Pengujian Daya Dukung Perkerasan Jalan dengan Dynamic Cone Penetrometer pada Penambangan Andesit PT Silva Andia Utama, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat

  • Bagus Prasetio Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Yuliadi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Zaenal Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
Keywords: California Bearing Ratio, Daya Dukung Tanah, Perkerasan Jalan

Abstract

Abstract. PT Silva Andia Utama is a mining company specializing in andesite rock excavation, located in Giri Asih Village, Batujajar District, West Bandung Regency, West Java Province. The mining method used is an open-pit mining method of the Side Hill Quarry type, with rock fragmentation carried out through drilling and blasting. The fragmented material is loaded using a Hitachi 350H backhoe and transported by a Mitsubishi FN 527 ML truck to the crushing plant. Based on actual conditions, the road quality is suboptimal due to road subsidence and numerous undulations that pose risks to drivers, primarily caused by road instability. Therefore, road pavement improvements are necessary to enhance road quality. This study analyzes road pavement and soil bearing capacity by comparing the soil bearing capacity with the load exerted by the transport equipment. To determine the soil bearing capacity, a Dynamic Cone Penetrometer (DCP) test was conducted to obtain the field California Bearing Ratio (CBR) value, as stipulated by the Department of Public Works. The test results indicate that the bearing capacity for segment 1 is 6.84 kg/cm², segment 2 is 7.09 kg/cm², and segment 3 is 7.36 kg/cm², whereas the load exerted by the transport equipment is 9.43 kg/cm². As a result, road pavement reinforcement is required by adding class A crushed stone material with a thickness of 20 cm in each segment. Additionally, other materials such as soil need to be added, with thicknesses of 24 cm for segment 1, 26 cm for segment 2, and 28 cm for segment 3.

Abstrak. PT Silva Andia Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dengan bahan galian batuan komoditi andesit yang berada di Desa Giri asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Metode penambangan yang digunakan adalah metoda tambang terbuka jenis Side Hill type Quarry dan proses pemberaian dilakukan menggunakan pemboran dan peledakan. Hasil dari pemberaian dimuat menggunakan Backhoe Hitachi 350h dan diangkut menggunakan Truk Mitsubishi Fn 527 ML yang akan diangkut ke Crushing Plant.. Berdasarkan kondisi aktual kualitas jalan masih kurang maksimal dengan adanya penurunan jalan dan banyaknya gelombang yang dapat membahayakan pengemudi, karena tidak stabilnya jalan oleh sebab itu diperlukan perkerasan jalan untuk meningkatkan kualitas jalan. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menganalisis perkerasan jalan dan daya dukung tanah, dengan membandingkan dari hasil daya dukung tanah dengan beban yang diberikan oleh alat angkut. Untuk memperoleh nilai daya dukung tanah dilakukan pengujian Dynamic Cone Penetrometer (DCP) untuk mendapatkan nilai California Bearing Ratio (CBR) lapangan. yang ditetapkan oleh Departemen Pekerjaan Umum. berdasarkan hasil pengujian menggunakan diperoleh nilai daya dukung untuk segmen 1 sebesar 6,84 kg/cm2 segmen 2 sebesar 7,09 kg/cm2 dan segmen 3 sebesar 7,36 kg/cm2. Sedangkan nilai beban yang diberikan oleh alat angkut sebesar 9,43 kg/cm2. Oleh karena ini perkerasan jalan dibutuhkan dengan penambahan material batu pecah kelas A setiap segmen dengan ketebalan 20 cm. Selanjutnya material lain berupa soil dengan ketebalan pada segmen 1 sebesar 24, cm segmen 2 sebesar 26 cm, segmen 3 sebesar 28 cm.

References

Muhammad Ilham Naufal, Yuliadi, & Iswandaru. (2022). Pengaruh Penambahan Kapur terhadap Parameter Uji Kuat Geser Batulempung Menggunakan Direct Shear Test. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 1(2), 162–169. https://doi.org/10.29313/jrtp.v1i2.540

Rafly Aditya Pratama, Solihin, & Yunus Ashari. (2024). Analisis Kinerja Crushing Plant untuk Mencapai Target Produksi Batu Andesit. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 103–108. https://doi.org/10.29313/jrtp.v4i2.5030

Riyanto, T., Triantoro, A., Riswan, R., & Olla, Y. D. (2019). Evaluasi Jalan Tambang Berdasarkan Geometri Dan Daya Dukung Pada Lapisan Tanah Dasar Pit Tutupan Area Highwall. Jurnal Himasapta, 1(02), 50–56. https://doi.org/10.20527/jhs.v1i02.921

Ruslan Loilatu, & Iswandaru. (2022). Analisis Kestabilan Lereng Andesit Menggunakan Metode FEM pada PT. X. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 15–23. https://doi.org/10.29313/jrtp.v2i1.782

Anonym, ASTM D6951-09. 2009. Standard Test Method for Use of the Dynamic Cone Penetrometer in Shallow Pavement Applications. In ASTM Standard.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika 2023,’’ Curah Hujan Kabupaten Bandung Barat”

Departemen Pekerjaan Umum, 2010, “Pemberlakuan Pedoman Cara Uji California Bearing Ratio (CBR) dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP)”. Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum.

Fadillah, M. I., Iswandaru, & Zaenal. 2022. ''Pengujian Daya Dukung Perkerasan Jalan Tambang dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) di PT Mitra Multi Sejahtera''. Bandung Conference Series: Mining Engineering, 2(1), 95–103. https://doi.org/10.29313/bcsme.v2i1.1465

Giroud, J. P., dan Han, J., 2004, “Design Method for Geogrid-Reinforced Unpaved Roads. I: Development of Design Method”, J. Geotech Geoenviron Eng., 130(8), 775-786.

Hadijah, Ida., dan Surya Putra, Dian Nafi., 2017, “Analisa Kerusakan Perkerasan Jalan Ditinjau Dari Daya Dukung Tanah dan Volume Lalu Lintas”, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Metro Lampung, TAPAK Vol. 7 No 1.

Lesayuti, Denny., 2011, “Korelasi Nilai California Bearing Ratio (CBR) dan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) pada Tanah Ekspansif yang Distabilisasi dengan Pasir, Semen, dan Kapur”, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Depok

Sriharyani, L., & Oktami, D. 2016. ''Kajian penggunaan dynamic cone penetrometer (DCP) untuk uji lapangan pada tanah dasar pekerjaan timbunan apron (studi kasus di Bandar Udara radin Inten II Lampung)''. Tapak, 5(2), 89–97.

Sukirman, Silvia., 1999, “Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan”, Penerbit Nova: Bandung.

Sukirman, Silvia., 2010, “Perkerasan Lentur Jalan Raya”, Penerbit Nova: Bandung.

Published
2025-02-03