerdasan intelektual pada siswa kelas 4 dan 5 SDN Cigarung Kecamatan Leuwisadeng Bogor. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah analitik observasional dengan menggunakan metode cross sectional study pada 80 responden melalui pengukuran status gizi (berat badan/umur) dan pengukuran tingkat kecerdasan dengan menggunakan Coloured Progressive Matrices. Hasil analisis bivariat menggunakan uji chi-square membuktikan bahwa tidak terdapat hubungan antara status gizi dengan kecerdasan intelektual (p value=0,091). Simpulan dari penelitian ini adalah status gizi tidak berhubungan dengan kecerdasan intelektual pada siswa kelas 4 dan 5 SDN Cigarung Kecamatan Leuwisadeng Bogor.

Published
2023-02-01