Gambaran Persepsi Mahasiswa Mengenai Problem Based Learning pada Mahasiswa Tingkat 1 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung Tahun Akademik 2023/2024
Abstract
Abstract. Perception is a cognitive process that everyone experiences that includes information about their environment, through sight, hearing, appreciation, touch and smell. Another cause that is able to influence PBL is students. Students' perceptions of PBL can influence their learning behavior and have an impact on whether or not PBL is successfully implemented in a learning context. The purpose of this study was to determine the relationship between student perceptions of problem-based learning among first-year students of the Faculty of Medicine, Islamic University of Bandung in the academic year 2023/2024. The subjects in this study were 1st year students of the Faculty of Medicine, Islamic University of Bandung academic year 2023/2024 with a total of 77 respondents. This study used a cross sectional method. The data of this study were collected through a questionnaire of student perceptions of problem-based learning (PBL) with the SPICES model, which previously tested the validity and reliability of the questionnaire. The results in this study showed that students' perceptions of PBL were at a moderate level as many as 39 people (50,6 %). Students' perceptions of PBL can affect their learning behavior and have an impact on whether or not the application of PBL in a learning context is successful.
Abstrak. Persepsi adalah proses kognitif yang dialami setiap orang yang mencakup informasi tentang lingkungannya, melalui penglihatan, pendengaran, penghayatan, sentuhan, dan penciuman. Penyebab lain yang mampu untuk memengaruhi PBL adalah mahasiswa. Persepsi mahasiswa terhadap PBL dapat memengaruhi perilaku belajarnya dan berdampak pada berhasil atau tidaknya penerapan PBL dalam suatu konteks pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaram antara persepsi mahasiswa mengenai problem based learning pada mahasiswa tingkat 1 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung tahun akademik 2023/2024. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat 1 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung tahun akademik 2023/2024 dengan jumlah responden yaitu sebanyak 77 orang. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner persepsi mahasiswa terhadap problem based learning (PBL) dengan model SPICES yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reabilitas terhadap kuisioner tersebut. Hasil pada penelitian ini menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap PBL yaitu berada pada tingkat sedang sebanyak 39 orang (50,6 %). Persepsi mahasiswa terhadap PBL dapat memengaruhi perilaku belajarnya dan berdampak pada berhasil atau tidaknya penerapan PBL dalam suatu konteks pembelajaran.
References
[2] Akbar S, Claramita M, Kristina TN. Pengembangan Kuesioner Penilaian Proses Belajar Problem-Based Learning Dengan Model Spices. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2014;3(3):137–44.
[3] Asrori. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Banyumas: CV. Pena Persada; 2020.
[4] Dewi AM, Dharmmika S, Kusmiati M. Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Proses Pembelajaran dengan Pencapaian IPK Mahasiswa FK Unisba Tahun Akademik 2019/2020. Pros Pendidik Dr. 2021;7(1):560–6.
[5] Monika L, Wahyuni S. Persepsi Mahasiswa Terhadap Peran Tutor pada Tutorial Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. J Ilm Profesi Pendidik. 2022;7(4):2412–20.
[6] Khaira DV, Andriaty SN, Mustaqim MH. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Kedokteran. J Ilmu Kedokt dan Kesehat. 2023;10(8):2622–8.
[7] Demak IPK, Sari P, Tanra AAM. Tutor’s Ability In Implementation Problem-Based Learning In A Medical Faculty. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2019;8(2):61–7.
[8] Trullàs JC, Blay C, Sarri E, Pujol R. Effectiveness Of Problem-Based Learning Methodology In Undergraduate Medical Education: A Scoping Review. BMC Med Educ. 2022;22(104):1–12.
[9] Adiga U, Adiga S. Problem Based Learning. Int J Curr Res. 2015;7(6):17181–7.
[10] Junaidi. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. J Socius. 2020;9(1):25–35.
[11] Armyanti I. The Role of Academic Advisors in Improving Medical Students’motivation: a Case-Study. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2020;9(1):60–6.
[12] Shafira NNA, Jusuf A, Budiningsih S. Hubungan Persepsi Lingkungan Pembelajaran Dengan Strategi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jambi. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2014;3(1):28–37.
[13] Dibyasakti BA, Rahayu GR, Suhoyo Y. Tingkat Pelaksanaan Problem-Based Learning Di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Berdasarkan Pembelajaran Konstruktif, Mandiri, Kolaboratif, Dan Kontekstual. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ. 2013;2(1):44–61.
[14] Astina A, Silalahi PY, Taihuttu YMJ, Angkejaya OW. Persepsi dan Motivasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2019 tentang Proses Pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. J Educ. 2023;6(1):10245–58.
[15] Swanwick T. Understanding Medical Education Evidence, Theory And Practice. 2nd ed. London: Wiley Blackwell; 2014.
[16] Dent J, Harden RM. A Practical Guide for Medical Teachers. Oxford: Elsevier Health Sciences; 2013.
[17] Kibret S, Teshome D, Fenta E, Hunie M, Taye MG, Fentie Y, et al. Medical And Health Science Students’ Perception Towards A Problem-Based Learning Method: A Case Of Debre Tabor University. Adv Med Educ Pract. 2021;12:781–6.