Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unisba

  • Yesi Novita Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Caecielia Makaginsar Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung
  • Meta Maulida Damayanti Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung
Keywords: Stres Akademik, Motivasi Berprestasi, Mahasiswa Kedokteran

Abstract

Abstract. Medical students who have just entered the educational level at the university often encounter many changes compared to their time in high school (SMA), making them susceptible to academic stress. Achievement motivation is beneficial in reducing academic stress among students. This study aims to determine the relationship between achievement motivation and academic stress among students in the Faculty of Medicine at the Islamic University of Bandung. The research methods used is descriptive analysis, with a cross sectional observational design and the data analysis used is univariate and bivariate analysis with chi-square. The sampling in this study used random sampling technique, and a total of 118 students were obtained who met the inclusion criteria. The results of  research using SPSS software show that the majority of respondents have a moderate level of achievement motivation, accounting for 87.3%, and a very severe level of academic stress, accounting for 36.4%. Statistical analysis resulted in a contingency coefficient (CC) value of 0.529 with a p-value of 0.001 (P<0.05), indicating a significant positive relationship between achievement motivation and academic stress. The conclusion of this study indicates that the higher the achievement motivation, the higher the academic stress among students; conversely, the lower the achievement motivation, the lower the academic stress among first-year students in the Faculty of Medicine at the Islamic University of Bandung. The high achievement motivation in students is caused by their desire to obtain good grades, requiring greater effort to realize these aspirations. This is what contributes to the increase in academic stress among students.

Abstrak. Mahasiswa Fakultas Kedokteran yang baru memasuki tingkat pendidikan di universitas, mendapati banyak perubahan dibandingkan waktu di Sekolah Menengah Atas (SMA) sehingga rawan terkena stres. Motivasi berprestasi bermanfaat untuk mengurangi stres akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar hubungan motivasi berprestasi dan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan desain observasional jenis cross sectional dan analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan didapat sampel sebanyak 118 mahasiswa yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian dengan analisis menggunakan software SPSS menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat motivasi berprestasi sedang sebanyak 87,3% dan tingkat stres akademik sangat berat sebanyak 36,4%. Hasil analisis statistik diperoleh nilai koefisien kontingensi (CC) sebesar 0,529 dengan p-value sebesar 0,001 (P<0,05) yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan stres akademik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi berprestasi maka semakin tinggi stres akademik mahasiswa, demikian pula sebaliknya semakin rendah motivasi berprestasi maka semakin rendah stres akademik mahasiswa angkatan pertama Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung. Motivasi berprestasi yang tinggi pada mahasiswa disebabkan karena keinginan mahasiswa untuk memperoleh nilai yang baik, sehingga perlu usaha yang lebih keras dalam mewujudkan keinginan dari mahasiswa tersebut. Hal inilah yang menyebabkan stres akademik mahasiswa menjadi ikut meningkat.

References

Gambaran Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Unhas. 2020;2.

Program Studi Dokter Spesialis-1 | FK UNPAD - Official Site [Internet]. [cited 2023 Feb7]. Available from: https://www.fk.unpad.ac.id/program-studi-dokter-spesialis-1/

Pratama O, Nugraha D, Lisdiantoro G. Prosiding Seminar Nasional Dalam Rangka Dies Natalis Universitas Tunas Pembangunan Surakarta Pengelolaan Stres Untuk Menunjang Motivasi Belajar Siswa Sebagai Generasi Penerus Di Tahun Indonesia Emas. 2017;

Stkip D, Daya Binjai B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa Rabukit Damanik. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2020, 6.1: 29-34.

Rohmatul Hidayati S, Nasrullah D, Retnaningtyas E, Ilmu Kesehatan F, Muhammadyah Surabaya U, Kesehatan Kemenkes Malang P. The Relationship between Learning Motivation and Learning Achievement in Students Organizing in the. 2016:1.3 31-44.

Asemke, F. V., Daik, M. A. Dukungan Sosial Orang Tua, Konsep Diri Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid 19. 2021, 5.1: 241-250.

Kapitan IK, Gita D, Kareri R, Lidesna A, Amat S. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Nusa Tenggara Timur. Hubungan Motivasi Belajar Cendana Medical Journal. 2021; 2021, 9.1: 64-71.

Saputra IMRA, Suarya LMKS. Peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana. 2019 Apr 27;6(01):31.

Rosmala Dewi N, Ayu Sekonda F, dan Konseling B, Keguruan dan Ilmu Pendidikan F, Jambi U. Gambaran Gejala Stress Akademik pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jambura Guidance and Counseling Journal. 2022;3(1):1–8.

Ronna Fiskasari S, Isti Angraini dan Muhammad Yusran D, Isti Angraini D, Yusran M. Hubungan Depresi, Ansietas dan Stres dengan Status Gizi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. 2019;10(1)

Pratama SN, 1 P, Garna H, Akbar MR. Hubungan Indeks Massa Tubuh, Kualitas Tidur, dan Tekanan Darah dengan Tingkat Stres Karyawan Pabrik PT Primastra Sandang Lestari Bandung Tahun 2022 [Internet]. Vol. 1. 2023. Available from: https://journal.sbpublisher.com/index.php/pharmacomedic

Rizky M, 1 H. Uji Aktivitas Sitotoksik Ekstrak Etanol Daun Sirsak (Annona Muricata L.) yang Tumbuh di Daerah Cianjur Menggunakan Metode Brine Shirmp Lethality Test (BSLT) [Internet]. Vol. 1. 2023. Available from: https://journal.sbpublisher.com/index.php/pharmacomedic

Amin Soefijanto T. Contribution of Learning Motivation and Stress on Academic Achievement of Medical Faculty Students. Journal of Educational Research and Evaluation [Internet]. 2021;5(2):250–7. Available from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE

Adhi Mulya H, Sri Indrawati E, Soedarto Tembalang Semarang JS. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. 2016:6

Indriyani S, Handayani Ns. Stres Akademik Dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi. 2018;11(2):153–60.

Ade Putri Juliati. Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Stress Akademik Pada Mahasiswa Islam Negeri Ar-Raniry Dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. 2022

Putra JA, Pratama M. Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Social Loafing Pada Mahasiswa.

Firmansyah A, kunci K, Kritis Motivasi Berprestasi B. Potret Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGSD Universitas Tadulako. Jurnal Inspirasi Pendidikan [Internet]. 2019;9(2):103–9. Available from: http://dx.doi.org/

Martina Mahardhika D, Ratna Dewi S, Wayan Eka Arsana I, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa F, Patologi Klinik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa B, Ilmu Kedokteran Jiwa Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar K. Hubungan antara Stres dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa. Aesculapius Medical Journal. 2023, 3.2: 254-260.

Gosar AK, Wilson S, Venkatraman S. Study of the Academic Stress In Relation To Personality, Intelligence, and Achievement Motivation among Secondary School Students With Reference To Their Gender. World J Res Rev. 2021 Oct 2;13(4).

Shah NH, Nazir N, Naqeeb M, Shaheen K. Multicultural Education Correlation of Stress and Coping Strategies with Achievement Motivation of University Students. 2022; Available from: https://www.researchgate.net/publication/362093882

Sharma P. An Analysis of the Effect of Academic Stress on Achievement Motivation among Senior-Secondary Students of Mathura District. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education. 2021:12.(1)

Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Penddikan J, Afdhal Y, Soefijanto TA. iMProvement Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Stres terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Tahap Akademik Kelas Internasional Program Studi Pendidikan dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 2020;7.

Published
2024-02-12