Hubungan Aktivitas Fisik dengan Memori Jangka Pendek pada Siswa SMP PGRI 1 Cimahi

  • Nisrina Alifia Fathinah Mubarok Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Ike Rahmawaty Alie
  • Widayanti
Keywords: Aktivitas Fisik, Memori Jangka Pendek, Siswa SMP

Abstract

Abstract. Physical activity data in Indonesia according to Basic Health Research (Riskesdas) data was still very lacking. High levels of physical activity tend to increase shoert term memory. Low short term memory makes it difficult for students to process lesson material, receive new information, follow learning instructions which results in decreased learning achievement. The aim of this research is to analyze the relationship between physical activity and short-term memory in students at PGRI 1 Cimahi Middle School. The subjects in this research were students aged 13-15 years. The sampling technique used random probability sampling with a total of 94 students as subjects. Data collection used research materials in the form of PAQC questionnaires and digit span tests. The data analysis used was observational analysis with a cross-sectional design. The results of the analysis showed that there was no relationship between physical activity and short-term memory (p=0.564).

Abstrak. Menurut data Riset Kesehatan Dasar masih terlalu kurang. Tingginya aktivitas fisik cenderung akan mempertinggi memori jangka pendek. Rendahnya memori jangka pendek menyebabkan pelajar kesulitan dalam memproses materi pelajaran, menerima informasi baru, mengikuti instruksi pembelajaran yang mengakibatkan penurunan prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara aktivitas fisik dengan memori jangka pendek pada siswa SMP PGRI 1 Cimahi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi berusia 13-15 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan random probability sampling dengan jumlah subjek sebanyak 94 siswa. Pengumpulan data menggunakan bahan penelitian berupa kuesioner PAQC dan tes digit span. Analisis data yang digunakan adalah analisis observasional dengan desain cross-sectional. Hasil analisis didapatkan bahwa tidak ada hubungan antara aktivitas fisik dengan memori jangka pendek (p=0.564).

References

Jauhari MT, Santoso S, Anantanyu S. Asupan Protein dan Kalsium serta Aktivitas Fisik Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Ilmu Gizi Indonesia 2019.
2. Nurmidin MF, Posangi J. Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Aktivitas Fisik dan Penerapan Prinsip Gizi Seimbang Pada Mahasiswa Pascasarjana. 1. IJPHCM. 2020.
3. Adhianto KG, Arief NA. Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jambura J Sports Coach 2023; 5: 134–141.
4. Wendari WN, Badrujaman A, Sismiati S. A. Profil Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Di Kota Bogor. Insight J Bimbing Konseling 2016; 5: 134.
5. Janah N, Nugroho PS. Risiko Perilaku Kurangnya Aktivitas Fisik dan Mengkonsumsi Buah terhadap Kejadian Obesitas pada Remaja. 3. BSR. 2021.
6. Kusuma H, Husairi A. Pengaruh Sarapan Terhadap Memori Jangka Pendek Pada Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat. 3. Homeostasis, 2020.
7. Junaidi MC, Soegiarto B. Hubungan antara Aktivitas Fisik Terhadap Memori Kerja Murid SMA Don Bosco III Bekasi. Sari Pediatri 2017; 18: 251.
8. Sukarno, K. J., Marunduh, S. R., & Pangemanan, D. H. (2016). Hubungan indeks massa tubuh dengan kadar hemoglobin pada remaja di Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 1(1), 29-35.
9. Prasetio E, Sutisyana A, Ilahi BR. Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Pada Siswa SMP Negeri 29 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmu Pendidikan Jasmani 2018.
10. World Health Organization. Global action plan on physical activity 2018–2030: more active people for a healthier world. Geneva: World Health Organization, https://iris.who.int/handle/10665/272722 (2018, accessed 19 February 2024).
11. Ramadhan WC, Burhaein E. Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Tambusai 2023
12. Nadira SR, Daulay M. Korelasi Aktivitas Fisik Dengan Memori Kerja Pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Scr SCORE Sci Med J 2022; 3: 106–113.
13. Andayani NLN, Nugraha MHS. Hubungan Antara Tingkat Aktivitas Fisik Terhadap Kemampuan Memori Jangka Pendek Mahasiswi Program Studi Fisoterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Maj Ilm Fisioter Indones 2020; 8: 41
14. Nugraha DS, Ketut Tirtayasa, Indira Vidiari Juhanna, et al. Hubungan kebugaran jasmani terhadap kemampuan memori jangka pendek pada mahasiswa program studi sarjana kedokteran fakultas kedokteran Universitas Udayana. Intisari Sains Medis 2023; 14: 371–376.
Published
2025-02-02