Gambaran Burnout pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung Tahun Akademik 2022-2023

  • Levie Rachmah Zannati Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Eka Nurhayati Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Tryando Bhatara Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Bandung, Indonesia
Keywords: Burnout, Fakultas Kedokteran, Mahasiswa

Abstract

Abstract. Burnout is a long-term response to chronic emotional and interpersonal stress. Burnout had three dimensions including exhaustion, cynicism, and decreased academic performance. Several study in Indonesia shown that medical students experience burnout more than 50% which could cause decrease their performance index.  Research about burnout is still rarely conducted to medical students in West Java. The purpose of this research is to determine the description of burnout in first to third year student Faculty of Medicine at Bandung Islamic University for the 2022/2023 academic year. The research was descriptive study with using simple random sampling for 113 respondents from each grade. The data shows that the highest number of burnout are female among all respondents and the highest prevalence of burnout is in the moderate burnout category at 89.2% for first year, 95% for second year, and 88.9% for third year students. This happens because daily life is complex, there is a lot of competition, more time study, frequent tensions in the lecture environment, and lack of free time and rest.

Abstrak. Burnout merupakan respons jangka panjang terhadap stres emosional dan interpersonal yang kronis. Burnout memiliki tiga dimensi diantaranya exhaustion, sinisme, dan penurunan pencapaian prestasi akademik. Penelitian di Indonesia mencatat bahwa mahasiswa Fakultas Kedokteran mengalami burnout lebih dari 50% yang dapat menyebabkan penurunan indeks prestasi. Penelitian tentang Burnout masih jarang dilakukan pada mahasiswa kedokteran di Jawa Barat. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui gambaran burnout pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung tahun akademik 2022/2023. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling yaitu peneliti mengambil 113 responden secara acak dari masing-masing angkatan. Data yang diperoleh menunjukkan jumlah burnout terbanyak pada perempuan dari seluruh total responden dan prevalensi burnout tertinggi pada kategori burnout sedang sebanyak 89,2% untuk mahasiswa tingkat satu, 95% pada mahasiswa tingkat dua dan 88,9% pada mahasiswa tingkat tiga. Hal tersebut terjadi karena kehidupan sehari – hari yang komplek, banyaknya persaingan, waktu pembelajaran lebih banyak, sering mengalami ketegangan di lingkungan perkuliahan, serta kurangnya waktu luang dan istirahat.

References

Firdaus A, Ari N Y, Alilah G N (2021). Potensi Kejadian Burnout pada Mahasiswa Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19. HIMJ, Vol. 18 no. 2, 115. https://www.journal-medical.hangtuah.ac.id

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Standar Kompetensi Dokter Indonesia.2019.1(2). Konsil Kedokteran Indonesia, Jakarta.

Hemian, Kariv. Task oriented versus emotion oriented coping strategies: the case of college students. College Student Journal. 2005;39(1) 72 – 89.

Shilarkar M, Harris T, Eddins-Folensbee F, Coverdale J. A systematic review of stress management programs for medical students. Acad Psychiatry. 2013;37:158.

Maslach C & Leiter M P (2016). Burnout in Encyclopedia of Mental Health 222 – 227. Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-012-397045-9.00149-X

Stem T A, Fricchione G L, Cassem N, at all. Massachusetts General Hospital Handbook of General Hospital Psychiatry. Philladelphia: Saunders Elsevier. 2010.

Lee S J, Choi Y J, Chae H. The Effect Of Personality Traits On Academic Burnout In Korean Medical Students. Integrative Medical Research. 2017;6(2): 207 – 231. https://doi.org/10.1016/j.imr.2017.03.005

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung. Buku Pedoman Program Pendidikan Sarjana Kedokeran. 2022(1). 125. Bandung.

Khatami, R. A. (2018). Hubungan stres terhadap burnout pada Mahasiswa preklinik fakultas kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun akademik 2018/2019

Laksmyn K., Ramly A., Nur A. B. The Realtionship between Adolescent Stress Levels and Adaptability in the Sabrun Jamil Islamic Boarding Scholl Domitory. Jambura Journal Of Epidemiology. 1 (1). 2022.

Fadhil M., Gambaran Tingkat Intensitas Belajar Terhadap Kejadian Burnout pada Mahasiswa Pre Klinik Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah., Jakarta. 2022.

Akladiwa S. M., Jumani., Agrina., Gambaran Academic Burnout pada Mahasiswa Kesehatan Universitas Riau., JOM. FKp. Vol. 9. No. 2. Desember, 2022.

Goff, A. M. Stressor, academic performance and learned resourcefulness in baccalaureate nursing students. International Journal of Nursing Education Scholarship, 2011.

Kurniati, K., Hamida, H. (2021). Pengaruh Penyesuaian Diri terhadap Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 649-655. https://doi.org/10/20473/brpkm.v1i1.26804

Pratama SN, 1 P, Garna H, Akbar MR. Hubungan Indeks Massa Tubuh, Kualitas Tidur, dan Tekanan Darah dengan Tingkat Stres Karyawan Pabrik PT Primastra Sandang Lestari Bandung Tahun 2022 [Internet]. Vol. 1. 2023. Available from: https://journal.sbpublisher.com/index.php/pharmacomedic

Fatmaningrum, R. S. Prawiradilaga, and H. Garna, “Korelasi Aktivitas Fisik dan Screen Time Selama Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung Tahun Akademik 2020−2021,” Jurnal Riset Kedokteran, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, Jul. 2021, doi: 10.29313/jrk.v1i1.109.

Afif Januar Ginata, Ratna Dewi Indi Astuti, and Julia Hartati, “Tingkat Stres Berdasarkan Jenis Stresor Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Tahap Akademik Fakultas Kedokteran Unisba,” Jurnal Riset Kedokteran, pp. 25–30, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrk.vi.1915.

Published
2024-02-12