Perbandingan Stressor Terkait Hubungan Interpersonal dan Intrapersonal Serta Kegiatan Belajar-Mengajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA Tahun Akademik 2022/2023
Abstract
Mahasiswa kedokteran memiliki karakteristik personalitas yang berbeda serta kegiatan belajar-mengajar yang berbeda dari fakultas lainnya, sehingga rentan terkena berbagai derajat stres. Hubungan interpersonal dan intrapersonal, serta kegiatan belajar-mengajar di lingkungan akademik fakultas kedokteran dapat menjadi sumber stres bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISBA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat stres berdasarkan sumber stres yang terkait dengan hubungan intrapersonal dan interpersonal serta kegiatan belajar mengajar pada Mahasiswa Tahun Akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran UNISBA. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif memakai metode deskriptif analitik dan pendekatan cross sectional periode Maret – Desember 2022. Univariat dan bivariat dengan uji Pearson Chi-square digunakan sebagai alat analisis data. Mahasiswa FK UNISBA Tahun ke 1 sampai dengan 4 sebagai sampel sertadipilih menggunakan stratified random sampling (294 responden). Penelitian ini menggunakan kuisioner Medical Student Stressor Questionnaire untuk pengelompokan tingkat stres menjadi empat yaitu stress ringan, sedang, berat dan sangat berat serta pengelompokan stressor menjadi IRS dan TLRS. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan mencakup kelompok IRS maupun TLRS dengan p-value > 0.05. Mahasiswa FK UNISBA dari semua tingkatan I sampai IV mayoritas mengalami stres sedang sampai berat yang terkait dengan stressor yang disebabkan oleh hubungan intrapersonal dan interpersonal serta terkait kegiatan belajar-mengajar. Proporsi tingkat dan sumber stres terkait kelompok IRS dan TLRS juga semakin menurun pada mahasiswa tingkat I sampai tingkat IV.