Evaluasi Konstruksi Jalan untuk Mendukung Pengangkutan Hasil Produksi Batuan Gamping pada Kegiatan Penambangan Batuan Gamping PT Shanghyang Mineral di Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Provinsi Jawa Barat
Abstract
Abstract. PT Shanghyang Mineral is a company engaged in the mining of rock minerals with limestone commodities located in Citatah Village, Cipatat District, West Java Province. The mining method used is an open mine (quarry) and blasting is used for scattering. The results of the scattering are transported using a Hino FF Truck which will be transported to the stockpile. The composition of the road in the research area is in the form of irregular blocks of sand with a hauling road length of 96.25 meters and a road width of around 4 meters. The hauling road itself is often used by various types of vehicles such as dump trucks, cars and motorbikes. The presence of bumpy roads can cause trucks to run unevenly, thereby reducing the effectiveness of travel time. So it is necessary to harden several parts of the road. Hardening can be done using materials available in the mining area, namely limestone for the surface with a minimum thickness of 4 inches. As for the subbase foundation itself, looking at the geological map, the mining area has only limestone rock formations and the base itself uses limestone with a fairly large aggregate size with a thickness of 12.5 inches in segment 1 and 12 inches in segment 2 so there should be no need for it. hardening. The road paving itself was carried out on road segment 2, which based on the surface material test results had a CBR value of less than 20% and based on the material classification in the CBR test itself, it was below 20% in the form of bad or poor, while for the material on the surface itself, good material should be used because it is in direct contact. with passing loads.
Abstrak. PT Shanghyang Mineral merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan bahan galian batuan dengan komoditi batugamping yang berada di Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Provinsi Jawa Barat. Metode penambangan yang digunakan berupa tambang terbuka (quarry) dan untuk pemberaian memakai peledakan. Hasil dari pemberaian diangkut menggunakan Truck Hino FF yang akan di angkut menuju stockpile. Komposisi jalan yang berada pada daerah penelitian berupa bongkah pasiran yang tidak beraturan dengan panjang jalan hauling sebesar 96,25 meter dan lebar jalan berkisar 4 meter. Pada jalan hauling sendiri sering digunakan oleh berbagai macam kendaraan seperti dumptruck, mobil dan juga sepeda motor. Adanya jalan yang bergelombang dapat membuat dump truck berjalan secara tidak mulus sehingga dapat mengurangi efektivitas waktu tempuh. Sehingga perlu adanya pengerasan pada beberapa bagian jalan. Pengerasan dapat dilakukan dengan menggunakan material yang ada pada daerah penambangan yaitu batugamping untuk bagian surface dengan ketebalan minimal 4 inchi. Adapun untuk pondasi subbase sendiri melihat dari peta geologi, pada area penambangan memiliki formasi batuan hanya batugamping dan basenya sendiri memakai batugamping dengan ukuran agregat cukup besar dengan ketebalan 12,5 inchi pada segmen 1 dan 12 inchi pada segmen 2 sehingga harusnya tidak perlu adanya pengerasan. Pengerasan jalan sendiri dilakukan pada segmen jalan 2 yang berdasarkan hasil pengujian material surfacenya memiliki nilai CBR kurang dari 20% dan berdasarkan klasifikasi material pada pengujian CBR sendiri dibawah 20% berupa bad atau buruk sedangkan untuk material di surface sendiri seharusnya memakai material yang baik karena langsung bersentuhan dengan beban yang melintas.
References
Aldicho Alfiandy Suhendik, Revia Oktaviani, Tommy Trides 2022, “Studi Perbaikan Perkerasan Lapis Jalan Tambang dengan Nilai CBR dan DCP” Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman, Indonesia.
Edi Barnas, Barian Karopeboka 2014 “Penelitian Kekuatan Tanah Metode CBR (California Bearing Ratio) di SPBG Bogor 1 Bubulak JL KH R Abdullah bin Nuh” Program Studi Teknik Sipil , Fakultas Teknik, Universitas Borobudur.
Irianto, Jefry R Warayaan 2019 “Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode AASHTO 1993 Dan MDO Jalan 2013 Pada Ruas Jalan Pirime - Balingga Kabupaten Lanny Jaya” Universitas Sains dan Teknologi Jayapura.
Muhammad Hilal Fadillah 2023 “Pengujian Daya Dukung Perkerasan Jalan Tambang Dengan California Bearing Ratio (CBR) Di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Desa Palimanan Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat. Prodi Teknik Pertambangan , Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung.
Muhammad Iqbal Fadillah 2021 “Pengujian Daya Dukung Perkerasan Jalan Tambang Dengan Dynamic Cone Penetrometer Di PT. Mitra Multi Sejahtera Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur , Provinsi Jawa Barat. Prodi Teknik Pertambangan , Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung.
Said Jalalul Akbar 2014”Komparasi Tebal Perkerasan Lentur Metode AASHTO 1993 dengan Metode Bina Marga.
SNI 1744:2012 “Metode Uji CBR Laboratorium”,BSN : Indonesia.