Gambaran Minat Belajar Siswa dan Siswi di Pesantren Darul Hikam
Abstract
Abstract. Education is an important provision for a child's future. Learning achievement is a student's achievement in education. There are several factors that influence learning achievement, including interest in learning. The aim of this research is to analyze the picture of students' interest in learning in grades VII, VIII and IX at the Darul Hikam Islamic Boarding School. This research was conducted with an analytical observational design with a cross sectional method. Research subjects were calculated using a two-proportion hypothesis test. The research subjects were 68 people who met the inclusion and exclusion criteria and was carried out by taking the total population of data taken by distributing a learning interest questionnaire to measure learning interest. Data analysis used the chi square test (χ2) using the IBM SPSS version 26.0 program at a confidence level of 95% and the degree of significance was determined by p<0.05 to assess the description of students' interest in learning in grades VII, VIII and IX of the Darul Hikam Islamic Boarding School in the academic year 2023/2024. Based on the research results, it was found that the majority of respondents had a high interest in learning, namely 40 students or 59%.
Abstrak. Pendidikan merupakan bekal penting untuk masa depan anak. Prestasi belajar merupakan sebuah capaian seorang siswa dalam pendidikan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya minat belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis gambaran minat belajar siswa dan siswi kelas VII, VIII, Dan IX di Pesantren Darul Hikam. Penelitian ini dilakukan dengan desain analitik observasional dengan metode cross sectional. Subjek penelitian dihitung menggunakan uji hipotesis dua proporsi. Subjek penelitian berjumlah 68 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eklusi serta dilakukan dengan pengambilan total populasi data diambil dengan menyebarkan kuesioner study interest questionnaire untuk mengukur minat belajar. Analisis univariat untuk menilai gambaran minat belajar siswa dan siswi kelas VII, VIII dan IX Pesantren Darul Hikam tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan mayoritas responden memiliki minat belajar tinggi yaitu sebanyak 40 pelajar atau sebesar 59%.
References
digital age Heru Pratikno. Jurnal Pendidikan Islam. 2020;9(2):59–68.
[2[ Hakim A, Khotimah K. Ikhtisar data pendidikan. Pusat data dan tekhnologi informasi
sekretariat jenderal kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Jakarta; 2021;1-16.
[3] Saepudin J. Pendidikan kecakapan hidup di pesantren darul hikam Banjaran Bandung.
edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. 2016;14(1):41-58.
[4] Saimima MS, Dhuhani EM. Kajian seputar model pondok pesantren dan tinjauan jenis
santri pada pondok pesantren Darul Qur’an Al Anwariyah Tulehu. Al Iltizam: Jurnal
Pendidikan Agama Islam. 2021;6(1):1–15.
[5] Syafe’i I. Pondok Pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-
Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 2017;8(1):61–82.
[6] Sary, Yessy N.E. Perkembangan kognitif dan emosi psikologi masa remaja awal.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2017;1(1):6–12.
[7] Ricardo R, Meilani RI. Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa
(The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning
outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2017;1(1):79 92.
[8] Simbolon, Naeklan. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik.
Elementary School Journal. 2014;1(2):14-19.
[9] Agustina M, Yusro N, Bahri S. Strategi peningkatan minat menghafal Al-Qur’an
santri di pondok pesantren Ar-Rahmah Curup. Jurnal Kependidikan. 2020;14(1):1-
17.
[10] Yurnellisa A, Maizeli Z. Hubungan minat belajar terhadap hasil belajar IPA kelas
VIII SMP Negeri 3 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2023;3(7) 20132-20135
[11] Mailili WH. Pengaruh minat dan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 4 Sigi
terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
2020;3(1):53-60
[12] Trismayanti, Suci. Strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di
sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Islam. 2019(2);142-158
[13] Sriponi K, Nyoman Suardana, Putu Prima. Minat belajar siswa Kelas VIII SMP
Negeri se-Kecamatan sawan terhadap mata pelajaran IPA .Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Sains. 2021;4(1). 36-47
[14] Dewi, L. (2018). Hubungan Relevansi Pembelajaran dengan Minat Belajar Siswa.
Jurnal Pendidikan, 5(2), 112-120.
[15] Pratiwi, Yenny, and I. Made Wardana. Pengaruh faktor internal dan eksternal
terhadap minat berwirausaha mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas
Udayana. Diss. Udayana University, 2016(2);5215-5242
[16] Sinta,Mujazi. Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal
Pendidikan Psikologi, 2023(6);1927-1934
[17] Erlando Doni Sirait. Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Jurnal Formatif 6(1):2016; 35-43
[18] Al Fuad, Zaki. "Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas I SDN
7 Kute Panang." Jurnal Tunas Bangsa 3.2 (2016): 42-54