Pengaruh Pengaruh Geometri Jalan dan Rolling Resistance terhadap Produktivitas Alat Angkut pada CV JPRO di Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat

  • Rizky Andrian Perdana Teknik Pertambangan
  • Iswandaru Universitas Islam Bandung
  • Elfida Moralista Universitas Islam Bandung
Keywords: Productivity, Mine road, road geometry

Abstract

Abstract. CV JPRO is a company that operates in managing mining businesses with a target productivity value of transportation equipment of 20 BCM/hour/equipment. Previous actual productivity was 18.06 BCM/Hour/Tool so value is considered no fulfil target productivity of transportation equipment. On the andesite transportation road there are several road segments that are not ideal according to standard provisions ESDM Ministerial Decree no.1827/K/30/2018 and AASHTO standards which cause less than optimal productivity. So it is necessary to improve road geometry, rolling resistance and cycle time of transport equipment with the aim of increasing the productivity of transport equipment.Research was carried out in the mining area at the CV JPRO location by observing and planning improvements to the road geometry so that it complies with standards ESDM Ministerial Decree no.1827/K/30/2018 and AASHTO standards on mining roads from the mining front to the andesite processing site. The road length is 1,898 m and consists of 14 road segments. The data collected includes: geometry roads, rolling resistance , cycle time of transport equipment.The results of this research produce recommendations for improving the productivity of transport equipment which is carried out by improving the road width value in accordance with Minister of Energy and Mineral Resources Decree no. 1827/K/30/2018 where the road grade is 8% and the rolling resistance value is 2.8%, as well as repairing rimpull to obtain optimal conveyance speed, thereby causing an acceleration of conveyance circulation time from 29,7 minutes to 19,20 minutes and an increase in production by 31,20% and from these improvements the results of the improvements were able to increase equipment production transport become 11.585 tons/month

Abstrak. CV JPRO merupakan perusahaan yang bergerak dalam mengelola jenis usaha pertambangan dengan nilai target produktivitas alat angkut yaitu sebesar20 BCM/Jam/Alat. Produksi aktual sebelumnya adalah 17,54 BCM/Jam/Alat sehingga nilai tersebut dinilai tidak memenuhi target produktivitas alat angkut. pada jalan angkut pengangkutan andesit terdapat beberapa segmen jalan yang tidak ideal menurut ketentuan standar peraturan Kepmen ESDM no.1827/K/30/2018 dan standar AASHTO yang menyebabkan produktivitas kurang optimal. Penelitian dilakukan pada area penambangan lokasi CV JPRO dengan mengamati dan merencanakan perbaikan geometri jalan agar sesuai dengan standar peraturan Kepmen ESDM no.1827/K/30/2018 dan standar AASHTO pada jalan tambang mulai dari front penambangan hingga menuju tempat pengolahan andesit. Dengan Panjang jalan yaitu sebesar 1,898 m dan terdiri atas 14 segmen jalan. Data yang dikumpulkan adalah meliputi geometri jalan, rolling resistance, cycle time alat angkut. Hasil dari penelitian ini menghasilkan rekomendasi Perbaikan produktivitas alat angkut yang dilakukan dengan memperbaiki nilai lebar jalan yang sesuai dengan Kepmen ESDM no.1827/K/30/2018 dimana grade jalan tidak melebihi 8% dan nilai rolling resistance yaitu sebesar 2,8%, serta perbaikan rimpull untuk memperoleh kecepatan alat angkut yang optimal sehingga menyebabkan adanya percepatan waktu edar alat angkut dari waktu 29,7 menit menjadi 19,20 menit dan terjadi peningkatan produktivitas alat angkut menjadi 27,14 BCM/Jam Sehingga produktivitas bertambah sebesar 55 % dan dari perbaikan tersebut hasil perbaikan mampu meningkatkan produksi alat angkut menjadi 11.585 ton/bulan.

References

Anwar, Habibie, 2020, “Evaluasi Geometri Jalan Angkut Tambang” Jurnal Geosapta Vol 6 No.1.

Anonim, 1993, “AASHTO Guide for Design of Pavement Structures – Volume I” Washington, DC.

Rochim, Nur, 2021, “Evaluasi Kondisi Jalan Tambang Berdasarkan Geometri Untuk Meningkatkan Produktivitas Alat Angkut Pada PT. Mahdani Talatah Nusantara” jurnal himasapta vol.6 No.1

Kaufman, Walter W and James C.Ault., 1977, “Design of Surface Mine Haulage Roads-A Manual”, United States Departement of The Interior Bereau of Mines, Washington

Hendarsin, Shirley L. 2000, Perencanaan Teknik Jalan Raya, Jurusan Teknik Sipil – Politeknik Negeri Bandung, Bandung

Partanto, 1996, “Pemindahan Tanah Mekanis” Institut Teknologi Bandung.

Anonim, 2018, Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 1827 K/30/MEM/2018, tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik

Awang Suwandhi, 2004, “ Perencanaan Jalan Tambang”, Diklat perencanaan tambang terbuka, Universitas Islam Bandung.

Hardani, S.Pd.,M.Si. dkk, “Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif”. Pustaka Ilmu Yogyakarta.

Sukandarrumidi. 2009 ’’Bahan Galian Industri’’. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Garin Lesmana, Zaenal, Iswandaru, 2021, “Kajian Teknis Produktivitas Alat Gali-Muat dan Alat Angkut pada Kegiatan Penambangan Batubara di PTRajawali Internusa Desa Muara Laway, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan”, Prosiding Teknik Pertambangan, ISSN: 2460-6499 Volume 7 No.1, Tahun 2021.

Maharani Fadhilah, 2018, “Evaluasi Pengaruh Geometri Jalan Angkut Terhadap Produktivitas Dump Truck Mitsubishi Fuso 220 PS dari Front Penambangan Menuju Unit Crusher Pada Penambangan Batu Andesit PT Koto Alam Sejahtera” Jurnal Bina Tambang, Vol. 3 No 4.

Sudjatmiko, 1972. “Lembar Peta Geologi Lembar Cianjur, Jawa, Skala 1:250.000” Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Silvia sukirman, 1999, “pemindahan tanah mekanis”, jurusan Teknik pertambangan institute teknologi bandung

Published
2024-02-09