Hubungan Persepsi Pasien terhadap Pelayanan Dokter Gigi dengan Kepuasan Pasien BPJS Poli Gigi Klinik Pratama di Kabupaten Ciamis

  • Diva Ananda Silva Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Mia Kusmiati Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • H. Nugraha Sutadipura Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung, Indonesia
Keywords: Persepsi Pasien, Pelayanan Dokter Gigi, Kepuasan Pasien

Abstract

Abstract. This research was motivated by the existence of patients who did not seek treatment at FKTP because they were dissatisfied with the quality of service at FKTP. This research used a cross-sectional approach at the Pratama Dental Clinic, Ciamis Regency from March to December 2023 with 130 patients as respondents. The results of the research show that patient perceptions of dentist services are quite good and patients feel quite satisfied with dentist services so that patient perceptions of dentist services have a relationship with patient satisfaction with p value = 0.014 (<0.05) so the hypothesis is accepted, meaning there is a relationship Patient perceptions of dentist services and patient satisfaction with BPJS Pratama Dental Clinic in Ciamis Regency.

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pasien yang tidak melakukan pengobatan ke FKTP karena merasa tidak puas dengan mutu pelayanan di FKTP. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional di Poli Gigi Klinik Pratama Kabupaten Ciamis pada bulan Maret hingga Desember 2023 dengan responden sebanyak 130 orang pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pasien terhadap pelayanan dokter gigi cukup baik dan pasien merasa cukup puas terhadap pelayanan dokter gigi sehingga persepsi pasien terhadap pelayanan dokter gigi memiliki hubungan dengan kepuasan pasien dengan p value = 0,014 (<0,05) sehingga hipotesis diterima artinya ada hubungan persepsi pasien terhadap pelayanan dokter gigi dengan kepuasan pasien BPJS Poli Gigi Klinik Pratama di Kabupaten Ciamis.  

References

Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Erlangga. Jakarta

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2013. Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional Dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional, Jakarta: Kementerian Kesehatan .

BPJS Kesehatan, 2020, Jumlah Peserta dan Fasilitas, diakses dari https://bpjskesehatan.go.id/

Kusmiati M, Bahari R, Hamid NAA, Sanip S, Emilia O. 2019. Validation of patient perception instruments for junior doctor performance: a factor analysis. Global Medical & Health Communication. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/gmhc/article.

Ghozali I 2014. Analisis data. Jakarta: Universitas Indonesia

Arikunto S. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Kriyantono, Rahmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : PT. Kencana Perdana.

Tonasih. 2021. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Klinik Pratama. Jurnal SMART Kebidanan, Vol. 8, No.1,Juni 2021.

Puti Priyana 2019. Tanggung Jawab Hukum Dokter Dalam Penghentian Tindakan Medik Terhadap Pasien Terminal. Jurnal Hermeneutika. vol. 3, No. 2, august 2019

Anggia, P., Yandi, S. and Mahata, I. B. E. 2020. Kepuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Terhadap Kualitas Dua Fasilitas Pelayanan Kesehatan Gigi. Padjadjaran Journal of Denal Researcher and Student, 4(April), pp. 43–50

Nopianti Sari Fatonah, Tita Barriah Siddiq, and Caecielia Makaginsar, “Pengaruh Tingkat Kecemasan terhadap Kualitas Tidur pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi,” Jurnal Riset Kedokteran, pp. 83–90, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrk.v3i2.2957.

Bestari Yuniah, Yudi Feriandi, and Fajar Awalia Yulianto, “Proporsi Konsumsi Junk Food dan Status Gizi Berlebih di Mahasiswa Kedokteran,” Jurnal Riset Kedokteran, pp. 69–74, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrk.v3i2.2878.

Aditya Pradipta Lantik, Sadeli, and Purnomo, “Infeksi Helicobacter pylori pada Penderita Gastritis menjadi Faktor Risiko Anemia Defisiensi Besi,” Jurnal Riset Kedokteran, pp. 75–82, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrk.v3i2.2880.

Published
2024-02-12