Studi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien di Puskesmas Situ Sumedang

  • Mochammad Halim Nurrachman Wijayasomantri Kedokteran
  • Adjat S Rasyad Kedokteran
  • Agus Muharam Kedokteran
Keywords: Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Puskesmas

Abstract

Abstract. Health services are one of the factors that affect the welfare of the community. The health facility that provides the easiest access to health services is the Puskesmas. Puskesmas provide integrated and comprehensive services to the community to improve health services in Indonesia, so that the health services provided by the puskesmas must be good in order to make patients satisfied. This study aims to see the suitability of health services with patient satisfaction at the Situ Sumedang Health Center. This research is an observational analytic study using a cross sectional approach. Data analysis used the Chi-Square test with SPSS version 20. Data were collected using a questionnaire to 99 people who had visited the Situ Sumedang Health Center. Based on the research conducted at the Situ Sumedang Health Center, the results obtained from the five dimensions studied, namely most of the respondents thought that the level of service quality was good at the Situ Sumedang Health Center there were 45 people (45.5%) and most of the respondents were satisfied with the service at the Situ Sumedang Health Center. as many as 60 people (60.6%). There is a match between the quality of service and patient satisfaction at the Situ Sumedang Public Health Center. The conclusion of this study is that good service quality at the Puskesmas can increase patient satisfaction at the Situ Sumedang Health Center.

Abstrak. Pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kesejahteraan masyarakat. Fasilitas kesehatan yang menyediakan akses pelayanan kesehatan paling mudah untuk didapatkan yaitu Puskesmas. Puskesmas memberi layanan terpadu dan menyeluruh terhadap masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia, sehingga pelayanan kesehatan yang dimiliki oleh puskesmas harus baik agar membuat pasien puas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesesuaian pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pada Puskesmas Situ Sumedang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain analitik observasional melalui pendekatan cross sectional. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan SPSS versi 20. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner kepada 99 orang yang pernah berkunjung ke Puskesmas Situ Sumedang. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di Puskesmas Situ Sumedang didapatkan hasil dari lima dimensi yang diteliti, yaitu sebagian besar responden berpendapat bahwa tingkat kualitas pelayanan baik pada Puskesmas Situ Sumedang terdapat 45 orang (45,5%) dan sebagian besar responden puas dengan pelayanan di Puskesmas Situ Sumedang sebanyak 60 orang (60,6%). Terdapat kesesuaian antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien di puskesmas situ sumedang. Simpulan penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang baik pada Puskesmas dapat meningkatkan kepuasan pasien pada Puskesmas Situ Sumedang.

Published
2022-01-28