Gambaran Waktu Tunggu dan Kepuasan Pasien BPJS di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Al-Ihsan Bandung

  • Mufid Indra Tsany Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Yuli Susanti
  • Susan Fitriyana
Keywords: Poli Penyakit Dalam, Rawat Jalan, Kepuasan Pasien, Waktu Tunggu

Abstract

Abstract. Long waiting times and long queues often occur in internal medicine clinics, because these clinics have a large number of patient visits. Waiting time in outpatient care is an indicator of patient satisfaction that can be measured in assessing hospital services. Overall satisfaction with the patient experience was negatively affected by longer wait times. This study aims to determine the relationship between waiting time and outpatient satisfaction at the internal medicine clinic at Al-Ihsan Regional Hospital. This type of research uses analytical observational methods, with a cross sectional approach. This research was conducted at the internal medicine clinic at Al-Ihsan Hospital, on September 7 2023, with a total of 71 respondents. Data was obtained from filling out patient satisfaction questionnaires and secondary hospital data for waiting times using outpatient services. The results of this study showed that the majority of patients were satisfied with the services at the internal medicine clinic at Al-Ihsan Hospital Bandung, with a total of 59 people (83.1%) with the majority of respondents receiving time that met the standard waiting time.

Abstrak. Waktu tunggu yang lama dan antrian yang panjang kerap terjadi di poli penyakit dalam, karena poli tersebut memiliki kunjungan pasien yang banyak. Waktu tunggu di rawat jalan menjadi salah satu indikator kepuasan pasien yang dapat diukur dalam penilaian pelayanan di rumah sakit. Kepuasan keseluruhan terhadap pengalaman pasien dipengaruhi secara negatif oleh waktu tunggu yang lebih lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien rawat jalan di poli penyakit dalam RSUD Al-Ihsan. Jenis penelitian ini menggunakan metode observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di poli penyakit dalam Rumah Sakit Al-Ihsan, pada tanggal 7 September 2023, dengan jumlah responden 71 orang. Data diperoleh dari pengisian kuesioner kepuasan pasien dan data sekunder rumah sakit untuk waktu tunggu menggunakan pelayanan rawat jalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan di poli penyakit dalam Rumah Sakit Al-Ihsan Bandung, dengan jumlah 59 orang (83,1%) dengan mayoritas responden mendapatkan waktu yang sesuai standar waktu tunggu.

References

D. Fatrida and A. Saputra, “Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan,” STIKES, vol. 4, Sep. 2019, doi: 10.36729/jam.v4i1.229.

N. Laeliyah and H. Subekti, “Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu,” Jurnal Kesehatan Vokasional, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Aug. 2017, doi: 10.22146/jkesvo.27576.

C. S. Anggraeni, L. N. Aini, and N. Anjarwati, “Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan RS Prima Husada Kabupaten Malang:,” Jurnal Keperawatan Florence, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Apr. 2021.

J. Jaelani, “Studi Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pasien Peserta Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Rumah Sakit XX (Kasus Pada Poli Penyakit Dalam),” Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, vol. 1, no. 4, Art. no. 4, Sep. 2020, doi: 10.36418/syntax-imperatif.v1i4.42.

“Daerah Dalam Angka Kota Magelang 2022.” Accessed: Mar. 01, 2023. (Online). Available: https://datago.magelangkota.go.id/frontend/item-dda?item=869

E. Supriadi, D. S. Argadireja, and S. N. Irasanti, “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan pada Mutu Pelayanan Kesehatan di Poli Penyakit dalam RSUD Al-Ihsan Bandung Tahun 2017,” Prosiding Pendidikan Dokter, no. 0, Art. no. 0, Aug. 2017, doi: 10.29313/kedokteran.v0i0.8409.

E. Ernawati, E. Pertiwiwati, and H. Setiawan, “Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Tingkat Kepuasan Pasien”.

N. Nofriadi, M. Delima, and Y. Sara, “Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam RSUD Painan,” Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Dec. 2019.

A. wahyu Soekarno, L. Trisnantoro, and E. Suparniati, “Pelepasan Hak Peserta BPJS dalam Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP),” Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI, vol. 10, no. 2, Art. no. 2, Mar. 2021, doi: 10.22146/jkki.57909.

Y. D. Kurniawati, H. Djasri, and A. Utarini, “Dampak Implementasi Aplikasi Pendaftaran Daring Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit:,” Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), vol. 24, no. 02, Art. no. 02, Jun. 2021, doi: 10.22146/jmpk.v24i02.4123.

A. Dewi, E. Eravianti, and D. K. Putri, “Hubungan Lama Waktu Tunggu Pasien dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Lubuk Begalung,” Prosiding Seminar Nasional Stikes Syedza Saintika, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Feb. 2021, Accessed: Jan. 20, 2024. (Online).

Available: https://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/PSNSYS/article/view/907

H. H. Sianturi, Y. H. Hadiwiarjo, and A. Anisah, “Hubungan Waktu Tunggu dan Cara Bayar terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit PGI Cikini Jakarta,” Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, vol. 12, no. 3, Art. no. 3, Sep. 2020, doi: 10.52022/jikm.v12i3.84.

N. Sholihah and S. K. Parinduri, “Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Islam Bogor Tahun 2019,” PROMOTOR, vol. 3, no. 6, Art. no. 6, 2020, doi: 10.32832/pro.v3i6.5565.

Samsudin, "Pengaruh Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Pasar Rebo," Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial (EMBISS), vol 1, no. 4, 2021.

Available: https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/55

Y. Susanti, S. N. Irasanti, I. B. Akbar, and W. S. Sukarya, “Factors Affecting Surgical Waiting Time in Cancer Patients at Referral Hospitals of West Java Province,” Global Medical & Health Communication (GMHC), vol. 8, no. 2, Art. no. 2, Aug. 2020, doi: 10.29313/gmhc.v8i2.6201.

Y. Susanti, Y. Azis, and D. Kusnadi, “Pengaruh Appointment Registration System terhadap Waktu Tunggu dan Kepuasan Pasien,” Global Medical & Health Communication (GMHC), vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Feb. 2015, doi: 10.29313/gmhc.v3i1.1545.

Published
2024-02-12